7 Tempat Wisata Murah Di Banjarmasin Yang Unik Dan Menyenangkan

Banjarmasin merupakan salah satu kota besar yang ada di pulau Kalimantan. Saat berada di kota ini, ada banyak objek wisata murah yang layak untuk dikunjungi. Jika saat ini anda sedang mencari tempat wisata disekitar pusat kota Banjarmasin.

gambar: kompas.com

7 Tempat Wisata Murah Di Banjarmasin Yang Unik

Berikut ini saya berikan beberapa info tempat menarik yang bisa anda datangi. Silahkan baca hingga akhir artikel dan semoga bermanfaat.

1. Mesjid Sabilal Muhtadin

Bagi anda yang belum pernah sama sekali datang ke Banjarmasin, mungkin akan bertanya mengapa saya merekomendasikan Mesjid Sabilal Muhtadin sebagai salah satu tempat wisata murah yang ada di Banjarmasin. Selain karena Mesjid Sabilal Muhtadin adalah mesjid raya, bangunannya yang luas dan unik bisa jadi objek menarik untuk anda yang sedang berwisata. Tidak hanya itu, lingkungan sekitar mesjid yang rindang dan teduh sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat bersantai sambil melepas lelah. Letak mesjid ini tepat berada di pusat kota Banjarmasin dan disekitarnya juga terdapat objek wisata lainnya yang tidak kalah menarik.

2. Taman Siring

Taman Siring berada tidak jauh dari Mesjid Sabilal Muhtadin, hanya terpisah dengan jalan raya dan sungai. Taman ini biasanya ramai pada saat malam hari dan di akhir pekan. Letaknya yang tepat dipinggir sungai, dimanfaatkan oleh pemerintah setempat sebagai dermaga kecil untuk para pedagang yang menggunakan kelotok (perahu kecil) menjajakan aneka jualannya. Jadi, pengunjung yang ingin menyaksikan pasar terapung, bisa datang ke Taman Siring pada hari Minggu pagi. Aneka jenis jualan bisa ditemukan disini, mulai dari jajanan khas, kue, sayur-mayur dan lainnya. Untuk bisa masuk ke Taman Siring, sama sekali tidak dikenai biaya sehingga bisa jadi salah satu destinasi wisata murah yang ada di Banjarmasin.

Baca:  4 Tempat Wisata Di NTB Yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Duta Mall

Duta Mall adalah satu-satunya mall yang ada di Banjarmasin sehingga dapat dipastikan mall ini selalu ramai dan padat oleh pengunjung. Banyak orang yang menjadikan Duta Mall sebagai bagian dari perjalanan wisata karena banyak menyediakan tempat perbelanjaan, hiburan, aneka kuliner hingga tempat menonton yang asik. Letaknya berada di Jl.A Yani KM.2 tepat bersebelahan dengan RSUD Ulin Banjarmasin.

4. Museum Wasaka

Jika ingin mengenal jauh tentang Kalimantan Selatan terutama mengenai perjuangan masyarakat Banjar ketika masa penjajahan, bisa datang ke Museum Wasaka yang ada di Jl. H Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara. Letaknya berada di pinggir sungai dan tidak jauh dari jalan raya sehingga mudah ditemukan dan dicapai menggunakan kendaraan bermotor. Bangunan museum ini sangat khas karena berupa rumah adat Banjar yang menyerupai rumah panggung. Mengunjungi Museum Wasaka bisa jadi perjalanan wisata murah menyenangkan bernilai edukasi. Anda bisa mengajak serta anak-anak untuk datang kesini.

5. Pasar Intan Martapura

Tidak jauh dari kota Banjarmasin, terdapat sebuah kota lainnya yaitu Martapura yang menyimpan banyak destinasi wisata murah yang unik dan menarik, salah satunya adalah Pasar Intan Martapura. Dinamakan Pasar Intan karena memang disini banyak menjual aneka jenis batu permata, mulai dari yang kecil dengan harga murah hingga yang besar bernilai ratusan juta juga tersedia disini. Di bagian depan pasar, terdapat beberapa tugu unik dengan desain menyerupai bentuk intan, selain itu terdapat pula bagian-bagian relief kaligrafi pada bagian atas tugu. Hal ini menggambarkan bahwa Martapura juga dikenal sebagai Kota Santri. Bagi anda yang ingin mencari cinderamata khas Kalimantan, bisa datang ke Pasar Intan Martapura yang letaknya sekitar 50 KM dari kota Banjarmasin.

Baca:  5 Tempat Wisata Religi Umat Islam Populer Dan Menarik Yang Ada Di Indonesia

6. Kampung Sasirangan

Melihat bagaimana proses pembuatan kain khas Banjar berupa Sasirangan tentu menarik dan bisa dijadikan sebagai tujuan wisata murah lainnya saat berada di Kota Seribu Sungai. Ya, untuk bisa melihat langsung pembuatan kain sasirangan, dapat mengunjungi Kampung Sasirangan yang terletak di Kampung Melayu. Disini juga banyak dijual kain sasirangan yang sudah jadi. Biasanya, sasirangan dibuat dalam produk lain berupa baju, tas, dompet, gamis dan lainnya. Corak kain sasirangan yang unik dan khas serta warna yang beragam, menjadikan kain sasirangan sebagai salah satu oleh-oleh paling dicari oleh para wisatawan.

7. Museum Lambung Mangkurat

Selain Museum Wasaka, terdapat pula museum lainnya yang ada di Kalimantan Selatan, hanya saja letaknya tidak di Banjarmasin melainkan di Banjarbaru. Museum tersebut bernama Museum Lambung Mangkurat. Tiket masuk museum ini tergolong murah yaitu Rp 2.000,00 saja untuk orang dewasa. Sering dijadikan tujuan wisata murah, khususnya oleh para siswa di sekolah-sekolah yang ada di Kalimantan. Terdapat banyak barang bersejarah yang disimpan dalam Museum Lambung Mangkurat seperti beberapa senjata tajam jaman dulu, piring kuno, lukisan, miniatur rumah adat banjar dan lainnya.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.