Percaya Diri dengan Jas Pria Modern

Sandang, pangan, dan papan merupakan kebutuhan pokok manusia atau sering disebut dalam buku ekonomi sebagai kebutuhan primer. Dari tiga kebutuhan pokok itu, sandang yang sering diasosiasikan dengan perlindungan tubuh terutama pakaian, kini telah mengalami perkembangan sesuai jaman. Bahkan pakaian bukan hanya sekadar barang yang harus dimiliki tapi juga bagian dari strata sosial dan gaya hidup. Merk branded menjadi simbol kemewahan para pemakainya. Namun sebenarnya pakaian tetaplah sebuah pakaian yang fungsinya untuk melindungi diri. Terlepas dari merk, pakaian harusnya disesuaikan dengan situasi dan kondisi agar tetap terlihat stylish. Misalnya jas pria digunakan untuk acara formal, kaos oblong digunakan untuk sehari-hari.

sumber: thewedding.id

Berpakaian yang tepat dan sesuai itu penting dan lebih penting lagi adalah pakaian itu nyaman dipakai. Namun bagi sebagian pria kadangkala cukup dengan jeans dan kaos oblong maka itu sudah lebih dari cukup, tidak peduli acara apa yang dihadiri. Tetapi hal itu malah membuat citramu mungkin menjadi tidak baik di depan teman dan kolega. Selain itu juga, memakai jas pria yang tepat akan membuat anda tampil berwibawa dan berkharisma sehingga bisa membuat para wanita jatuh hati pada pandangan pertama.

Tentang Jas Pria Modern Masa Kini

Sebelum memilih untuk membeli jas ada beberapa hal yang perlu anda ketahui yaitu:

  • Jas berdasarkan jumlah kancing. Kancing jas dibagi dalam dua tipe: Single breasted, jumlah kancing tidak lebih dari 3 dan kini populer dipakai pria masa kini agar terlihat simpel namun berwibawa. Double breasted, jumlah kancing bertumpuk yang tidak lebih dari 6, biasa digunakan untuk menimbulkan kesan maskulin dan konservatif.
  • Vent atau potongan di belakang setelan formal. Beberapa jas mempunyai letak yang berbeda, tujuannya agar pergerakan badan lebih mudah sehingga jas tidak terlihat kaku saat banyak bergerak. Vent yang potongannya di tengah dinamakan single vent, vent yang terletak di kiri-kanan disebut double vent namun ada juga jas tanpa vent.
  • Saku jas pria formal ada lima model namun sedikit susah untuk dibedakan. Minimal mengenal model saku dengan tutup (flap) dan model saku tanpa tutup (jetted) itu sudah cukup aman

Model Jas Pria Sesuai Keperluan

Untuk keperluan berbeda atau acara formal tertentu ada banyak jenis dan model jas pria yang bisa digunakan agar nantinya tidak salah memakai jas. Berikut ada 6 jenis model jas pria yang harus kamu ketahui:

  1. Jas dengan satu garis kancing atau sering disebut Single breasted. Jas ini punya 3 model yaitu berkancing 1, berkancing 2 dan berkancing 3. Banyak pria memilih jenis jas ini karena menimbulkan kesan kasual namun tetap memberikan kharisma.
  2. Jas dengan dua garis kancing atau Double-breasted. Jas ini umumnya punya 4-6 kancing dan tidak memiliki vent. Jas ini sering juga disebut Italian style suit dan biasanya digunakan oleh mereka yang punya perawakan tinggi sehingga terlihat elegan.
  3. Dinner suit, pakaian ini termasuk cukup simple, cukup beri dasi kupu-kupu maka sudah terlihat menawan.
  4. Mandarin suit pada umumnya memiliki gaya mengancingkan semua kancingnya serta memakai nehru collar atau band collar sehingga memberikan kesan kurus serta tajam. Jas ini sangat elegan digunakan pada acara malam hari.
  5. Zoot suit merupakan jas yang berasal dari African Americans. Jas ini cukup unik namun tidak semua orang cocok untuk menggunakannya. Jadi, pikirkan beberapa kali sebelum memutuskan, jangan sampai kamu jadi penjahat fashion karena salah costum.
  6. Jas yang banyak menjadi andalan pria, Tuxedo. Pada acara resmi dan formal seperti karpet merah, pesta, ataupun saat pernikahan, toxedo banyak digunakan. Toxedo kebanyakan berwarna hitam dengan buntut di bagian belakang. Padukan dengan kemeja berkerah sayap dan dasi kupu-kupu untuk mendapatkan gaya yang maksimal.

Okay. Itulah beberapa informasi tentang jas pria modern, semoga bisa membuat kalian lebih percaya diri saat datang ke acara resmi dan formal. So, jangan salah pakai jas ya.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap