Pentingnya Perusahaan Menyediakan Manfaat Asuransi bagi Karyawan

Sebelum kita membahas pentingnya perusahaan menyediakan manfaat asuransi bagi karyawan, terlebih dahulu mari simak cerita berikut.

Toni adalah salah satu karyawan di perusahaan multinasional bidang kelautan. Ketika pertama kali melamar kerja di perusahaan ini dan melakukan negosiasi, dia agak terkejut dan merasa tidak terima ketika perusahaan mengatakan kalau dia wajib ikut asuransi melalui perusahaan.

Dia tidak tahu, dana yang nantinya dialokasikan untuk asuransi tersebut sebenarnya telah diperhitungkan dengan baik oleh perusahaan, bukan dipotong dari gajinya. Tapi karena memang sedang butuh pekerjaan, mau tak mau Toni menerima ketentuan ini.

Setelah melalui masa probation, akhirnya Toni dinyatakan sebagai pegawai tetap dan sudah mulai bisa menikmati berbagai manfaat asuransi yang telah dijanjikan. Walaupun dengan sedikit terpaksa, ia tetap menjalani pemeriksaan rutin kesehatan yang telah disediakan oleh perusahaan.

Ketika ia sakit, ia juga mendapatkan perawatan hingga sembuh. Karena kesehatan yang terjaga dengan baik produktivitas kerjanya pun meningkat dan akhirnya di tahun kedua bekerja di perusahaan tersebut dia mendapatkan promosi kenaikan jabatan.

Pentingnya Perusahaan Menyediakan Manfaat Asuransi bagi Karyawan

Dari cerita Toni bisa dilihat kalau sebenarnya benefit dari perusahaan menyediakan manfaat asuransi bagi karyawan sebenarnya tak saja dinikmati oleh karyawannya sendiri, tetapi juga dinikmati oleh perusahaan.

Asuransi yang disediakan oleh perusahaan ini pun sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap karyawan. Misalnya, untuk jabatan dengan risiko minimal maka cukup dengan asuransi kesehatan. Sementara untuk posisi jabatan dengan risiko kecelakaan tinggi, mungkin bisa ditambahkan dengan asuransi kecelakaan kerja.

Pilihan produk asuransi lainnya, masih banyak. Bahkan untuk posisi tertentu, perusahaan juga bisa menyediakan manfaat asuransi bagi karyawan sekaligus keluarganya, misalnya asuransi untuk melindungi keluarga karyawan dari sakit penyakit, biaya bersalin bagi istri karyawan, dan sebagainya.

Baca:  Cara Mudah Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Jika dirangkum lebih lanjut maka berikut adalah beberapa hal penting kenapa perusahaan perlu menyediakan manfaat asuransi bagi karyawannya, antara lain:

Karyawan yang Sehat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Coba baca kembali kisah Toni. Dengan menyediakan asuransi kesehatan sehingga karyawan mendapatkan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin, sekaligus menyediakan dana cadangan bagi karyawan ketika tertimpa musibah sakit, karyawan jadi termotivasi dalam bekerja. Tubuh yang sehat sudah jelas berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja. Karyawan yang produktif akan membantu perusahaan memperoleh keuntungan pula.

Menciptakan Kenyamanan dan Ketenangan dalam Bekerja bagi Karyawan.

Perusahaan yang menyediakan manfaat asuransi bagi karyawannya sudah jelas mengeluarkan dana lebih untuk membayarkan premi asuransi. Bagaimana mungkin hal ini malah memberi keuntungan bagi perusahaan?

Jika dicermati kembali dari awal tulisan ini sudah terlihat jelas, perusahaan memberi manfaat lebih dengan menyediakan asuransi, entah asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan kerja, atau produk asuransi lainnya, sebenarnya baik perusahaan maupun karyawan akan sama-sama menikmati hasil yang baik. Kenyamanan dalam bekerja karena terbebas dari rasa khawatir akan hal-hal tak terduga membuat karyawan bisa bekerja lebih fokus dan tetap bersemangat dalam bekerja.

Adanya rasa nyaman dan tenang dalam bekerja juga membuat karyawan jadi lebih loyal dan betah dalam bekerja. Bahkan bisa jadi mereka tak lagi memikirkan cari tambahan penghasilan lain karena toh semuanya telah disediakan oleh perusahaan, termasuk jaminan kesehatan dan keselamatan kerja melalui manfaat asuransi yang telah disediakan.

Meminimalkan Proses Bongkar Pasang Karyawan

Karyawan yang nyaman dan betah bekerja di suatu perusahaan akan meminimalkan proses bongkar pasang karyawan dan ini sudah pasti menguntungkan perusahaan. Untuk diketahui, proses rekrutmen dan seleksi karyawan baru jauh lebih banyak menghabiskan dana perusahaan dibandingkan kalau perusahaan mempertahankan karyawan yang sudah ada, yang sudah menguasai pekerjaannya. Melatih karyawan baru juga membutuhkan waktu, tenaga, bahkan dana lagi untuk pelatihan. Jadi, alangkah baiknya jika mulai sekarang perusahaan-perusahaan mulai memikirkan menyediakan manfaat asuransi bagi karyawan.

Baca:  Keuntungan Asuransi dalam Menanggulangi Kerugian

Kesejahteraan Karyawan Kesejahteraan Perusahaan

Karyawan yang sehat lahir dan batin, merasakan ketenangan dan kenyamanan dalam bekerja, lalu jadi makin produktif dan royal, sudah pasti akan merasa sejahtera pula. Karyawan yang sejahtera mampu memiliki hubungan yang baik antara sesama karyawan maupun dengan perusahaan. Pada akhirnya, perusahaan pun bisa sejahtera bahkan meraih target-target dan tujuan yang ingin dicapai.

Di kemudian hari, perusahaan yang beginilah yang nantinya akan menarik lebih banyak calon karyawan yang berpotensi. Bisa dibayangkan, akan jadi sebesar apa perusahaan yang jadi incaran para pekerja berkualitas di masa yang akan datang dan kesuksesan yang sebesar apa yang mampu dicapai.Pentingnya Perusahaan Menyediakan Manfaat Asuransi bagi Karyawan sudah banyak perusahaan yang menikmati hasilnya. Jika saat ini masih ada perusahaan yang belum menyediakan asuransi bagi karyawannya, mungkin bisa mulai dipertimbangkan dan diwujudkan dengan segera.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.