Tips Liburan Nyaman di Makassar Ala Backpacker Millennial

Traveling menjadi bagian penting dari kehidupan generasi millennial. Terlebih lagi, kini ada dukungan internet cepat yang membuat segalanya jadi lebih mudah untuk dijangkau. Jadi, mau liburan ke mana selanjutnya? Mampir ke Makassar saja, yuk! Kota yang berada di Pulau Sulawesi ini menawarkan banyak destinasi yang Instagramable. Plus, pemandangan alamnya juga memesona sekali. Penasaran kan? Berikut ini tipsnya.

Menyusun Anggaran dengan Cermat

(sumber : sociolla.com)

Asal kamu tahu cara mengelola anggaran dengan tepat, liburan tidak selalu bikin kantong kempis. Oleh karena itu, susunlah anggaran perjalananmu secara cermat. Pertama, cek pengeluaran apa saja yang perlu kamu masukkan dalam daftar budgeting. Jika sudah, cek lagi daftar budgeting yang sudah kamu buat. Apakah ada pengeluaran sekunder yang perlu kamu sisihkan? Kalau ya, hapus catatan itu dan utamakan kebutuhan primermu.

Berburu Tiket Murah

Untuk mendapatkan tiket transportasi yang murah, sebaiknya pesan dari jauh hari. Untuk tiket pesawat, misalnya, kota-kota yang dilayani banyak maskapai penerbangan biasanya memiliki harga yang fluktuatif. Artinya, kamu pun harus lebih rajin mengecek harga tiket ke kota tersebut.

Hindari pula bulan-bulan sibuk seperti Desember, Juni-Agustus, dan Januari. Memilih periode low-season, seperti Februari-April dan September-November, tentu akan lebih hemat di kantong. Selain itu, tak ada salahnya untuk memilih kombinasi Rabu-Jumat, Selasa-Kamis, dan Minggu-Rabu. Kombinasi tersebut biasanya menawarkan harga penerbangan yang lebih terjangkau. 

Manfaatkan Aplikasi Traveling yang Tepercaya

Aplikasi traveling tentunya jadi hal wajib yang harus ada di gawai seorang backpacker millennial. Selain memberi kemudahan dalam mencari hotel syariah di Makassar, aplikasi tersebut juga menyediakan panduan perjalanan yang bermanfaat.

Oleh karena itu, segera pasang aplikasi Airy di gawai kesayanganmu. Dengan aplikasi ini, booking hotel murah pun jadi lebih mudah, cepat, dan pastinya tanpa ribet. Pilihan akomodasi yang ditawarkan juga banyak, lho. Satu lagi yang tak boleh kamu lewatkan, ada jaminan 7 kenyamanan yang hanya bisa kamu temukan di Airy.

Menyewa Motor atau Jalan Kaki Saja

Kamu bisa menjangkau tempat-tempat wisata yang ada di sekitar hotel dengan berjalan kaki. Selain lebih sehat, jalan kaki tentunya bikin isi dompetmu tetap tebal. Untuk lokasi yang lebih jauh, menyewa motor adalah opsi yang brilian. Kendaraan roda dua lebih piawai dalam menjangkau lokasi bermedan sulit, serta sangat bisa diandalkan untuk menembus kemacetan.

Harga sewa motor di Makassar berkisar antara Rp60.000 sampai Rp125.000, tergantung pada tipe motor yang kamu pilih. Namun, apabila kamu bepergian dalam grup, tak ada salahnya untuk menyewa mobil yang memiliki daya angkut lebih banyak. Harga sewa mobil di Makassar berkisar antara Rp350.000 hingga Rp500.000.

Jangan Ragu Untuk Mencoba Menu Lokal

Kamu juga bisa menghemat bujet dengan mampir ke warung-warung yang menjajakan kuliner khas Makassar. Selain lebih miring dari segi harga, sajian di warung tradisional juga tak kalah dengan resto mahal. Bahkan, tak jarang sebuah warung tradisional justru sangat diminati wisatawan karena hidangannya yang sudah melegenda.

Seperti misalnya, Warung Tunjuk-Tunjuk yang berada di kawasan Andi Mangerangi. Harga lauknya dibanderol mulai dari Rp15.000 sampai Rp20.000 saja. Nikmati juga menu nasi kuning begadang yang tersohor di Makassar, hanya sekitar Rp10.000 per porsi.

Warung murah lainnya adalah Songkolo Alhamdulillah. Lokasi warung ini ada di Jalan Raya Antang. Nasi ketan hitam di warung ini sudah melegenda di Makassar. Harga satu porsi nasi ketannya dibanderol hanya Rp5.000, lho.

Liburan nyaman tak selalu harus mahal. Yuk coba tips di atas dan jelajahi tempat-tempat seru di Makassar!

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.