Tips Sukses Menguasai Matrikulasi Di IPB

IPB (Institut Pertanian Bogor) adalah sebuah kampus unik dimana setiap tahunnya selalu mengadakan sistem matrikulasi TPB. Matrikulasi sendiri adalah sebuah program wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa IPB. Program ini bertujuan untuk menyetarakan kemampuan antar mahasiswa. Memang mata kuliah yang diberikan pada sistem ini masih bersifat umum dan tak jauh berbeda dibanding saat sedang bersekolah. Hanya saja materi tersebut lebih diperdalam dan diulas secara mendetail. Namun tak sedikit mahasiswa yang gagal dalam sistem ini.

institut pertanian bogor

Penyebab gagalnya mahasiswa tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut:

  • Kebiasaan malas belajar menjadi penyebab utamanya. Seorang mahasiswa tentu saja tak mungkin bisa menyelesaikan tugasnya tersebut jika tanpa belajar intens dan terprogram.
  • Penyebab kegagalan kedua adalah belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru IPB. Selain itu mahasiswa juga masih terbawa suasana semasa sekolah.
  • Terlalu mengikuti aktivitas diluar akademik. Misalnya saja mengikuti banyak organisasi dan unit kerja mahasiswa akan tetapi tidak bisa mengatur waktu dengan efisien.
  • Kurang siap mental saat bertemu dengan ilmu yang belum pernah dipelajari.

Itulah beberapa penyebab kegagalan mahasiswa Institut Pertanian Bogor saat menjalankan matrikulasi setiap tahunnya. Tentunya Anda tak ingin gagal juga bukan? Untuk itulah ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Programlah waktu belajar sebaik mungkin dan jangan pernah terlambat dalam belajar. Gunakan waktu luang untuk belajar karena dianggap lebih efisien. Jangan memforsir waktu belajar karena bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan.
  • Tak ada salahnya melakukan belajar kelompok dengan beberapa teman.
  • Jangan mengikuti aktivitas di luar akademis terlalu banyak karena bisa kesusahan dalam mengatur waktu.

Sekarang sudah tahu bukan penyebab umum gagalnya matrikulasi yang diadakan oleh IPB (Institut Pertanian Bogor). Setelah mengetahui sebab dan cara penyelesaiannya diharapkan Anda bisa mengaplikasikannya dengan baik. Sehingga saat menjadi mahasiswa IPB Anda tidak merasakan kegagalan tersebut. Perlu diketahui jika seorang mahasiswa gagal dalam matrikulasi maka peluang untuk di drop out akan terbuka lebar. Demikianlah informasi ini dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.