Resep Masakan Bersantan Yang Lezat

Santan adalah cairan atau sari yang keluar dari kelapa. Kelapa diparut terlebih dahulu lalu diberikan air kemudian diperas. Ada juga yang mengambil santan dari kelapa dengan memotong kelapanya kecil-kecil lalu diblender. Setelah itu disaring dan hanya diambil santan kelapanya. Santan kelapa yang bagus dan bisa dijadikan sebagai sayur adalah yang mengental. Santan kelapa namun kini juga tersedia dalam kemasan. Jadi anda tidak perlu repot memarut kelapa. Santan dalam kemasan tersebut juga kental. Santan dalam kemasan ada yang kental dan ada juga yang bubuk. Tergantung dari kebutuhan anda. Masakan yang menggunakan santan biasanya akan memiliki rasa gurih. Sehingga anda harus mencobanya. Berikut beberapa resep makanan khas suku minang yang bersantan lezat yang bisa anda coba di rumah.

Sayur Lodeh

Masakan yang bersantan pertama ini adalah sayur lodeh. Sayur lodeh ini memiliki warna kuah yang putih atau kuning. Kali ini kita akan membuat sayur lodeh yang memiliki kuah kuning. Bahan-bahan yang bisa anda siapkan adalah terong 1 buah, labu siam 1 buah, kol, jagung 1 buah, dan tempe. Untuk bumbunya anda bisa menyiapkan bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit, daun salam, dan lengkuas. Siapkan juga santan kelapa, minyak sayur dan garam.

Cara memasaknya pertama kali adalah dengan mencuci bersih semua sayurannya dan kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Untuk tempenya bisa dipotong menjadi potongan sedang dadu. Jagung juga dipotong menjadi bagian yang berukuran sedang. Selanjutnya anda haluskan bawang putih, kunyit, kemiri dan ketumbarnya. Setelah dihaluskan ditumis dengan sedikit minyak. Setelah itu tambahkan santan kelapa dan masukkan jagung. Kemudian masukkan semua sayur termasuk tempenya.

Gulai Ikan

Masakan bersantan selanjutnya yang wajib anda coba dan dijamin enak rasanya adalah gulai ikan. Gulai ikan ini memiliki rasa yang gurih dan juga pedas. Bahan-bahan yang harus anda siapkan adalah ikan tongkol 3 ekor, bawang putih 3 siung, bawang merah 2 siung, cabe merah keriting 10 siung, kunyit 1 ruas, kemiri 4 butir, jahe 1 ruas jari, daun salam 3 lembar, dan laos 1 ruas.

Cara pertama yang harus anda lakukan dalam memasak gulai ikan adalah membersihkan ikan tongkolnya lalu dipotong menjadi bebrapa bagian. Selanjutnya rendam ikan dahulu dengan jeruk nipis. Setelah itu beri garam juga sedikit saja. Setelah direndam selama 15 menit. Goreng ikannya hingga matang. Kemudian haluskan semua bumbu kecuali daun salam dan laos. Setelah itu tumis bumbu halusnya, daun salam dan laos. Setelah itu masukkan santan kelapanya. Beri garam dan penyedap rasa. Setelah mendidih, masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng tadi.

Ikan Mangut

Masakan bersantan selanjutnya yang juga enak dan berasal dari ikan adalah ikan mangut. Bedanya gulai ikan dan ikan mangut adalah dari cabenya. Jika gulai ikan, cabenya ikut dihaluskan. Maka ikan mangut, cabenya berbentuk butiran. Bahan-bahan yang harus anda siapkan dalam membuat ikan mangut adalah ikan nila 5 ekor berukuran sedang. Bumbunya siapkan bawang putih 4 siung, bawang merah 3 siung, ketumbar, kemiri, jahe, laos, daun salam dan garam. Selanjutnya siapkan juga cabe pedas sekitar 10 buah dan tomat segar 2 buah. Siapkan juga santan kelapa.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah haluskan semua bumbu kecuali daun salam dan laos. Setelah itu anda sisihkan dahulu. Kemudian anda baluri ikan nila dengan garam dan jeruk nipis. Selanjutnya goreng ikannya hingga kecoklatan. Setelah itu sisihkan dahulu ikannya. Bumbu yang sudah dihaluskan tadi anda tumis dahulu dengan sedikit minyak. Masukkan santan kelapanya. Setelah itu masukkan juga cabe dan tomat yang sudah dipotong. Beri penyedap rasa dan garam. Masukkan ikan nila yang sudah digoreng.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.