Pengertian dan Jenis Karangan

sumber : Google.com

 

shaleholic.com – Bentuk karangan ada dua macam yaitu fiksi dan nonfiksi. Karangan fiksi berdasarkan cerita atau imajinasi dari pengarang. Biasanya terdapat pada novel, roman, dan cerpen. Karangan fiksi dipengaruhi oleh pandangan subjektif pengarang yang berusaha menghidupkan perasaan emosi pembaca. Bahasa yang digunakan bermakna kiasan atau bukan sebenarnya.

Contoh Karangan Fiksi :

Setiap pagi, saat mentari dipanggil kokok ayam, Widodo keluar dari gubuknya. Ia meninggalkan istri dan tiga anaknya, membawa plastik murahan berwarna hitam. Sudah seminggu ini, persediaan beras di rumah semakin menipis. Istrinya meratap, tetapi Widodo hanya mengatakan agar menunggu beberapa hari. “Aku akan pulang denga tas hitam ini penuh dengan uang puluhan ribu.” katanya.

(sumber : Cerita Pendek Indonesia 4, “Teks Jepang” karya Yasso Winarto)

Karangan nonfiksi berdasarkan fakta atau kenyataan yang terjadi dalam kehidupan. Biasanya karangan nonfiksi dipakai dalam makalah, skripsi, laporan, karya ilmiah. Karangan nonfiksi bersifat makna sebenarnya (denotasi) dan tidak bermakna ganda (ambigu).

Contoh Karangan Nonfiksi :

Batu bara adalah jawaban untuk alternatif energi masa depan Indonesia. Diperkirakan terdapat sumber daya batu bara sebanyak 36 miliar ton lebih. Penyebaran bahan baku hasil fosil tumbuhan yang membatu sejak 30 juta tahun lalu ini hampir merata di tanah air. Memang yang menjadi pulau utama adalah Sumatera dan Kalimantan, tetapi Sulawesi, Jawa, dan Irian jaya juga ada, walau tidak banyak.

(Dikutip dari Harian Kompas)

Jenis Karangan

  • Eksposisi

Karangan yang berisi penjelas tentang suatu topik denga tujuan memberi informasi tanpa harus menyimpulkan.

Contoh Karangan Eksposisi:

Persahabatan merupakan ikatan kasih sayang antarsesama, baik tua maupun muda. Arti persahabatan tidak hanya dimiliki insan manusia yang mempunyai hubungan pertemanan. Persahabatan tidak mengenal suku, agama, ras, dan adat-istiadat.

  • Argumentasi

Karangan yang berisi pendapat yang disertai dengan fakta atau alasan sehingga dapat dibuktikan kebenarannya.

Contoh Karangan Argumentasi:

Pencemaran apa pun bentuknya mempengaruhi kualitas hidup manusia. Pencemaran tersebut mengganggu kesehatan manusia akibat konsentrasi yang berlebihan dari pencemaran-pencemaran utama. Pencemaran lingkungan terjadi akibat pesatnya kegiatan industri. Akibat yang bisa dilihat adalah gangguan pernapasan, serangan jantung, dan darah tinggi.

  • Deskripsi

Karangan yang berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah merasa hal tersebut.

Contoh karangan Deskripsi:

Rumah itu dari kejauhan terlihat menyeramkan sekali. Apalagi jika dilihat dari dalam, sungguh memberikan kesan yang kurang terawat. Cat dindingnya kusam dan di sekelilingnya ditumbuhi rumput liar.

  • Persuasi

Karangan ini dapat mempengaruhi pembaca untuk berbuatu sesuatu yang disertai penjelasan dan fakta-fakta.

Contoh Karangan Persuasi:

Tujuan dari pemanfaatan energi panas bumi adalah untuk membangkitkan energi listrik. Energi panas bumi dapat digunakan langsung untuk kegiatan nonlistrik seperti pertanian, peternakan, pemanas ruangan atau pemandian air panas. Hal yang berbeda dengan minyak dan panas bumi yang merupakan sumber energi yang terbarukan. Oleh karena itu, manfaatkan penggunaan energi panas bumi dengan baik.

  • Narasi

Karangan yang berisi rangkaian peristiwa yang berkaitan sehingga membentuk alur cerita dan memiliki tokoh, peristiwa, konflik, dan penyelesaiannya.

Contoh Karangan Narasi:

Matahari sudah condong ke barat. Cahayanya mulai lembut, tersebar meliputi seluruh pegunungan yang membiru jernih. Pedagang-pedagang yang dalam perjalanannya ke Ambarawa ingin lekas-lekas sampai. Bagi pedagang-pedagang itu serba sulit, tertangkap di daerah Belanda mereka dianggap mata-mata Republik. Sudah ada juga yang dibunuh dibunuh oleh pasukan Republik karena disangka mata-mata Belanda.

sumber : Setyaningrum, Wulandari. 2011. Rangkuman Materi Bahasa Indonesia. Jogjakarta: Javalitera.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap