Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Kenormalan Baru

Wacana new normal atau kenormalan baru sudah mulai ramai dibicarakan. Walau pandemik korona ini masih belum terlihat kurva menurunnya namun pemerintah Indonesia mulai mempersiapkan skenario untuk menghadapi kenormalan baru tersebut. Pandemik korona sendiri sangat memukul banyak sektor terutama sektor ekonomi sehingga diharapkan dengan lahirnya kenormalan baru maka produktivitas ekonomi di masyarakat bisa kembali menggeliat.

Korona tidak hanya menyerang kesehatan fisik namun juga kesehatan mental. Ketika kesehatan mental mulai terganggu, seseorang akan mengalami gangguan suasana hati, gangguan kemampuan berpikir, serta gangguan kendali emosi dan pada akhirnya bisa menciptakan perilaku yang buruk. Bahkan WHO sendiri juga mengkhawatirkan hal tersebut dikarenakan orang-orang dikarantina sehingga tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari dan bisa berujung pada kebosanan dan kecemasan. Kesehatan mental tidak hanya perlu dijaga saat pandemik namun juga saat peralihan ke kehidupan normal baru. Perubahan gaya hidup sebelum dan sesudah pandemik juga bisa memengaruhi kesehatan mental. Dikatakan bahwa perubahan dari normal ke new normal memerlukan banyak tantangan, salah satunya adalah adaptasi terhadap kebiasaan baru seperti memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, dan beberapa hal lainnya.

Tips menjaga kesehatan mental

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan selama masa pandemik bahkan mungkin juga bisa tetap dilaksanakan saat pandemik ini selesai.

1. Beraktivitas fisik

Selama berdiam di rumah tentunya aktivitas fisik harus tetap dilakukan, jangan hanya rebahan saja apalagi sambil ngemil. Cobalah melakukan olahraga ringan seperti yoga, lompat-lompat di tempat, ataupun berlari. Selain itu, juga bisa melakukan aktivitas lain seperti menyapu, mengepel, atau mencuci. Aktivitas fisik bisa mengurangi ataupun meredakan stres.

2. Makanan bergizi

Tentunya diharapkan selama diam di rumah saja, makanan yang dikonsumsi harus seimbang dan bergizi. Makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak sehat, dan serat. Hal itu agar tubuh kita tetap terjaga kesehatan dan juga imun kita.

3. Memilah informasi dengan bijak

Salah satu hal yang membuat kita merasa cemas adalah ketika mendapatkan informasi berlebihan dan itu belum tentu juga kebenarannya. Untuk mengantisipasi kecemasan tersebut alangkah bijaknya jika kita bisa membatasi membaca, menonton, atau mendengar informasi yang berlebihan. Selain itu, kalaupun harus membaca, menonton, atau mendengar informasi maka pastikan informasi itu didapatkan dari sumber yang terpercaya.

4. Tetap berkomunikasi

Walaupun dari kita masing-masing harus berdiam di rumah namun bukan berarti komunikasi harus terputus. Luangkan waktu untuk berkomunikasi kepada keluarga, sahabat, teman, ataupun rekan kerja. Anda bisa bercerita tentang apa saja yang anda rasakan ataupun khawatirkan selama pandemik ini. Bercerita bisa mengurangi beban pikiran serta kecemasan.

5. Periksa Kesehatan

Lalu bagaimana kalau merasa sakit? Ya, di saat seperti ini rumah sakit menjadi salah satu tempat yang sedikit dijauhi karena khawatir akan penularan wabah namun bukan berarti tidak ada tempat untuk berobat. Pemerintah sendiri melalui Presiden Jokowi meminta agar masyarakat bisa berobat secara daring. Salah satu aplikasi daring yang dianjurkan adalah halodoc.com. Halodoc.com adalah startup kesehatan yang didirikan sejak tahun 2016 dan bisa dikatakan sebagai pionir di bidang aplikasi kesehatan. Halodoc memberikan solusi yang aman dan tepercaya dalam memenuhi keperluan kesehatan. Terintegrasi dengan dokter, apotek, rumah sakit, dan asuransi di seluruh Indonesia sehingga memudahkan pelayanan kesehatan. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap mulai dari konsultasi daring dengan dokter yang berpengalaman dan tepercaya, pembelian obat, pemeriksaan laboratorium, serta perlindungan kesehatan lainnya. Semua hal itu bisa dilakukan secara daring dengan satu aplikasi yaitu halodoc.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental kalian selama diam di rumah saja. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Jumpa lagi di tulisan-tulisan lainnya.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.