Tips Mudik Asyik Bareng Orang Tua

https://www.jawapos.com/jpg-today/28/04/2019/pertama-kali-pemprov-dki-sediakan-307-bus-untuk-mudik-bersama/

Salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu ketika momen lebaran adalah kegiatan pulang ke kampung halaman atau yang lebih dikenal dengan istilah mudik. Hampir seluruh masyarakat perantauan pasti melakukan kegiatan mudik hari raya, makanya gak heran jumlah pemudik tiap tahun sangatlah banyak dan promo tiket mudik lebaran yang juga gak kalah banyak. Beragam moda transportasi pun tersedia bagi mereka yang ingin mudik ke kampung halaman mulai dari transportasi udara, laut dan juga darat. Melakukan perjalanan mudik tentunya sangat menyenangkan, ya walaupun terkadang harus sedikit merasa kelelahan selama di perjalanan, tapi biasanya semua rasa lelah tersebut akan hilang ketika kalian sampai di kampung halaman dan bertemu dengan keluarga terkasih. Meskipun terkesan seperti melakukan perjalanan biasa saja, tapi sebenarnya mudik perlu persiapan khusus, lho! terutama bagi kalian yang mengajak serta Ibu atau Bapak kalian yang sudah lanjut usia. Beberapa tips supaya perjalanan mudik dengan orang tua tercinta berjalan lancar, diantaranya:

Moda Transportasi

Pemilihan moda transportasi mudik merupakan hal yang paling penting bagi kalian yang mudik dengan orang tua yang sudah lanjut usia, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa kondisi fisik kita dan orang tua sangatlah berbeda, jadi usahakan cari moda transportasi yang praktis dan juga nyaman. Jika kampung halaman kalian masih memungkinkan untuk ditempuh dengan armada transportasi darat, kereta api bisa menjadi pilihan yang baik karena selain terbebas dari kemacetan, fasilitas di kereta api juga udah semakin nyaman. Hal yang harus diingat adalah usahakan untuk membeli tiket kereta kelas eksekutif, agar perjalanan kalian dan orang tua semakin nyaman.

Persiapkan Makanan

Melakukan perjalanan selama berjam-jam tentunya bisa menyebabkan rasa lapar ditengah perjalanan, kan! nah, supaya gak kebingungan nantinya, ada baiknya kalian mempersiapkan bekal makanan untuk diperjalanan, seperti roti, biskuit atau makanan berat seperti nasi dan lauk sekalipun. Meskipun terkesan seperti hanya duduk selama diperjalanan, tapi sebenarnya perjalanan mudik pun mengeluarkan energi yang cukup banyak, makanya gak heran kita suka merasa kelelahan setelah menempuh perjalanan mudik.

Baca:  4 Tempat Wisata Di Papua Yang Menjadi Destinasi Utama

Pastikan Kondisi Prima dan Membawa Obat-Obatan

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya kalian membawa orang tua kalian ke dokter untuk di cek kondisi kesehatannya. Kesiapan fisik juga merupakan bagian yang sangat penting sebelum melakukan perjalanan, jangan sampai orang tua kalian malah mengalami sakit ditengah perjalanan mudik. Selain itu, membawa obat-obatan pun sangat dianjurkan, khususnya bagi orang tua yang punya riwayat penyakit seperti maag ataupun penyakit lainnya.

Tidak Memaksakan Diri

Jika semua persiapan sudah dipersiapkan dengan matang lalu ternyata pada saat hari keberangkatan kondisi fisik orang tua kurang baik, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk berangkat hanya karena takut tiket yang sudah dibeli hangus, karena masih banyak kok promo tiket mudik lebaran yang bisa kalian dapatkan, dan ingat sesungguhnya hal yang paling penting adalah sampai ke kampung halaman dengan kondisi yang sehat sehingga bisa bersilaturahmi dengan kerabat di kampung halaman.

Nah, itulah 4 hal yang harus kalian perhatikan jika ingin mudik bersama orang tua yang sudah lanjut usia. Selamat mudik, selamat sampai tujuan.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.