Pilihan Minuman Buka Puasa Yang Sehat Dan Nikmat

Bulan ramadan atau bulan puasa tinggal beberapa pekan lagi, sebagai seorang muslim tentunya akan bersukacita dalam menyambutnya bahkan di beberapa daerah punya tradisi tertentu dalam memeriahkan datangnya bulan ramadan. Namun ada yang sama, selalu ada cerita tentang apa yang akan jadi makanan dan minuman favorit saat berpuasa karena tiba-tiba saja akan banyak pasar ramadan yang menjual beraneka makanan dan minuman, belum lagi bertaburan resep makanan dan minuman buka puasa yang sehat dan nikmat di setiap beranda media sosial.

menu minuman buka puasa yang sehat dan segar

Okay, berhubungan dengan hal itu, maka tulisan ini akan memfokuskan pada menu buka puasa terutama minuman buka puasa yang sehat, segar, dan nikmat.

5 Minuman Buka Puasa Yang Sehat Dan Nikmat

Air Putih

Bukan bulan puasa pun, mengonsumsi air putih tentunya sangat dianjurkan, apalagi ketika bulan puasa, cairan tubuh berkurang setelah seharian berpuasa. Walau terasa hambar namun air putih adalah minuman yang tepat untuk melepaskan rasa haus. Air putih juga banyak memberikan manfaat bagi tubuh seperti: menjaga kesehatan ginjal, melancarkan fungsi usus, menambah energi pada otot, membuat kulit lebih sehat, serta membantu tubuh bekerja normal sesuai fungsinya. Minumlah segelas air putih saat berbuka puasa.

Jus Buah

Minuman ini tentunya menjadi sangat favorit disaat ramadan apalagi kalau cuaca sedang tidak bersahabat seperti panas dan lembab. Banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah naga, pisang, melon, apel bisa menjadi menu minuman buka puasa yang sehat sekaligus menyegarkan. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak menambahkan gula saat menjus. Alangkah baiknya gula diganti dengan madu atau gula rendah kalori sebagai pengganti pemanis.

Air Kelapa

Salah satu minuman yang tepat untuk mengganti elektrolit yang hilang setelah seharian berpuasa adalah air kelapa. Elektrolit sendiri berfungsi sebagai penyeimbang cairan agar tubuh terhindar dari bahaya dehidrasi. Selain mineral elektrolit, air kelapa juga mengandung begitu banyak mineral seperti natrium, kalsium, mangan, kalium, dan magnesium. Kalium yang terkandung di dalam air kepala bisa mengurangi risiko terkena kram, selain tu juga menjadi penyeimbang bagi elektrolit. Selain kaya akan mineral, air kelapa juga mengandung serat dan vitamin C sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi menu berbuka puasa yang sehat.

Infused Water

infused water atau air rendaman bisa menjadi salah satu pilihan minuman berbuka puasa yang sehat. Kalau biasanya air rendaman berisi potongan buah, cobalah sesekali mengggunakan kurma. Air rendaman berisi kurma biasanya disebut Air Nabeez. Air Nabeez ini merupakan minuman kesukaan Rasullullah SAW. Beliau biasanya merendam kurma atau kismis di dalam tempat tertutup selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu airnya akan langsung diminum dan kurma/kismisnya akan langsung ditelan karena sudah sangat lembut. Cara membuatnya sangat mudah:

  • Pilih kurma dalam jumlah ganjil, jangan lupa buang biji kurmanya;
  • Tuangkan air matang ke dalam wadah/cangkir;
  • Masukkan kurma dan carik-carik isi kurma;
  • Tutup wadah/cangkir dan diamkan antara 8-12 jam;
  • Setelah, silakan dinikmati.

Smoothies Buah

Walau mungkin seringkali salah membedakan antara jus dan smoothie namun dua minuman itu sama-sama bagus untuk kesehatan. Jus adalah minuman yang mengambil saripati buah sehingga berbentuk cair dan biasanya menggunakan alat bernama juicer atau blender yang setelah akan disaring sehingga menyisakan sarinya yang berbentuk cair, sedangkan smoothie diulah menggunakan blender tanpa disaring sehingga menjadi lebih padat dan berserat. Smoothie biasanya juga dicampur dengan es batu, susu, cokelat, yoghurt, gula, atau sirup sebagai tambahan dalam pengolahannya.

Itulah 5 minuman pilihan berbuka puasa yang bisa anda jadikan referensi menjelang bulan ramadan, sampai jumpa di tips lainnya.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.