5 Tempat Wisata Religi Umat Islam Populer Dan Menarik Yang Ada Di Indonesia

Di Indonesia, sebagian besar masyarakatnya beragama islam, oleh karena itu tidak heran jika terdapat banyak tempat wisata religi, seperti mesjid dengan arsitektur bangunan yang bagus, makam ulama dan lainnya. Tempat-tempat seperti ini tidak kalah ramai oleh pengunjung jika dibandingkan dengan tempat wisata lain seperti tempat wisata anak, tempat wisata keluarga maupun tempat wisata lainnya yang ada. Sebut saja makam Wali Songo yang selalu ramai didatangi oleh peziarah, baik dari Jawa maupun luar pulau. Selain makam keramat para Wali, ada banyak tempat wisata religi lainnya yang bisa dikunjungi. Berikut beberapa diantaranya yang cukup populer di Indonesia.

1.  Mesjid Istiqlal – Jakarta

Kita mulai dari ibukota negara Indonesia. Saat mengunjungi Jakarta, belum lengkap rasanya kalau belum menyambangi mesjid terbesar yang ada di Indonesia yaitu Mesjid Istiqlal. Mesjid ini memiliki bangunan yang sangat luas dengan desain arsitektur yang unik. Saking besarnya, kapasitas Mesjid Istiqlal mampu menampung hingga 200 ribu jamaah. Di mesjid ini sering diadakan acara keagamaan yang dihadiri oleh berbagai kalangan. Mesjid Istiqlal jadi salah satu destinasi wisata religi favorit oleh banyak orang. Jika belum pernah kesini, maka saat berada di Jakarta, ada baiknya menyempatkan waktu untuk datang dan menyaksikan langsung kemegahan Mesjid Istiqlal, khususnya untuk anda yang beragama islam.

2.  Sekumpul – Martapura

tempat wisata religi di kalimantan selatan
sumber: banjarmasinpost

Sekumpul merupakan sebuah kawasan di kota Martapura yang cukup ramai dan sering dijadikan tujuan wisata religi oleh masyarakat Kalimantan Selatan bahkan luar pulau. Dulunya, sekumpul adalah tempat dimana Tuan Guru Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari sering mengadakan majelis. Semasa hidup beliau, rutin mengadakan majelis seminggu sekali, yang mana banyak orang hadir di majelis tersebut. Setelah beliau wafat, tepatnya pada tahun 2005, ulama kharismatik yang bernama M.Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari atau yang juga dikenal dengan Guru Ijai ini, dimakamkan disamping Mushola Arraudah, masih berada di wilayah Sekumpul. Hingga sekarang, makam Guru Ijai hampir tidak pernah sepi dari peziarah. Untuk bisa sampai ke Sekumpul, hanya diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor jika dari kota Banjarmsin. Setiap tahun diadakan haul untuk memperingati beliau, haul beliau bisa dibilang haul akbar yang paling besar se-Indonesia.

3. Mesjid Al Irsyad – Padalarang

Tidak seperti kebanyakan mesjid pada umumnya yang menggunakan kubah serta ornament bergaya arab, mesjid Al Irsyad yang berada di Jl. Parahayangan KM 2,7 Kota Baru ini justru unik karena berdesain bentuk kotak dengan lubang-lubang ventilasi pada banyak bagian sisi. Lubang-lubang ini dibuat bukan tanpa alasan, melainkan untuk memudahkan pertukaran udara sehingga meski tidak ada AC atau pendingin ruangan, suasana di dalam mesjid tetap sejuk dan nyaman. Luas mesjid yang berkisar 1817 m2 ini sering dikunjungi oleh mereka yang ingin beribadah ataupun hanya untuk sekedar melihat keindahan bangunan mesjid. Mesjid Al Irsyad hingga kini sudah banyak memperoleh penghargaan karena dinilai sebagai salah satu mesjid yang mengutamakan konsep ramah lingkungan.

4.  Mesjid Dian Al Mahri (Kubah Emas) – Depok

Jika ditanya, bangunan apa saja di Indonesia yang menggunakan emas? Maka salah satunya adalah Mesjid Dian Al Mahri atau yang lebih dikenal dengan Mesjid Kubah Emas. Ya, selain Tugu Monas, Mesjid Dian Al Mahri juga memakai lapisan emas pada bagian puncaknya, khususnya bagian kubah. Dimulai dari kubah paling besar yang berada ditengah, kemudian 4 kubah yang lebih kecil juga memakai lapisan emas. Inspirasi dari bentuk dan desain bangunan Mesjid Kubah Emas adalah bangunan Taj Mahal yang ada di India. Saat pengujung masuk ke dalam mesjid, terlihat bahwa bagian relief di atas tempat imam juga memakai lapisan emas seberat 18 karat. Saat melintasi kota Depok, banyak orang yang memilih untuk singgah ke mesjid ini, baik untuk beribadah, istirahat bahkan sengaja mengunjunginya sebagai bagian dari perjalanan wisata religi.

5.  Makam Sunan Ampel – Surabaya

Saat berkunjung ke Makam Sunan Ampel, pengunjung tidak hanya bisa melakukan wisata religi dengan berziarah melainkan juga dapat menyaksikan bagaimana keunikan Mesjid Sunan Ampel. Dikatakan unik karena Mesjid ini menerapkan desain khas bangunan Jawa kuno yang dipadukan dengan desain Arab. Keberadaan Mesjid Sunan Ampel sudah ada dari jaman dulu yaitu jaman penjajahan, sehingga ada yang mengatakan mesjid ini sempat terkena serangan penjajah namun berkat kekuasaan Allah, mesjid tidak mengalami kerusakan malah tetap berdiri kokoh hingga saat ini. Banyak peziarah yang datang ke makam juga menyempatkan datang ke Mesjid Sunan Ampel karena letaknya yang memang berdekatan. Selain makam dan mesjid, disekitar wilayah pemakaman Sunan Ampel juga terdapat wisata religi menarik lainnya yaitu adanya perkampungan Arab. Di perkampungan arab ini, banyak orang yang menjual aneka jenis barang-barang khas arab seperti makanan khas, parfum, fashion muslim, air zam-zam dan lainnya. Jadi, pengunjung yang ingin membeli aneka jenis barang khas Arab tidak perlu jauh-jauh pergi ke Arab, cukup datang saja ke Perkampungan Arab yang ada dekat makam Sunan Ampel.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.