5 Objek Wisata Anak Bernilai Edukasi Yang Keren Dan Menyenangkan

Libur telah tiba…libur telah tiba…Hore hore hore… Hatiku gembiraaaa!”

Lirik lagu di atas yang dinyanyikan oleh Tasya sepertinya sangat pas dengan kondisi saat ini. Ya, menjelang akhir tahun seperti sekarang, memang masanya libur anak sekolah. Sebagian orang tua sudah ada yang merencanakan perjalanan wisata anak untuk mengisi waktu liburan dan tentu saja sebagai salah satu cara refreshing yang menyenangkan.

sumber: tribunnews.com

Nah, bagi anda yang juga ingin pergi berwisata namun masih bingung mau pergi kemana, coba deh simak beberapa objek wisata menarik di bawah ini, semuanya bernilai edukasi dan baik untuk pengetahuan anak-anak lho…! Ada apa aja sih? Yuk intip.

Lirik lagu di atas yang dinyanyikan oleh Tasya sepertinya sangat pas dengan kondisi saat ini. Ya, menjelang akhir tahun seperti sekarang, memang masanya libur anak sekolah. Sebagian orang tua sudah ada yang merencanakan perjalanan wisata anak untuk mengisi waktu liburan dan tentu saja sebagai salah satu cara refreshing yang menyenangkan. Nah, bagi anda yang juga ingin pergi berwisata namun masih bingung mau pergi kemana, coba deh simak beberapa objek wisata menarik di bawah ini, semuanya bernilai edukasi dan baik untuk pengetahuan anak-anak lho…! Ada apa aja sih? Yuk intip.

1.  Planetarium Jakarta

Bagi anda yang berada di Jakarta dan malas pergi wisata jauh ke luar kota, bisa memilih untuk mengajak keluarga ke tempat wisata anak yang bagus dan menyenangkan seperti Planetarium Jakarta. Lokasinya berada di Jl. Cikini Raya No.73, Menteng Jakarta Pusat. Buka dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Seperti namanya, Planetarium memang sebuah tempat yang berisi tentang berbagai hal mengenai luar angkasa seperti planet, bintang, matahari dan lainnya. Planetarium Jakarta merupakan salah satu dari 3 tempat simulasi langit yang ada di Indonesia. Bagi yang hendak berkunjung ke sini, ada baiknya untuk mendaftar dan mengecek jadwal terlebih dahulu karena tidak setiap waktu pertunjukan dilakukan.

Baca:  Catat! Khusus 25 Juni 2018, Masuk Ancol Gratis

2.  Taman Pintar Yogyakarta

Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pelajar kian digambarkan jelas oleh pemerintah setempat dengan dibangunnya Taman Pintar. Ada banyak fasilitas yang tersedianya disini, mulai dari fasilitas penunjang belajar, food court, ruang kesehatan, mushola, pusat informasi dan lainnya. Taman ini dibagi menjadi beberapa bagian yang dikelompokkan sesuai zona. Jadi, pengunjung yang datang bisa menyesuaikan zona yang hendak dikunjungi sesuai usia dan tingkat pendidikan. Banyak para siswa yang datang ke Taman Pintar untuk berwisata sambil mengenal berbagai jenis ilmu pengetahuan. Tidak salah rasanya jika Taman Pintar dijadikan sebagai wisata anak favorit yang ada di kota Jogja.

3.  Kampung Inggris Pare

Mengisi liburan dengan belajar Bahasa Inggris? Why not?! Hal ini bisa dilakukan dengan menyenangkan jika belajarnya di Kampung Inggris Pare. Selama beberapa tahun terakhir, nama Kampung Inggris Pare memang kian terkenal, semakin banyak saja orang yang datang kesini untuk belajar atau memperdalam kemampuan Bahasa Inggrisnya. Hampir semua fasilitas tersedia, mulai tempat menginap, ruang belajar yang nyaman, tempat parkir, tempat ibadah dan masih banyak lagi lainnya tersedia disini, sehingga setiap pengunjung yang datang bisa merasa nyaman dan fokus belajar. Bagi yang ingin belajar secara intensif, dapat menginap di lokasi. Paket kursus bahasa tersedia dalam berbagai macam, ada yang lamanya 2 minggu, 1 bulan hingga 6 bulan. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan.

4.  Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Melihat langsung aneka jenis satwa memang menarik dan bisa dijadikan wisata anak unik lainnya saat sedang mengisi waktu liburan. Salah satu tempat yang memiliki banyak koleksi hewan adalah Kebun Binatang Ragunan. Sambil jalan-jalan, orang tua bisa menjelaskan kepada anak nama-nama binatang yang dilihat. Ini bisa jadi sebagai cara belajar yang menyenangkan. Usai melihat satwa, pengunjung bisa melanjutkan kegiatan wisata dengan menonton film dokumenter yang ada di Pusat Primata Schumtzer, kegiatan ini akan semakin menambah pengetahuan khususnya soal hewan primata.

Baca:  Berikut Ini Beberapa Hotel Termurah Di Lembang Yang Bisa Dikunjungi

5.  Taman Bunga Begonia Lembang

Objek wisata untuk anak-anak lainnya yang tidak kalah menyenangkan adalah Taman Bunga Begonia Lembang yang ada di kota Bandung. Nuansa alam terbuka yang dipenuhi dengan aneka bunga indah serta penataan yang rapi, membuat taman ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Sambil menyaksikan aneka rupa bunga, pengunjung bisa puas berfoto selfie ataupun memotret bunga yang sedang mekar. Ada beragam kegiatan wisata yang dapat dilakukan ketika berada di Taman Bunga Begonia Lembang yaitu belajar menanam yang benar, cara memupuk yang baik, perawatan tanaman dan mengenal aneka jenis tanaman. Untuk bisa masuk ke area taman, pengunjung diharuskan membeli tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp 10.000,- per orang. Taman Bunga Begonia Lembang dibuka mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Jalur menuju taman terbilang nyaman dan mudah diakses, kendaraan beroda empat hingga bus bisa masuk ke lokasi parkir yang tersedia.

Nah, itu tadi 5 tempat wisata anak yang bisa anda pilih dan jadikan sebagai salah satu tujuan wisata untuk mengisi waktu liburan. Tentunya, selain yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah keren. Jika anda merasa informasi dalam artikel ini menarik dan bermanfaat untuk orang lain, jangan segan untuk membagikannya. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah meluangkan waktu membaca hingga tuntas. Salam!

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.