4 Teknik Dasar Membuat Kopi Yang Enak

Kopi, siapa yang tidak mengenalnya bahkan minum kopi kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Hal ini bisa dilihat dari menjamurnya cafe-cafe yang menyediakan berbagai jenis kopi mulai dari Espresso, Macchiato, Piccolo, Cappucino hingga kopi seperti kopi toraja, kopi aceh, kopi luwak, dan berbagai jenis kopi lainnya.

Membuat kopi tentunya bukan hanya sekadar buka bungkus dan seduh. Untuk mendapatkan citarasa enak pada kopi, ada empat teknik dasar membuat kopi yang harus dilakukan yaitu proporsi, gilingan, air, dan kesegaran.

Proporsi

Untuk membuat kopi enak, disarankan proporsi yang tepat untuk 10gr kopi diseduh dengan 180ml air. Namun memang setiap orang berbeda selera dalam menikmatinya, untuk lebih ringan, air bisa ditambahkan tapi kalau ingin lebih pekat maka takaran kopi yang ditambahkan.

Gilingan

Berapa lama antara kopi dan air saling terkontak menentukan rasa yang dihasilkan saat kopi diseduhkan karena itulah gilingan yang tepat akan memberikan hasil kopi yang nikmat.

Air

Kopi tanpa air maka tidak akan pernah jadi minuman kopi karena 98% kopi merupakan air. Pemilihan air sangat penting dan menjadi dasar untuk membuat kopi. Pilihlah air yang segar dan bersih.  Air dengan suhu 80-90 derajat merupakan suhu yang tepat untuk menyeduh kopi, untuk di rumah tangga paling mudah memakai air panas dari dispenser.

Kesegaran

Terakhir, seperti halnya beberapa makanan dan minuman tentunya kopi yang baru selesai digiling merupakan kopi yang baik karena gilingan kopi yang semakin lama tersimpan membuat kopi menjadi tidak segar. Untuk menghindari hal itu, kopi setelah digiling diharuskan disimpan ke tempat yang kedap udara, maksimal penyimanan adalah satu minggu untuk masih mendapatkan kopi yang fresh.

Baca:  7 Kuliner Malam Di Surabaya Yang Khas Dan Wajib Dicoba

Itulah 4 teknik dasar membuat kopi yang enak, semoga bermanfaat.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.