Tips Keuangan Keluarga untuk Suami Istri yang Sama-sama Bekerja

suami istri bekerja

Salah satu keuntungan yang bisa dirasakan dengan memiliki pasangan yang juga sama-sama bekerja adalah dari segi pendapatan sudah pasti jumlahnya juga besar. Sehingga kedepannya kondisi finansial tentu akan lebih terbantu karena pemasukan yang didapatkan double. Hanya saja terkadang hal ini juga menyebabkan kecemburuan diantara salah satunya. Apalagi untuk masalah pengeluaran bagi keluarga, karena keduanya sama-sama bekerja, sehingga untuk masalah dana atau yang dikeluarkan juga jadi perhitungan. Lalu bagaimana solusi atau tips keuangan keluarga jika seandainya suami istri sama yang keduanya sama-sama bekerja ini. berikut diantaranya, yaitu:

  1. Berkomunikasi dan juga pastikan untuk terbuka satu sama lain, untuk mencegah curiga atau kecemburuan maka ada baiknya untuk melakukan komunikasi dengan pasangan, khususnya adalah masalah pendapatan yang diterima, berapa nominal gaji yang didapatkan. Keterbukaan ini akan membuat hubungan keluarga jadi lebih harmonis dan meningkatkan kepercayaan masing-masing.
  2. Buat perencanaan bersama, selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan keuangan bersama, sehingga nantinya bisa menemukan kesepakatan bersama juga, seperti diantaranya adalah masalah pengeluaran, satu pihak nantinya akan mengeluarkan uang untuk kebutuhan apa, begitu juga dengan pihak yang lainnya. Sehingga akan membuat semua pihak merasa lebih adil dan tidak muncul rasa iri.
  3. Jangan ada persaingan, persaingan kerap kali terjadi ketika salah satu pihak, apalagi istri yang memiliki pendapatan dengan nominal lebih besar jika dibandingkan dengan suami. Namun dengan persaingan ini justru akan memperburuk kondisi dalam rumah tangga. Hingga bisa saja membuat pernikahan tersebut gagal atau berujung pada perpisahan.
  4. Buat tabungan bersama, agar lebih adil maka tak ada salahnya juga membuat rekening tabungan bersama, dimana nantinya sudah harus diberi kesepakatan juga mengenai berapa besar jumlah uang hendaknya harus ditabung kesana setiap bulan. Masing-masing memiliki porsi sesuai dengan pendapatan yang diterima. Uang tabungan ini kelak dapat digunakan untuk berinvestasi atau memenuhi kebutuhan lain yang lebih penting.
  5. Membeli asuransi, jangan lupa karena dari segi keuangan sudah mumpuni atau cukup, maka tak ada salahnya bagi Anda dan pasangan untuk memutuskan dalam membeli produk asuransi sebagai bentuk perlindungan, dimana paling tidak beberapa jenis asuransi yang penting dimiliki disini adalah kesehatan, jiwa dan juga pendidikan jika seandainya sudah memiliki buah hati. Karena bagaimanapun Anda sudah harus memikirkan mengenai biaya pendidikan anak yang semakin lama semakin mahal.

Itulah sedikit tips keuangan keluarga untuk suami istri yang sama-sama berkarir atau bekerja, sehingga kehidupan keluarga menjadi jauh lebih bahagia, jauh dari masalah finansial yang bisa menyebabkan perpisahan di dalam rumah tangga, jadi pastikan untuk Anda terapkan.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.