6 Tempat Wisata di Ciamis dan Pangandaran yang Seru dan Menantang

Sebagai kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat, ada banyak sekali tempat wisata di Ciamis dan Pangandaran yang menawarkan aktivitas seru. Bagi Anda yang hobi dengan kegiatan menantang alias yang bisa memicu adrenaline maka ada beberapa tempat wisata paling recommended di Ciamis dan Pangandaran yang bisa Anda datangi saat musim liburan seperti berikut ini.

sumber: harapanrakyat.com

Mengambil referensi dari media online lokal seputar Ciamis, Banjar dan Pangandaran, berikut ini 6 objek wisata yang paling seru serta menantang di selatan Jawa Barat ini:

Green Canyon

Green Canyon berlokasi di Desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tempat ini cocok bagi Anda yang mau hunting foto alam serta melakukan aktivitas seru seperti rafting hingga berenang. Ketika berlibur ke area ini, maka pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang memukau sambil naik perahu atau melakukan kegiatan rafting menantang di sepanjang aliran sungai. Disarankan waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat musim kemarau.

Sebetulnya nama asli dari wisata ala mini adalah Cukang Taneuh yang artinya jembatan tanah. Di sini terdapat kanopi hutan yang sangat asri dan air terjun mini di kiri kanan sungainya. Pengunjung juga dapat mengisiri mulut gua sepanjang perjalanan menggunakan perahu atau rafting. Selain rafting, kegiatan menantang lainnya yang bisa dilakukan yaitu meniti tebing menanjak kemudian melompat ke air dari ketinggian sekitar 5 meter.

Mega Wisata Icakan

Mau kegiatan outbond seru bersama keluarga atau teman? Anda dapat berkunjung ke tempat wisata di Ciamis satu ini yang menawarkan banyak wahana serta fasilitas menarik. Contohnya seperti flying fox, ATV, waterboom, kereta wisata, bus wisata, sepeda air, hingga naik kuda atau gajah.

Baca:  8 Tempat Wisata Alam Terpopuler Dan Menarik Dikunjungi Menjelang Tahun Baru

Di sini tidak hanya menyediakan fasilitas untuk bermain dan berkegiatan, namun juga ada tempat bersantai seperti gazebo maupun tempat menginap, kolam terapi ikan, sirkuit dan sebagainya. Pemandangan yang ditawarkan juga cantik karena terdapat danau buatan dan lokasinya ada di perbukitan, tepatnya di Dusun Cikacang, Sukamulya, Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

Sungai Citumang

Tempat wisata di Pangandaran ini memang sudah cukup terkenal sebagai area untuk rafting karena aliran sungai yang ada terbilang lumayan deras serta menantang. Jadi, buat pengunjung yang hobi kegiatan memicu adrenaline dapat mencoba membuktikan sendiri keseruan rafting di tempat ini. Untuk segala peralatan rafting-nya sendiri sudah disediakan langsung oleh pihak pengelola rafting.

Sambil bermain rafting, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam di sekitarnya yang asri dan hijau. Di sini, pengunjung dapat mengarungi aliran sungai sambil menikmati pemandangan hutan jati. Di sepanjang kanan kiri sungainya dikelilingi batu-batu padas dengan relung yang dihiasi oleh relief alami semakin membuat tempat ini makin kelihatan eksotis. Lokasi sungai ini sendiri terdapat di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Sungai Citanduy

Selain sungai Citumang, masih ada lagi wisata air dan alam di Sungai Citanduy. Kegiatan yang ditawarkan sama yaitu pengunjung dapat mencoba berwisata menikmati pemandangan alam natural sambil melakukan arung jeram. Sungai ini memiliki trek arung jeram sepanjang 15 km. Kondisi sungainya sendiri sangat lebar sehingga mereka yang mau arung jeram dapat memilih beberapa jalur untuk dilalui.

Di sepanjang aliran sungainya juga dikelilingi tebing-tebing batu yang curam serta pemandangan hutan kehijauan. Kalau ada yang ingin mencoba melakukan kegiatan ekstrim ini, maka dapat mendatangi bagian Turis Information Center (TIC) Dinas Pariwisata di komplek Islamic Center Ciamis dengan persyaratan minimal 1 kelompok arung jeram 5-10 orang.

Baca:  Suguhan Kopi Terbaik ala Kota Kembang

Pantai Batu Karas

Buat yang hobi berselancar di laut, maka tidak ketinggalan ada objek wisata seru yang cocok digunakan untuk surfing. Letak pantai ini berada di Jalan Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Di sini banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin bersantai sejenak dari hiruk pikuk kota atau melakukan banyak kegiatan air yang seru. Bahkan pantai ini sering disebut sebagai Balinya Jawa Barat karena memang menawarkan ombak deras yang bagi para peselancar.

Selain itu, bagi yang ingin berselancar langsung juga tidak perlu repot-repot membawa peralatan dari rumah. Di sekitar pantai terdapat tempat penyewaan untuk berselancar dan di sini pengunjung juga dapat menyewa instruktur profesional. Selain berselancar, di sini juga cocok dijadikan spot untuk kegiatan menyelam.

Sukahaji Waterboom

Lokasi waterboom ini berada di Jalan Raya Cihaurbeuti, Sukahaji, Kabupaten Ciamis. Sama seperti waterboom kebanyakan, ada berbagai macam wahana permainan air untuk aktivitas seru di sini baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Apalagi, tempat wisata di Ciamis ini tidak hanya sekedar menawarkan wahana permainan air, namun juga pemandangan alam yang eksotis dari Gunung Galunggung yang nampak dari kejauhan.

Waterboom ini dibangun di atas tanah seluas 10.000 meter persegi dengan konsep taman rekreasi air. Beberapa fasilitas yang tersedia dan seru seperti area seluncur dengan 3 macam jenis, pancuran air, kolam gelembung, ember besar, kolam renang, dan masih banyak lagi.

Sudah tahu mau pergi ke tempat wisata di Ciamis dan Pangandaran yang mana? Jika ingin yang seru, maka bisa datangi salah satu tempat wisata rekomendasi di atas. Selamat berlibur!

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.