Tanda Tanda Kehamilan Umum Yang Jarang Disadari

Hamil – suatu kata yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri yang belum/sudah memiliki anak. Seringkali pasangan suami istri yang baru/lama menikah namun belum memiliki anak selalu ditanyakan kata itu. Sudah hamil? Kapan hamil? dan seabrek pertanyaan yang menjurus hal itu. Terlambat datang bulan disertai mual/muntah menjadi tanda tanda kehamilan pada umumnya dan itu bisa jadi pertanda akan ada/bertambah keceriaan di rumah.

tanda tanda kehamilan

Namun sebenarnya tanda tanda kehamilan seperti terlambat datang bulan, memang tidak bisa mutlak dijadikan ukuran bahwa sedang hamil karena bisa juga terjadi karena stres, pola makan, kelelahan, adanya kelainan pada fungsi hormon tubuh, dsb. Kalaupun datang bulan karena hamil maka hal tersebut biasanya usia kehamilannya sudah sekitar 2 minggu.

Tanda-tanda Kehamilan Pada Umumnya

Tentu bukan hanya terlambat datang bulan yang menjadi tanda umum kehamilan, ada beberapa lagi diantaranya:

Perubahan Payudara

Perubahan payudara akan terjadi ketika ada kehamilan, bentuk payudara akan membesar dikarenakan hormon progesteron dan esterogen mengalami peningkatan, selain itu payudara juga akan terasa lembut sehingga sensitivitas akan lebih tinggi namun terasa sakit atau nyeri ketika dipegang. Puting payudara juga mengalami perubahan berupa warna terlihat lebih gelap dan juga besar.

Mual dan Muntah

Morning sickness begitu kira-kira sebutannya untuk mual dan muntah di pagi hari, 50% wanita hamil memiliki tanda-tanda ini walaupun sebenarnya mual dan muntah ini tidak selalu datang saat pagi, bisa saja siang, sore, atau malam hari. Mual dan muntah inipun hanya akan terjadi ketika merasakan aroma atau bau sesuatu.

Sering Buang Air Kecil

Frekuensi buang air kecil akan terasa lebih sering dari biasanya, hal itu dikarenakan janin dalam rahim menekan kandung kemih sehingga terjadi peningkatan sirkulasi darah. Namun buang air kecil ini jangan ditahani, biarkan saja. Pastikan terhindari dari dehidrasi dengan banyak memberikan asupan cairan kedalam tubuh.

Sakit Kepala dan Pusing

Headaches atau sering ssakit kepala dan pusing juga menjadi tanda tanda kehamilan, hal itu terjadi akibat faktor fisik seperti: kelelahan, mual, tekanan darah rendah, dan lapar. Selain itu, faktor emosional juga menjadi sebab seperti depresi atau rasa tegang.

Lelah dan Mengantuk Yang Berlebih

Selain masalah fungsi hormon, bertambahnya kinerja beberapa organ tubuh seperti janjtung, paru-paru, dan ginjal membuat rasa lelah dan mengantuk menjadi lebih terasa. Pertambahan kinerja itu tentu bukan hanya karena memikul serta mencukupi keperluan si Ibu tapi juga pertumbuhan si calon bayi karena semakin besar usia kehamilan maka beban Ibu juga semakin besar.

Sembelit

Tanda tanda kehamilan yang kadang luput dari perkiraan adalah sembelit. Hal itu dikarenakan meningkatnya hormon progesterone. Fungsi hormon itu adalah untuk mengendurkan otot rahim sehingga berakibat pada mengendurnya otot dinding usus dan akhirnya susah buang air besar atau sembelit.

Itulah beberapa tanda tanda kehamilan awal namun sebagaimana lazimnya sebuah tanda maka ini hanyalah tanda yang bersifat pribadi, yang artinya tidak semua orang memiliki atau sama persis dengan tanda diatas. Tanda kehamilan diatas memang dimiliki oleh mereka yang hamil, ada semua tanda tersebut dialami, ada yang bervariasi, namun ada juga yang tanpa keluhan.

Namun kadang kala tanda kehamilan seringkali seperti orang yang sedang datang bulan sehingga hal ini menjadi salah satu penyebab terjadi keguguran. Selain itu, ada bahkan yang sudah memiliki tanda tanda kehamilan namun setelah dilakukan tes malah hasilnya negatif.

Ketika mengalami keterlambatan datang bulan dan juga tanda tanda seperti diatas dan hasil dari tes menunjukkan positif sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar kehamilan bisa segera terdeteksi dan tentunya akan lebih cepat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.