Pentingnya Manfaat Minyak Telon untuk Bayi

Bukan hanya menghangatkan, namun minyak telon juga memiliki berbagai macam manfaat. Inilah yang membuat para ibu mengoleskannya ke kulit bayi setelah mandi.

sumber: kalbestore.com

Minyak telon memiliki kandungan minyak alami seperti minyak adas, minyak kayu putih hingga minyak kelapa. Setiap kandungan minyak di dalam minyak telon pada dasarnya memberikan manfaat yang berbeda-beda.

Manfaat Minyak Telon

Minyak telon adalah salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang harus selalu tersedia. Berikut beberapa manfaat minyak telon untuk bayi:

  1. Minyak kayu putih. Kandungan yang berada di dalam minyak kayu putih memberikan sensasi hangat ketika dioleskan di kulit. Kandungan tersebut bukan hanya menghangatkan namun juga meredakan rasa gatal yang disebabkan karena gigitan nyamuk dan tungau.
  2. Minyak adas. Minyak adas yang berada di dalam minyak telon dapat meredakan sakit perut serta hidung meler. Bukan hanya itu, minyak adas memiliki kandungan senyawa antimikroba yang dipercaya dapat mencegah infeksi serta menghambat tumbuhnya jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.
  3. Minyak kelapa. Untuk minyak kelapa, kandungan yang berada di dalamnya berguna untuk melembabkan kulit, termasuk kulit bayi. Kandungan tersebut dapat membuat kulit bayi tehidrasi dengan baik, selain itu minyak kelapa dapat mengatasi gejala eksim yang ditandai adanya ruam. Minyak kelapa pun memiliki sifat antimikroba yang akan melindungi kulit dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi.

Cara Menggunakan Minyak Telon

Namun, bagaimana cara menggunakan minyak telon yang tepat? Sebelum Anda mengoleskan minyak ke kulit, lebih baik baca label kemasannya terlebih dahulu, di dalam label kemasan biasanya terdapat kandungan hingga tata cara penggunaan. Biasanya, orangtua malas membaca label kemasan karena dianggap sudah mengetahui betul isi yang berada di dalam label.

Padahal, di dalam label kemasan juga terdapat tanggal kadaluarsa. Penggunaan minyak telon yang telah kadaluarsa membuat risiko alergi menjadi semakin meningkat. Tak hanya itu manfaat dan efektivitas minyak telon menjadi menurun. Jika Anda sudah membaca label kemasan dengan baik, oleskan minyak telon sedikit demi sedikit ke kulit.

Baca:  8 Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 2 Bulan Yang Nikmat Dan Lezat

Anda dapat mengoleskan minyak di bagian kaki serta lengan sedikit, untuk mengetahui apakah bayi alergi pada minyak telon. Bila dalam waktu 24 jam sesudah minyak dioleskan kulit bayi mengalami peradangan dan kemerahan, lebih baik hentikan penggunaan minyak.

Pilihan Minyak Telon Berkualitas

Setelah mengetahui manfaat dan cara penggunaan, berikut beberapa rekomendasi minyak telon berkualitas yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan:

  • Minyak telon My Baby. Minyak ini memiliki manfaat meredakan kembung si kecil. My Baby merupakan salah satu merek minyak terbaik yang juga dapat meredakan demam dan pilek yang dialami si kecil. Memiliki kandungan charmomile serta minyak sereh, Anda tak perlu khaatir buah hati akan mengalami alergi. Untuk harga minyak ini di banderol mulai dari Rp 12 ribuan,
  • Minyak telon Huki. Memiliki harga mulai dari Rp 20 ribuan, minyak telon ini juga sangat bagus untuk si kecil. Huki bergunauntuk merawat kulit bayi sehingga tetap hangat. Tak hanya itu, aroma menenangkan dan bahan dasar alaminya membuat Huki menjadi lebih aman untuk berbagai macam jenis kulit bayi.
  • Minyak telon Cap Lang

Untuk bayi yang baru saja lahir, salah satu rekomendasi minyak telon yang bisa dijadikan pilihan adalah minyak telon Cap Lang. Minyak telon ini memiliki bahan dasar alami yang aman untuk anak. tak hanya itu, aroma yang dimilikinya juga sangat menenangkan, sehingga buah hati akan tenang seharian. Untuk masalah harga, minyak ini di banderol mulai dari Rp 5 ribuan untuk ukuran kecil.

Minyak telon Konicare

Bila perut buah hati mengalami kembung, Anda dapat menggunakan minyak telon Konicare. Merek minyak telon ini sangat direkomendasikan pada bayi karena memiliki khasiat menghilangkan kembung. Selain itu, minyak telon ini juga sering digunakan untuk menjauhkan bayi dari gigitan serangga dan nyamuk.

Baca:  Pilihan Minuman Buka Puasa Yang Sehat Dan Nikmat
Dari deretan minyak telon di atas, mana yang akan Anda jadikan sebagai pilihan? Pilih minyak telon yang sesuai dengan budget dan khasiat yang Anda ingini. Selain itu, hindari memberikan minyak telon secara berlebihan pada bayi.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.