5 Panduan Membawa Bayi dan Balita Naik Pesawat

Perjalanan jarak jauh yang harus ditempuh dengan moda transportasi seperti pesawat tentu sangat melelahkan dan memerlukan persiapan khusus. Apalagi bagi keluarga yang berencana akan membawa anak usia dibawah lima tahun, tentunya persiapannya menjadi lebih khusus daripada persiapan orang dewasa.

Berikut ada 5 panduan membawa bayi dan balita naik pesawat agar terasa nyaman:

Car Seat

Ketika anda memesan tiket, jangan lupa untuk menginformasikan kepada pihak maskapai bahwa nanti akan membawa bayi/balita agar mereka bisa mempersiapkan segala kebutuhan bayi/balita, salah satunya adalah memasang car seat. Namun jangan lupa, pastikan bahwa fasilitas itu tersedia oleh maskapai yang anda pilih.

Tas dan Popok Bayi

Jangan lupa untuk menaruh dompet dan popok dalam satu tas serta tidak lupa  keperluan bayi lainnya karena itu akan menjadi penyelamat anda saat di pesawat. Tas tersebut haruslah mudah dibawa karena akan dibawa naik ke kabin pesawat.

Stroller

Bawalah stroller untuk perjalanan jauh karena nantinya bisa digunakan saat di bandara maupun di tempat tujuan nantinya. Membawa stroller ini agar anda bisa terhindar dari rasa kelelahan menggendong yang nantinya membuat tubuh pegal. Pilihlah stroller yang praktis dan mudah seperti stroller kecil pasang-lipat sehingga bisa disimpan di laci kabin.

Cek Ketentuan

Sebelum anda membawa stroller ataupun barang lainnya yang berhubungan dengan bayi/balita pastikan terlebih dahulu maskapai yang anda pilih mengizinkan anda membawa barang tersebut. Karena itu, anda harus memastikan segalanya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pada umumnya maskapai selalu memprioritaskan ibu dan bayi, sehingga dipersilakan untuk masuh terlebih dahulu agar bisa mengatur tempat duduk.

Gendongan Bayi

Jika stroller tidak diperbolehkan untuk dibawa maka gendongan bayi bisa dijadikan pilihan alternatif. Anda bisa menggunakan gendongan bayi selama diperjalanan baik saat menuju pesawat maupun ketika sudah di pesawat.

Itulah 5 Panduan Membawa Bayi dan Balita Naik Pesawat, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang akan bepergian. Semoga selamat saat pergi dan pulang.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.