Tahapan Penting Perkembangan Bayi 0-12 Bulan

Setiap bayi dilahirkan dengan penuh perjuangan dan perkembangannya merupakan anugerah. Perkembangan satu bayi berbeda dengan bayi lainnya. Mereka unik dan memiliki kecepatan sendiri-sendiri. Perkembangan bayi di fase awal lebih banyak gerakan refleks namun seiring usianya bertambah maka kemampuannya kognitifnya juga akan berkembang.

perkembangan bayi

Namun sebagaimana dituliskan tadi bahwa setiap bayi itu unik dan mempunyai kecepatan perkembangan yang berbeda, jadi jangan kuatir ketika bayi kita belum bisa melakukan hal yang sama dengan bayi yang lain karena bisa saja bayi kita melakukan keterampilan lainnya yang tidak bisa juga dilakukan oleh bayi lainnya. Sehingga perkembangan bayi tidak bisa disamaratakan secara keseluruhan dan tidak perlu membanding-bandingkan dengan bayi lainnya.

Tahap Perkembangan Bayi 0-3 Bulan

Pada rentang usia ini, kebanyakan bayi secara umum sudah mampu merespon suara yang didengarnya dan juga lebih banyak tersenyum sendiri. Jadi jangan kuatir bayi terkena sesuatu karena memang itu sudah masuk fasenya. Bayi tersenyum karena merespon sesuatu atau karena merasa senang. Hal itu biasa dan alami karena mereka sudah memilikinya sejak dari rahim. Bayi juga akan mulai merespon atau menanggapi suara ayah dan ibunya. Selain itu, pada tahap perkembangan ini, bayi juga: mulai tengkurap dan bisa mengangkat kepalanya; aktif memainkan jari dan kaki; matanya mulai fokus dengan apa yang dlihatnya dan mulai mencari sumber suara yang datang serta mengenali suara orang yang dikenal dan tidak dikenal.

Tahap Perkembangan Bayi 4-6 Bulan

Pada usia ini, bayi sudah mulai terlihat lebih aktif, sering mengoceh dengan bahasanya sendiri. Selain itu, bayi juga: Sudah bisa tersenyum dengan orang yang tidak dikenalnya; bisa menangis ketika anda tidak di dekatnya; mulai berguling dari posisi tengkurap menjadi telentang; mulai bisa mengucapkan sepatah, dua patah kata; tertawa ketika diajak bermain-main; kakinya sudah mulai bisa menjejak lantai ketika didirikan.

Baca:  Manfaat Lampu LED pada Sepeda Motor

Tahap Perkembangan Bayi 7-9 Bulan

Pada umumnya di tahap ini, bayi sudah mulai belajar untuk merangkak namun bisa juga ada yang belum bisa melakukan perkembangan itu tapi malah ada juga yang sudah bisa berjalan sendiri. Mungkin ada juga yang tidak hanya merangkak maju tapi juga mundur. Hal itu biasa dan normal. Selama tangan dan kedua kakinya mampu berkordinasi. Pada tahap ini, bayi juga: sudah bisa untuk duduk sendiri tanpa bantuan; mencoba belajar berdiri dengan bantuan di benda di sekitarnya; melambaikan tangan; ekspresi wajah yang berbeda-beda; orang lain nangis, dia bisa juga ikutan nangis.

Tahap Perkembangan Bayi 10-12 Bulan

Pada tahapan ini pengucapan mama papa sudah lebih jelas, selain itu komunikasi yang digunakan banyak variasi seperti bahasa tubuh, menunjuk dan menggeleng. Bayi juga akan menjadi peniru, dia akan berusaha mengikuti apa yang anda lakukan dan katakan, jadi berhati-hatilah dengan tingkah laku dan kata anda. Selain itu mereka juga sudah mulai: bisa berdiri bahkan mungkin sudah ada yang bisa berjalan sendiri tanpa bantuan; mencoba mencari perhatian anda dengan menunjuk-nunjuk benda yang diinginkannya; lebih responsif terhadap hal-hal yang disukai dan tidak disukai; suka memilih makanan.

Itulah beberapa tahapan perkembangan bayi namun sekali lagi, ini hanyalah secara umum, tidak bisa mengatakan semua perkembangan bayi sama karena sebagaimana dikatakan di awal bahwa setiap bayi punya perkembangan yang berbeda dan kecepatan berbeda, mereka unik sehingga tidak bisa disamaratakan. Namun yang pasti, setiap bayi yang terlahir adalah anugerah terbaik yang diberikan Tuhan Yang Mahakuasa kepada keluarga anda, jaga dan rawat dia.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.