7 Menu Masakan Harian Yang Nikmat, Murah Dan Praktis

Sebagai seorang ibu rumah tangga, salah satu tugas harian yang pasti dilakukan adalah menyiapkan hidangan atau sarapan untuk keluarga. Terkadang, ada masanya seorang ibu rumah tangga merasa bingung mau memasak menu apa. Sebenarnya, ada banyak menu masakan harian yang bisa dipilih seperti yang akan saya bahas pada artikel ini. Bahan-bahan untuk membuat masakan ini tidaklah terlalu mahal sehingga cocok untuk dibuat menu sehat yang nikmat namun hemat.

menu masakan harian

Nah, sebagai insipirasi bagi anda yang sering memasak untuk keluarga di rumah, mari simak beberapa menu harian berikut ini:

Capcay

Menu yang satu ini kaya akan sayur-mayur namun rasanya lezat dan mudah dalam penyajian. Untuk membuat menu capcay, sediakan sayuran berupa daun kol, wortel, sawi, brokoli, jagung muda, tomat, sosis/baso dan irisan daging ayam. Bumbu yang digunakan untuk membuat cita rasa capcay semakin nikmat yaitu bawang putih, bawang bombai, gula, garam, penyedap rasa dan saus tiram. Sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil kemudian ditumis pada minyak panas dalam wajan, tentunya sebelum itu panaskan terlebih dahulu bumbu. Menu harian capcay bagus dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa karena mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Tumis Pare

Bagi yang suka pare, bisa mengolahnya menjadi tumis pare yang nikmat. Rasa pare yang pahit memang membuat sebagian orang tidak menyukainya, namun rasa pahit ini bisa diatasi dengan cara merendam potongan pare ke dalam air panas sebelum ditumis. Diamkan selama 20-30 menit agar rasa pahitnya berkurang. Selama menunggu, siapkan bumbu untuk membuat menu tumis pare, siapkan bawang merah & putih, cabe besar, gula, garam, merica dan kecap. Panaskan sedikit minyak pada wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, goreng hingga setengah matang, lalu masukkan irisan pare. Tumis hingga matang lalu sajikan.

Udang Goreng Tepung

Ingin sajian lauk yang praktis dan kriuk-kriuk? Coba bikin udang goreng tepung yuk! Caranya sangat mudah, bersihkan udang, lalu siapkan tepung bumbu goreng yang sudah jadi. Masukkan udang ke dalam tepung lalu goreng dalam minyak panas. Udang goreng tepung paling sedap disantap bersama cocolan saos yang pedas.

Jamur Pedas

Menu masakan harian lainnya yang patut dicoba adalah jamur pedas. Siapkan jamur yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil, bisa menambahkan bakso atau sosis sebagai bahan campuran tumisan. Sediakan bumbu berupa bawang merah, cabe, merica, gula dan garam. Panaskan terlebih dahulu bawang merah yang sudah diiris/dihaluskan, tunggu hingga setengah matang lalu masukkan irisan jamur dan bakso, kemudian tambahkan bumbu penyedap seperti gula, garam, merica dan juga cabe. Jika tidak suka pedas, bisa mengganti cabe dengan saos tomat atau kecap agar rasanya semakin nikmat.

Perkedel Kentang

Membuat perkedel kentang bisa jadi tambahan dalam menu harian yang dibuat agar nafsu makan semakin meningkat. Cara membuatnya, terlebih dahulu kukus kentang yang sudah dikupas dan dibersihkan. Setelah itu haluskan kentang dan tambahkan bumbu berupa garam, merica, irisan daun sop. Bisa juga menambahkan dengan irisan wortel. Agar adonan kentang mudah dibentuk dan tidak hancur saat digoreng, tambahkan telur pada adonan, aduk hingga tercampur rata. Bentuk adonan menjadi bulat lonjong, lalu goreng hingga matang.

Tumis Kulit Cempedak

Tidak banyak yang tahu, jika kulit cempedak bisa dibuat menjadi menu masakan harian yang nikmat, terlebih jika sedang musim cempedak, tentunya sayang jika kulitnya dibuang begitu saja. Olahan kulit cempedak ini merupakan salah satu makanan khas dari Kalimantan Selatan yang biasa disebut dengan “mandai”. Untuk membuat mandai ini tergolong mudah, kulit cempedak yang sudah dibuang kulit luarnya dan dibersihkan, direndam terlebih dahulu dalam air garam selama beberapa hari. Setelah itu, potong kecil-kecil. Siapkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe besar, tomat, gula dan garam. Bawang, cabe dan tomat diiris kemudian panaskan dalam minyak panas, lalu masukkan potongan kulit cempedak tadi, kemudian tumis hingga matang. Jangan lupa tambahkan gula dan garam sesuai selera. Rasa kulit cempedak yang empuk hampir mirip dengan daging. Orang Banjar banyak yang menyukai tumisan mandai ini dan sering disantap bersama nasi panas.

Tahu Telor

Bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba untuk membuat menu dari telur namun dengan cara kombinasi. Ya, kombinasikan telur dengan irisan tahu dan tambahan bumbu seperti irisan bawang merah, cabe, daun sop, merica dan garam. Caranya hampir sama dengan membuat telur dadar, hanya bahannya saja yang lebih banyak. Menu tahu telor ini bisa jadi lauk makan pagi atau malam karena rasanya yang nikmat dan juga praktis. Cocok bagi anda yang sudah keburu lapar dan ingin segera makan.

Semoga 7 menu masakan harian diatas tadi bisa jadi sumber inspirasi lainnya bagi anda yang sering memasak. Selamat mencoba!

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.