Panduan Ke Geopark Ciletuh Naik Transportasi Umum

Jawa Barat seakan tidak pernah kehabisan destinasi tempat wisata baru. Kali ini wilayah sukabumi yang menjadi ikonnya bahkan tempat wisata baru ini sudah diakui dunia. Geopark Ciletuh itulah nama destinasi wisata baru yang sedang hits dan viral di media sosial. Area seluas 126.100 hektar ini banyak menyimpan keindahan alam mulai pantai, air terjun, perbukitan, ladang dan banyak objek lainnya. Untuk menuju ke Geopark Ciletuh ada banyak jalan kesana dan salah satu favorit adalah melalui Ciemas. Dari Jakarta dan Bogor bisa menggunakan kendaraan umum seperti ojek, bus, kereta hingga elf. Jarak tempuh antara 4-6 jam tergantung kendaraan  dan kondisi jalan. Berikut seranai berikan Panduan Ke Geopark Ciletuh Naik Kendaraan Umum.

Panduan Ke Geopark Ciletuh Dari Jakarta

Bagi anda dari Jakarta bisa langsung ke menuju Bogor dengan naik kereta listrik ataupun miniarta menuju terminal baranangsiang. Bagi yang naik bus baik AC maupun patas bisa langsung ke Sukabumi. Ada banyak pilihan bus ekonomi, seperti Langgeng Jaya dari Terminal Kampung Rambutan-Sukabumi dengan tarif Rp 25.000, dari pukul 05.30-17.00 WIB. Ada juga bus Tunggal Daya dari Terminal Pulogadung ke Sukabumi, pukul 02.30-13.00 WIB, dan dari Kali Deres ke Sukabumi, pukul 06.00-15.00 WIB, Rp 25.000 – Rp 28.000. Bagi yang ingin menggunakan kelas bus patas AC, ada pilihan Parung Indah rute Jakarta Lebak Bulus ke Sukabumi, Rp 30.000. Bus ini beroperasi pukul 05.00-17.00 WIB.

Panduan Ke Geopark Ciletuh Dari Bogor

Dari bogor anda bisa menggunakan moda transportasi Bus baik AC maupun PATAS dari terminal Baranangsiang, Bogor. Untuk bus VIP AC seperti Bus MGI bisa langsung menuju terminal pelabuhan ratu, sukabumi. Harga bus patas AC dijual dari harga 45ribu-50ribu. Dari terminal Pelabuhan Ratu, bisa langsung naik elf tujuan Ciletuh, harganya sekitar 35ribu. Kekurangannya hanya ada 3-4 kali sehari dan pemberangkatan terakhir jam 14.00. Setelah memasuki Ciletuh, harus turun lagi menuju Ciwaru. Gunakan transportasi ojek untuk menuju Geopark, biayanya kisaran 20ribu-25ribu.

Selain moda transportasi bus, anda bisa juga menggunakan moda transportasi kereta api. Pilihlah kereta api Pangrango dari stasiun Paledang, Bogor tujuan Sukabumi. Ada tiga kali pemberangkatan sehari yaitu jam 07.50, 13.10, dan 18.30 dengan rata-rata tiket kisaran 20ribu-50ribu. Setelah sampai di terminal Sukabumi ataupun Terminal Lembursitu bisa melanjutkan kembali menggunakan moda elf tujuan Ciletuh seperti opsi pertama.

Semoga Panduan Ke Geopark Ciletuh Naik Kendaraan Umum ini bisa membantu anda menikmati liburan yang menyenangkan. Selamat bersenang-senang.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.