Siapa Yang Berhak Melegalisasi Ijazah?

Beberapa minggu ini liburan saya agak terganggu dengan kembali adanya pendataan PNS, kali ini yang dipermasalahkan adalah keaslian ijazah PNS itu sendiri (Kira-kira kapan anggota DPR juga ada pendataan ijazah ya?). Sebagai abdi negara, saya manut saja. Salah satu pembuktian bahwa ijazah kita ASLI adalah dengan melakukan legalisasi namun terkadang ada beberapa masalah tentang siapa sih yang berhak melegalisasi ijazah kita. Apalagi kalau sekolah asal kita berbeda dengan domisili kita sekarang, atau sekolah kita dulu tiba-tiba tidak ada lagi namun diganti dengan sekolah dengan nama yang baru.

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang siapa yang berhak melakukan legalisasi ijazah kita, kali ini saya mencoba berbagi dua permendikbud yang menjelaskan siapa saja yang berhak melakukan legalisasi ijazah kita mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi.

Untuk siapa yang berhak mengesahkan ijazah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bisa membaca Permendikbud No.29 Tahun 2014 tentang Pengesahan Fotokopi Ijazah/STTB dan lainnya. Silakan unduh filenya disini: Permendikbud No 29 Tahun 2014 Tentang Pengesahan Fotokopi Ijazah/STTB Untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Untuk siapa yang berhak mengesahkan ijazah pada jenjang pendidikan perguruan tinggi bisa membaca Permendikbud No.11 Tahun 2014 tentang Pengesahan Fotokopi Ijazah dan lainnya. Silakan unduh filenya disini: Permendikbud No 11 Tahun 2014 Tentang Pengesahan Fotokopi Ijazah Untuk Jenjang Perguruan Tinggi.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita semua.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap