Siapkan 4 Hal Ini Sebelum Mendaftar Lowongan Kerja Bank

Sumber: sites.googles.com

Bekerja di bank telah menjadi impian banyak orang dan tidak selalu mereka yang lulus dari jurusan ekonomi atau perbankan saja. Banyak lowongan kerja bankyang dibuka untuk semua jurusan dan inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Inilah alasan mengapa lowongan kerja di bank yang baru saja dibuka selalu langsung diburu oleh pencari kerja. Apakah kamu salah satunya? 

Proses pemilihan karyawan di sebuah perusahaan tidaklah sebentar, ada beberapa tahapan yang harus dilalui pelamar. Mulai dari seleksi administrasi, tes psikologi, beberapa kali wawancara hingga tes kesehatan. Hampir semua lowongan kerja bank rata-rata menggunakan cara yang sama soal penyeleksian. Jika sudah tahu prosesnya, mulailah untuk mempersiapkan diri dari sekarang. 

4 Hal Penting yang Dipersiapkan untuk Melamar Lowongan Kerja Bank 

Apa saja yang sebaiknya dipersiapkan pencari kerja untuk mendaftar ke lowongan kerja bank?Pertanyaan ini pastinya sering muncul untuk para fresh graduate yang sama sekali belum berpengalaman. Hal yang wajar, tapi yakinlah untuk bisa tetap melalui semua prosesnya. Dengan persiapan yang benar, maka diharapkan semua proses bisa berjalan dengan lancar hingga akhirnya bisa diterima. Berikut ini beberapa persiapan yang bisa dilakukan. 

Mengetahui asal lowongan yang asli

Begitu banyak portal lowongan kerja yang bisa diakses, tapi khusus lowongan kerja banksebaiknya carilah langsung ke web perusahaan aslinya. Hindari untuk mendaftar melalui pihak ketiga atau web lowongan kerja yang tidak jelas asal usulnya. Semua perusahaan perbankan selalu memiliki website khusus yang biasanya digunakan untuk rekrutmen. Contohnya saja lowongan kerja di bank BCA, perusahaan ini memiliki web khusus untuk mendaftar kerja di bca-marketeers.com. Disinilah kamu bisa mendaftar secara langsung untuk segera masuk ke proses seleksi administrasi. 

Mengetahui jelas tugas dan tanggung jawab posisi yang dilamar

Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah mempelajari soal tugas dan tanggung jawab pada posisi yang kamu lamar. Misalnya saja posisi relationship officer yang memiliki tugas untuk menawarkan produk perbankan, menganalisis nasabah potensial hingga membantu tercapainya target marketing dan sales. Hal inilah yang harus kamu belajar supaya nanti lancar pada tahapan wawancara, bahkan sebelum melamar lowongan kerja bank. 

Pastikan memenuhi semua syarat yang dibutuhkan

Syarat dari lowongan kerja bank Indonesia bukan hanya sekedar menerima lulusan dari semua jurusan. Ada persyaratan lain seperti usia, kemampuan atau prestasi yang dimiliki dan terutama ketertarikan akan pekerjaan tersebut. Cobalah membaca berulang kali dan ingat semua syarat yang dibutuhkan dari lowongan kerja bank tersebut. Apalagi jika terdapat syarat dokumen seperti ijazah, transkrip nilai atau surat pengalaman kerja sebelumnya. Baca detail dan teliti kembali sebelum mengirim lamaran. 

Membuat surat lamaran dan CV yang menarik

Pada seleksi administrasi, dokumen yang dibaca adalah surat lamaran dan CV serta beberapa dokumen pendukung lainnya. Belajarlah untuk membuat surat lamaran yang baik serat CV yang menarik. CV yang dikirim ke bank tentu berbeda ketika kamu mendaftar pada perusahaan kreatif. Hindari menggunakan desain terlalu ramai pada CV dan sampaikan hal dalam bentuk poin supaya mudah dibaca. Jangan sampai lowongan kerja bankyang menjadi kesempatan emas jadi gagal karena kamu kurang tepat dalam membuat CV. 

Semua lowongan kerja bankadalah kesempatan besar untuk meraih masa depan yang lebih baik. Manfaatkan kesempatan yang diberikan dari lowongan kerja bank Indonesia untuk memperlihatkan kemampuanmu.  

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.