Sebelum Meminjam Uang Untuk Modal Usaha, Perhatikan Hal Berikut

Ikut berkecimpung di dunia usaha tidak akan jauh dari mencari modal, karena sebelum menjalani usaha anda harus punya modal terlebih dahulu. Untuk mendapatkan modalnya anda bisa menggunakan tabungan, patungan dengan teman atau mengunjungi momaju layanan pinjaman pribadi online di platform momaju. Namun sebelumnya, perhatikan hal-hal berikut:

pinjam uang online mudah terpercaya

Sebelum berhutang, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Berhati-hati menghitung budget usaha. Hitung dengan seksama dana yang tersedia sebelum mencari kebutuhan usaha. Tetap upayakan usaha dengan uang sendiri daripada berhutang.
  2. Sebagian besar perceraian di Indonesia berawal dari masalah ekonomi atau keuangan yang dialami keluarga muda (dibawah 5 tahun). Sehingga kondisi finansial rumah tangga yang sehat sudah menghilangkan 70 % masalah rumah tangga.
  3. Mereka yang gagal melunasi kewajibannya pada bank pasti masuk daftar hitam BI. Sekali masuk daftar maka akan kesulitan mengajukan kredit pemilikan rumah maupun kredit kendaraan bermotor.
  4. Batasan maksimal hutang yang aman adalah 30% dari pendapatan bersih. Makin kecil batasan utang tentu makin baik. Misal total pendapatan Rp 6 juta, maka beban hutang sebaiknya tidak lebih dari Rp 1,5 juta.
  5. Rata-rata bank punya produk kredit multiguna yang besarannya bervariasi tergantung dari kebijakan bank. Ada yang menawarkan kredit mulai dari Rp 25 juta sampai Rp 3 miliar. Jangka waktu pengembaliannya bisa disesuaikan dengan kemampuan nasabah, paling lama 10 tahun.
  6. Untuk biaya usaha, sebaiknya mengambil pinjaman yang tidak terlalu besar dengan jangka waktu yang pendek. Produk ini mensyaratkan agunan berupa mobil atau properti. Sebisa mungkin pinjaman diambil jauh-jauh hari dan lunas saat usaha berlangsung. Dengan demikian tidak ada tanggungan hutang
  7. Kredit tanpa Agunan (KTA): Produk ini paling praktis karena tidak mensyaratkan agunan. Batas pinjamannya lebih sedikit dari kredit multiguna tetapi bunganya lebih tinggi. Bank membatasi besaran pinjaman 3-5X penghasilan. Jenis pinjaman ini sebaiknya digunakan untuk keperluan yang mendadak karena proses pencairannya relatif cepat

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap