4 Tanda Anak Mulai Kecanduan Bermain Game

Bermain game bukanlah suatu larangan apalagi kesalahan selama dalam batas kewajaran namun bermain secara berlebihan tentunya perlu diperhatikan apalagi sampai terlihat tanda kecanduan main game. WHO atau Badan Kesehatan Dunia baru-baru ini berencana merilis buku International Classification of Diseases (ICD-11) pada tahun 2018 ini dan salah satu isinya menyatakan bahwa kecanduan bermain game sebagai salah satu kategori gangguan jiwa baru atau disebut sebagai gaming disorder (GD). Usulan memasukkan kecanduan bermain game dibuat karena melihat banyaknya kasus kecanduan game di berbagai negara yang disertai meningkatnya permintaan terapi pengobatan dokter.

4 Tanda Kecanduan Main Game

Ketika seseorang sudah mulai kecanduan bermain game maka ditandai dengan ketidakmampuan dalam mengontrol keinginan bermain game yang berakibat kesulitan ketika ingin menghentikan perilaku tersebut. Ada 4 tanda kecanduan game yang pada umumnya terjadi:
  1. Selalu menghabiskan waktu yang lama untuk bermain, bahkan durasinya makin meningkat dari hari ke hari.
  2. Merasa mudah marah dan tersinggung saat dilarang atau diminta berhenti bermain game
  3. Selalu berpikir tentang game tersebut ketika sedang mengerjakan aktivitas lainnya
  4. Hilangnya kendali diri ini membuat pecandu game cenderung menomor satukan gaming dalam hidupnya sehingga akan melakukan berbagai cara untuk dapat menuntaskan hasrat akan candunya, tak peduli atas konsekuensi dan risikonya.

Namun untuk mengatakan seseorang kecanduan main game tentunya tidak serta merta divonis kecanduan hanya karena beberapa hari selalu main game. Seseorang dikatakan kecanduan main game apabila terjadi secara terus-menerus paling tidak selama 12 bulan dan itu menunjukkan efek samping seperti perubahan kepribadian, karakteristik, perilaku, kebiasaan, hingga bahkan fungsi otak. Selain itu bisa juga seseorang disebut pecandu game apabila menyebabkan gangguan atau konflik pada hubungan sosialnya dengan orang lain maupun di lingkungan keluarga, sekolah atau sekitar.

Baca:  4 Cara Agar Hasil Tes Pack Akurat

Mencegah Kecanduan Bermain Game

Sebelum anak anda terkena candu game ada baiknya melakukan pencegahan sejak dini. Salah satu upaya untuk mencegah adalah jangan memberikan gadget untuk anak usia di bawah 18 bulan. Selain itu, berlakukan aturan durasi pemakaian gadget untuk anak-anak anda. Usia 18 bulan – 5 tahun hanya diperbolehkan satu jam sehari. Untuk anak usia diatas 5 tahun hanya diperbolehkan selama dua sehari. Namun kalau anak anda sudah mulai terlihat memiliki tanda kecanduan main game ada baiknya berkonsultasi langsung ke psikolog.

Itulah 4 Tanda Anak Mulai Kecanduan Bermain Game, semoga bermanfaat.

 

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.