Tipes Adalah; Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

Tipes adalah sebuah jenis penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri Salmonella thyphi. Biasanya bakteri penyebab penyakit ini sering ditemukan di dalam air yang terkontaminasi, ataupun makanan yang juga terkontaminasi. Bakteri yang dibawa oleh makanan itu kemudian masuk ke aliran darah, kemudian dibawa menuju limpa, hati atau sumsum tulang oleh darah putih.

Penyebab, Gejala dan Pencegahan Penyakit Tipes Adalah Sebagai Berikut

tipes adalah
sumber: www.pfimegalife.co.id

Penyakit tipes adalah jenis penyakit akibat infeksi bakteri yang sifatnya menyebarkan ke seluruh tubuh hingga bisa memberi pengaruh pada organ-organ tubuh yang lain. Karena itu, jika tidak ditangani secara cepat dan penanganan yang tepat, maka akibat yang ditimbulkan adalah komplikasi serius. Penyakit yang juga disebut sebagai demam tifoid ini juga bisa ditularkan melalui urine atau feses penderitanya.

Tipes merupakan penyakit yang sering terjadi, terutama di negara berkembang. Penyebabnya, karena kebanyakan negara berkembang ini belum memiliki sistem sanitasi yang baik, sehingga kualitas air yang dikonsumsi juga kurang begitu baik. Selain itu, kebiasaan kurang bersih yang masih banyak ditemukan di tengah masyarakat juga bisa menjadi penyebabnya. Setelah mengetahui pengertian tipes dan penyebab yang menyebabkan timbulnya penyakit ini, Anda juga harus tahu apa saja gejala ketika seseorang terserang tipes. Berikut beberapa gejalanya.

1. Demam Tinggi

Gejala pertama terjadinya tipes adalah demam yang sangat tinggi hingga mencapai 40°C bahkan lebih. Demam ini biasanya terjadi secara berkepanjangan bahkan cenderung meningkat setiap harinya. Gejala yang ditunjukkan ini biasanya terjadi mulai dari 1-3 minggu. Karena demam yang terjadi sangat tinggi ini biasanya diikuti dengan gejala lain seperti mengigau.

2. Tubuh Lemah, Sakit Kepala dan Kehilangan Nafsu Makan

Pada gejala awal, selain demam tinggi berkepanjangan, penderita juga akan merasakan tubuhnya terasa lemah. Biasanya diikuti dengan gejala sakit kepala bahkan diikuti dengan gejala berupa kehilangan nafsu makan. Tak jarang penderita tipes juga mengalami mual-mual dan sakit perut. Karena kehilangan nafsu makan, biasanya penderita juga akan mengalami penurunan berat badan.

3. Timbul Ruam dan Mengalami Sembelit

Setelah gejala awal yang ditunjukkan di atas, jika masih belum mendapatkan penanganan yang tepat, maka penderita tipes akan mulai mengalami gejala lebih lanjut. Gejala tahap lanjut yang terjadi biasanya penderita mengalami sembelit, mengigau hingga timbul ruam-ruam di beberapa bagian tubuh. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, maka gejala akan bisa mengarah pada komplikasi. Apabila sudah mengalami komplikasi bisa menjadi penyakit yang mengancam.

Penyakit tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini bisa dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat serta melakukan vaksinasi. Vaksinasi ini dianjurkan diberikan biasanya kepada anak yang berusia 2 tahun lebih. Selain itu, biasanya pemberian vaksin tipes juga dilakukan kepada orang-orang yang akan mengunjungi negara-negara tertentu yang dikhawatirkan rawan tipes.

Pencegahan penyakit tipes bisa dilakukan dari diri sendiri melalui kebiasaan hidup bersih yang dianggap sepele. Misalnya selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan. Selain itu, tidak hanya mencuci tangan, mencuci berbagai bahan mulai dari sayuran atau buah-buahan sebelum dimasak atau dikonsumsi juga bisa menjadi langkah sederhana untuk mencegah tipes. Selain itu hindari juga menggunakan toilet yang terlihat kotor untuk mencegah penularannya.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang penyakit tipes, mulai dari pengertian, penyebab hingga cara pencegahannya. Penyakit tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang sebenarnya bisa dicegah dengan cara hidup bersih. Apabila sudah mengalami gejala seperti yang disebutkan, segera lakukan penanganan yang tepat agar tidak menjadi komplikasi yang bisa membahayakan.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.