Petunjuk Pelaksanaan Lomba Menulis Esai Tingkat SMP Tahun 2018

Salah satu instrumen untuk penumbuhan karakter atau budi pekerti, yaitu internalisasi budaya literasi. Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi adalah keberaksaraan, yaitu kemampuan membaca dan menulis. National Institute for Literacy (NIFL) mengemukakan literasi adalah kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat.

Aktivitas budaya literasi dapat dilakukan dalam beragam cara salah satunya adalah pembiasaan membaca dan kemudian dari hasil bacaan akan muncul keinginan untuk menulis karya. Melalui aktivitas menulis karya tulis, peserta didik dapat menuangkan gagasan kritis dari hasil pembacaan dan memacu peserta didik untuk terus berkarya (menulis) karena dengan menulis mereka memiliki pengetahuan. Selain itu, kegiatan Karya Tulis Siswa juga sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kedisiplinan, kerja keras, empati, kepercayaan diri, kreativitas, kejujuran, inovasi, intelektualitas, dan memperkuat jaringan silaturahmi antarsiswa, dan nilai-nilai karakter lainnya.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyadari pentingnya karya tulis siswa, maka merasa perlu untuk mengadakan Lomba Menulis Esai (LME), sebagaimana yang diamanahkan dalam Rakernas DWP pada Mei 2017. Kerjasama ini untuk memberi ruang kepada institusi lain untuk bersama- sama bekerjasama menumbuhkan dan memperkuat implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada peserta didik melalui bidang literasi.

Lomba Menulis Esai ini memberikan kesempatan kepada para peserta didik yang berbakat dan berminat di bidang literasi dapat meningkatkan pencapaian prestasi dengan mengirimkan karya tulisnya. Oleh karenanya, Direktorat Pembinaan SMP dipandang perlu memprogramkan kegiatan LME SMP tahun 2018 yang dilaksanakan langsung di tingkat nasional. Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan LME SMP tahun 2018 supaya terlaksana dengan baik, disusunlah Petunjuk Pelaksanaan LME SMP tahun 2018 sebagai acuan bagi sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk dapat mendorong para siswa dan para guru menggiatkan Gerakan Literasi Sekolah melalui karya tulis siswa.

Juklak Lme Smp 2018 by Isnaini Shaleh on Scribd


Petunjuk Pelaksanaan Lomba Menulis Esai (LME) Tingkat Sekolah Menengah Pertama tahun 2018 dapat diunduh dibawah ini:
juklak_lme_smp_2018.pdf

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap