Penyebab Pakaian Berbau Tidak Sedap

Sering gak sih kalian udah nyuci capek ternyata baju yang udah dicuci malah berbau gak sedap. Ternyata ada beberapa penyebabnya loh baju bias berbau gak sedap.

pakaian bau tidak sedap
sumber: royalebysoklin.com

Mesin cuci tidak dibersihkan

Mesin cuci perlu dibersihkan. Jika tidak, akan menjadi lembab dan bisa menyebabkan munculnya jamur. Untuk mencegah pakaian bau, bersihkan dengan menggunakan pembersih. Selain itu juga menggunakan air hangat dan baking soda untuk membunuh bakteri. Untuk mengatasi jamur yang tumbuh berulang kali, pastikan mesin cuci dalam keadaan terbuka setelah tidak digunakan.

Pakaian yang dicuci terlalu banyak

Bagi pakaian menjadi dua bagian kecil agar benar-benar bersih saat dicuci. Selain itu, bagian mesin yang membersihkan pakaian akan bekerja dengan baik, dan deterjen pun benar-benar bekerja pada pakaian. Jika pakaian terlalu banyak di dalam tabung mesin cuci, pakaian tidak bisa bergerak dan tidak bisa bersih.

Deterjen terlalu banyak

Deterjen yang banyak bukan berarti akan membersihkan dengan baik. Terlalu banyak deterjen akan membuat lapisan busa yang menahan kotoran dan bakteri keluar dari pakaian. Jika ingin pakaian bebas dari kotoran, bau dan bakteri gunakan deterjen dalam jumlah yang wajar.

Tidak menggunakan pewangi pakaian

Pewangi pakaian bisa menambah aroma segar pada pakaian. Bener banget ini terbukti perbedaan saat aku mencuci tanpa pewangi dan dengan pewangi. Pakaian yang dicuci menggunakan pewangi tentunya punya aroma yang segar dan bebas bau apek. Apalagi aku pakai pewangi yang aromanya tahan lama dan aromanya mewah banget. Aku pakai pewangi royale by soklin yang bener-bener bikin pakaian harum sepanjang hari. Sekarang aku ga pernah lupa pakai pewangi saat mencuci.

Meninggalkan pakaian terlalu lama di dalam mesin cuci

Pakaian yang berada terlalu lama di dalam mesin cuci akan mengundang bakteri dan jamur berkembang. Triknya, gunakan alarm untuk mengingatkan agar memindahkan pakaian ke dalam pengering setelah di cuci. Jika lupa memindahkan pakaian sejak beberapa jam selesai dicuci, langsung atur mesin cuci dengan siklus bilas dengan air panas untuk mencegah bau.

Menyimpan pakaian tidak benar

Untuk menjaga aroma pakaian lebih lama bukan hanya dari cara mencuci, tapi juga dari cara menyimpannya. Terutama jika pakaian disimpan di dalam lemari yang sempit dan tidak berventilasi.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.