AXA Mandiri Penipu? Apakah Benar?

Beberapa waktu yang lalu saya sempat melihat terdapat kata “AXA Mandiri Penipu” yang berkeliaran di media sosial. Setelah ditelusuri di internet, tidak sedikit juga thread yang mengatakan bahwa AXA Mandiri Penipu. Padahal saya tahu sekali bahwa AXA Mandiri ini merupakan perusahaan asuransi yang besar dan cukup terkenal di Indonesia. Benarkah AXA Mandiri penipu?

Asuransi Axa Mandiri

Asuransi AXA Mandiri ini cukup banyak produknya, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi hari tua, asuransi umum, dan lain sebagainya. Melihat dari nama besar AXA Mandiri, jelas sangat mengagetkan apabila AXA Mandiri ini disebut sebagai asuransi penipu. Namun yang jelas, kita harus mengetahui kedok apa yang dilakukan sehingga sampai disebut sebagai penipu.

Sebagai perusahaan asuransi besar, tentunya banyak lika-liku dalam permasalahan antara perusahaan dan nasabah semisal klaim palsu, klaim yang dibesar-besarkan, kematian palsu, pemalsuan dokumen, nasabah merasa tertipu, pemegang polis merasa dirugikan, nilai investasinya dirasa tidak sesuai dan banyak hal lainnya. Khusus nasabah yang kadang merasa tertipu atau dirugikan oleh perusahaan asuransi, sebenarnya hal-hal semacam itu tidak perlu terjadi seandainya kita bisa berjaga diri sejak awal, sejak kita ditawari.

Penipuan di dunia asuransi bukanlah sebuah cerita kosong. Anda tentu pernah membaca atau mendengar nasabah tertipu dana asuransi, dari jutaan hingga milyaran rupiah. Bahkan perusahan sekelas AXA Mandiri juga tidak luput dari cerita hal-hal semacam itu.

Modus dalam Kasus AXA Mandiri Penipu

AXA Mandiri seringkali diterpa oleh isu-isu penipuan dengan banyak sekali thread tentang “AXA Mandiri Penipu” yang beredar di Internet. Kebanyakan isu-isu penipuan yang menimpa AXA Mandiri adalah tentang penipuan dengan modus investasi.

Nasabah seringkali ditawarkan asuransi dengan kedok investasi. Namun saat sudah berjalan beberapa tahun, uang yang disetorkan nasabah tersebut justru berkurang bukannya bertambah. Itulah yang banyak menjadi keluhan para nasabah.

Nasabah yang mengaku dirugikan banyak yang menyerang AXA Mandiri dengan thread yang ada di internet. Mereka juga telah menuntut ke perusahaan AXA Mandiri secara langsung. Dan itu semua sudah ditindaklanjuti oleh pihak AXA Mandiri.

Namun tentunya kita sebagai nasabah atau calon nasabah harus berhati-hati, dan harus membaca polis dengan cermat dan teliti ketika ingin melakukan perjanjian. Inilah yang seringkali menjadi masalah, nasabah tidak mengerti dengan betul bagaimana isi dokumen polis yang ditandatanganinya.

Tentunya tidak semua asuransi atau agen melakukan hal buruk. Untuk menghindari penipuan berkedok asuransi maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa terhindar dari modus penipuan yang berkedok perusahaan asuransi.

Tips Menghindari Penipuan Asuransi

Tentukan Keperluanmu

Sebelum menerima sebuah tawaran asuransi, pertanyakan ke dirimu apa kamu benar-benar memerlukannya. Setiap agen asuransi yang menawarkan biasa akan memberikan jangka waktu untuk mempelajari hal-hal yang ditawarkan. Gunakan hal itu untuk benar-benar menyelidiki perusahaan asuransi dan produknya.

Dengan banyaknya sumber data di Internet, kita bisa menggali hal itu lebih dalam. Pelajari lebih dalam perusahaan dan produk yang ditawarkan sehingga kamu bisa tahu produk asuransi apa yang benar-benar kamu perlukan dalam kehidupan.

Bandingkan Produk Asuransi

Ada banyak perusahaan asuransi yang bertebaran dan menawarkan berbagai produk. Setiap produk tentu punya kelebihan dan kekurangan. Bandingkan beberapa produk dari berbagai perusahaan asuransi, kalau perlu bikin checklist mana yang lebih baik. Namun perbandingan ini tentunya harus disesuaikan juga dengan keperluan anda.

Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Karena ini menyangkut masalah keuangan dan masalah uang adalah hal kadang sulit untuk dibicarakan maka setelah mengetahui apa keperluan kita dengan asuransi dan produk apa yang diharapkan maka pastikan bahwa perusahaan asuransi yang kamu pilih merupakan perusahaan yang kredibel dan terpercaya, misalnya Asuransi AXA Mandiri. Pemilihan perusahan terpercaya tentunya selain memudahkan dalam klaim dan lainnya, tentu juga memberikan rasa tenang dalam berinvestasi.

Jangan Tanda Tangan Pada Formulir Kosong

Jangan biarkan hati dan pikiran anda terlena karena terkagum dengan penjelasan agen asuransi dan dengan mudahnya memberikan tanda tangan pada formulir kosong. Bertanyalah secara detail apa saja yang ingin diketahui dan kalau diperlukan, merekam semua pembicaraan tersebut agar nantinya kalau ada perbedaan, pembicaraan itu bisa dijadikan bukti.

Bekali Pengetahuan Asuransi Anda

Ini mungkin menjadi cara terakhir atau pamungkas dalam menghindari penipuan pada asuransi. Ya, membekali diri sendiri dengan pengetahuan tentang asuransi menjadikan anda bisa lebih selektif dan teliti. Semakin luas pengetahuan tentang asuransi, tentunya membuat agen asuransi yang nakal berpikir dua kali untuk mengambil hak anda.

Anda bisa menambah pengetahuan dari pengalaman keluarga atau teman yang sudah memiliki asuransi, selain itu membaca buku-buku keuangan dan berselancar di dunia maya bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperkuat pengetahuan anda. Kalau anda dibekali dana berlebih, memiliki konsultan keuangan bisa menjadi nilai tambah dalam memutuskan asuransi mana yang terbaik untuk keluarga anda.

Jadi, terus bekali dan tambah pengetahuan anda dengan dunia asuransi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kenali perusahaan, agen, dan modus baru dalam penipuan asuransi.

Author: shaleh
Seorang #Father #Teacher #Reader #ContentWriter | Bagian Dari Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

4 thoughts on “AXA Mandiri Penipu? Apakah Benar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.