Surah Al-Quran yang Memperjelas Tugas Malaikat Jibril Beserta Keistimewaannya

Dalam ajaran agama islam teerdapat yang namanya rukun iman, dimana terdapat 6 poin yang harus ditaati. Salah satunya adalah iman kepada malaikat-malaikat Allah swt, ada ribuan malaikat namun hanya ada 10 malaikat istimewa yang disebutkan di dalam Al-Quran, 10 malaikat ini memiliki tugasnya masing-masing.

Salah satu malaikat yang sangat dipercaya oleh Allah adalah malaikat Jibril, yakni malaikat yang disebutkan dalam hadis mempunyai 600 sayap yang mana jarak antara sayap kiri dan kanan memiliki jarak bagaikan menempuh perjalan selama 500 tahun. Malaikat jibril tercipta dari Nur atau cahaya dengan keistimewaan dan tugas yang diberikan oleh Allah swt.

Malaikat Jibril memiliki bulu mulai dari atas kepala hingga telapak kakinya yang memiliki warna seperti za’faron, yang mana setiap helai bulu dari tubuhnya bercahaya seperti matahari yang sangat bersinar. Selain terkenal sebagai cahaya, malaikat Jibril juga dikenal dalam bentuk debu, hal ini sesuai dengan Hadist riwayat bukhari yang mengatakan Aku seolah melihat debu-debu yang berkilauan berada di lorong-lorong jalan suku Bani gammir.

Secara umum tugas malaikat Jibril itu sendiri adalah menyampaikan wahyu dari Allah kepada seluruh ciptaan Allah, baik itu wahyu untuk manusia, rasul, maupun nabi. Tugas yang dilakukan Jibril yang berhubungan dengan manusia adalah Malaikat Jibrillah yang meniupkan roh ke janin setiap manusia yang masih berada di dalam kandungan, sehingga secara harusnya Malaikat Jibril tidak hanya menyampaikan wahyunya ke Rasul saja.

Tugas serta keistimewaan Malaikat Jibril telah tertuang di dalam berbagai surah yang ada di Al-Quran yang merupakan petunjuk serta landasan dalam mempelajari dan mempercayai segala sesuatu yang tidak hanya berada di bumi tetapi juga diakhirat. Untuk itu berikut ini beberapa surah yang membahas atau menyebutkan mengenai tugas dan keistimewaan Malaikat Jibril.

QS An Nahl Ayat 102

Surah pertam yakni An Nahl ayat 102 yang menyebutkan bahwa jibrillah yang menurunkan Al-Quran dari Allah dengan benar untuk meneguhkan hari orang-orang yang beriman. Serta menjadi petunjuk atas kabar gembira bagi setiap orang-orang yang berserah diri kepada Allah.

QS Al-Baqarah Ayat 97

Pada surah ini mempertegas bahwa Al-Quran diturunkan oleh Malaikat Jibril dengan izin Allah sebagai kitab penyempurnah dari kitab-kitab sebelumnya serta sebagai malaikat yang membawa kabar gembira.

QS Al-Qadr Ayat 4

Keistimewaa Malaikat Jibril yang lainnya adalah mengatur segala urusan yang ada di bumi sesuai dengan surah Al-Qadr ayat 4 yang menyebutkan bahwa pada malam itu turun malaikat dan malaikat Jibril diberi tugas untuk mengatur segala urusan.

Demikianlah informasi mengenai surah-surah yang memperjelas tugas malaikat Jibril sebagai malaikat yang sangat istimewa.

Author: shaleh
Seorang #Father #Teacher #Reader #ContentWriter | Bagian Dari Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.