Tak Hanya Pantai, 4 Air Terjun di Bali Ini Juga Wajib Dikunjungi

Bali sangat dikenal akan pantainya yang menawan dan menarik hati wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun siapa sangka, selain pantai-pantai yang eksotis, Bali juga memiliki beberapa air terjun yang memiliki pemandangan tak kalah indah dengan pantainya. Bagi pemburu tempat wisata di Bali, tak ada salahnya mencari lokasi air terjun ini untuk disambangi. Selain airnya yang jernih, air terjun ini juga tersembunyi dan jarang dikunjungi sehingga lebih leluasa untuk dinikmati.

Berikut 4 air terjun di Bali yang tersembunyi:

Air Terjun Banyumala

Untuk menjangkau Air Terjun Banyumala ini, wisatawan perlu melakukan sedikit usaha karena harus melalui jalan yang agak curam. Namun usaha yang ditempuh tak akan sia-sia karena wisatawan akan disuguhkan dengan tenangnya suara curahan air yang melewati celah bebatuan. Selain itu terlihat hamparan kolam alami dengan air yang jernih dan sejuk. Tentu saja jangan lewatkan berswafoto di tempat ini dengan menggunakan kamera anti-air.

Wisatawan yang ada di Kuta Bali bisa mengarahkan kendaraannya ke arah Bedugul, karena Bedugul merupakan patokan utama yang paling mudah untuk mengakses kawasan air terjun ini. Dari Bedugul, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Utara sampai bertemu pertigaan. Kemudian ambil jalan sebelah kiri. Bisa juga dibantu oleh peta digital agar lebih mudah menemukan Air Terjun Banyumala ini.

Pantai Melasti, Tanah Lot

Ingin menikmati air terjun dan pantai sekaligus? Maka tempat yang harus dikunjungi adalah Pantai Melasti yang berada di Tanah Lot. Perlu diingat, Pantai Melasti yang dimaksud adalah pantai yang berada di kawasan Tanah Lot bukan berada di Ungasan. Selain dapat menikmati luasnya pantai dengan pasir lembut serta bebatuan karang, wisatawan juga dapat menikmati air terjun kecil yang cantik.

Baca:  5 Objek Wisata Anak Bernilai Edukasi Yang Keren Dan Menyenangkan

Wisatawan dapat menikmati matahari tenggelam, lautan luas, pesisir pantai, dan air terjun yang tercurah dari tebing dalam waktu bersamaan. Untuk mengunjungi Pantai Melasti, hanya perlu berjalan kaki selama kurang  lebih 15 menit dari Tanah Lot. Wisatawan yang berada di kawasan Denpasar Bali, tentu bisa mengarah ke Tanah Lot untuk bisa berkunjung ke sini.

Air Terjun Peguyangan

Kalau membayangkan air terjun yang mengalir secara vertikal dari pegunungan tinggi maka kamu salah. Air Terjun Peguyangan merupakan air terjun yang mengalir rendah yang menyusuri lereng hingga akhirnya menuju ke laut. Lereng ini bertingkat yang bisa dijadikan sebagai tempat menikmati ‘spa alami’ sekaligus merasakan sensasi dipijat oleh air yang mengalir deras melalui celah bebatuan.

Untuk bisa menikmati tempat ini, wisatawan perlu menuruni tangga yang cukup curam yang terdapat di dinding tebing. Jika wisatawan menginap di hotel Bali, seperti POP! Hotels yang berada di Teuku Umar Bali, maka mengarahlah ke kawasan Klungkung. Kamu perlu banyak bertanya karena air terjun ini agak sulit untuk ditemukan. Agar dapat memasuki area ini, wisatawan diwajibkan mengenakan sarung yang bisa disewa seharga Rp 10 ribu di sini.

Air Terjun Tibumana

Si kembar nan cantik ini dapat memukau siapa pun yang memandang. Pasalnya, air terjun ini terbentuk layaknya tirai yang membatasi gua yang terdapat di baliknya. Air terjun ini memiliki tinggi yang sama yaitu 20 meter dengan pemandangan bebatuan yang diselimuti lumut dan pepohonan. Letak air terjun ini tidak terlalu jauh dari daerah Teuku Umar Bali karena berada di kawasan Bangli. Jangan lupa membawa serta kamera anti-air untuk menghasilkan foto yang mengagumkan.

Baca:  Dapatkan Harga Tiket Kerta Api Murah Melalui Mister Aladin!

Ketika pantai menjadi primadona, ternyata terdapat air terjun yang tak kalah mempesona di Bali. Wisatawan yang menginap di hotel Kuta Bali bisa memilih air terjun mana yang paling dekat untuk dikunjungi terlebih dahulu. Atau jika punya rencana untuk mengunjungi air terjun yang paling menarik, kamu bisa menginap di hotel Bali yang paling dekat dengan kawasan air terjun. Seperti misalnya menginap di POP! Hotels di kawasan Teuku Umar Bali agar lebih dekat dengan Air Terjun Tibumana.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.