Mengenal Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Salah satu masalah rambut yang sering dihadapi wanita selain ketombe adalah rambut rontok. Rambut rontok bisa disebabkan banyak hal mulai dari masalah psikis seperti stres karena pekerjaan, keluarga, ataupun lainnya, bisa juga karena penyakit, kecelakaan, efek samping obat, penurunan berat badan yang signifikan, dan lainnya.

rambut rontok

Namun pada dasarnya ada sekitar 50 sampai 100 helai rambut per hari yang luluh dari kepala tapi hal itu masih dalam kategori wajar karena pertumbuhan rambut baru juga akan lebih cepat dan menggantikan rambut rontok tersebut. Tetapi ketika rambut rontok disertai dengan terganggu atau terhentinya pertumbuhan rambut maka kepala akan kehilangan mahkotanya, baik itu sementara maupun permanen.

Beberapa Jenis Masalah Rambut Rontok

Rambut rontok atau bisa disebut juga alopesia. Pada umumnya rambut rontok punya beberapa jenis umum seperti kebotakan yang disebabkan oleh kerontokan permanen (kebotakan berpola); luruh satu persatu atau tumpang tindih di bekas botak yang melingkar (Alopesia areata); Karena stres, rambut akan mengalami kerontokan namun segera pulih ketika hal itu teratasi (Telogen Efluvium); Menghilangnya rambut secara tidak wajar pada masa anagen (pertama) dalam siklus pertumbuhan rambut.

Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Rambut rontok kadang kala tidak memerlukan perawatan maupun pengobatan khusus karena rambut bisa kembali tebal karena pertumbuhan rambut baru yang cepat sehingga dalam beberapa bulan, rambut kembali normal seperti biasa. Namun dalam beberapa kasus rambut rontok berlebihan memang memerlukan pengobatan dan perawatan. Untuk mengetahui penyebab atau kenapa rambut bisa rontok berlebihan ada baiknya dikonsultasikan kepada dokter kulit agar bisa didiagnosa secara tepat penyebabnya.

Mencegah Rambut Rontok Berlebihan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rambut rontok tidak berlebih, diantaranya: mengurangi atau membatasi penggunaan alat pemanas saat penataan rambut serta penggunaan zat kimia -seperti saat rebonding, smoothing, mewarnai rambut, dan lainnya- hal itu tentu agar rambut tidak mudah cepat rusak. Bisa menggunakan sampo bayi ketika ingin mencuci rambut.

Tanaman Alami Untuk Membantu Memperbaiki Rambut Rontok

Kalau dirasa rambut mulai mengalami kerontokan, ada beberapa tanaman herbal/alami yang bisa digunakan untuk membantu memperbaiki rambut rontok:

Daun Jelatang

Daun ini dianggap bisa membantu masalah kerontokan, caranya dengan merendam daun tersebut selama beberapa menit di air hangat kemudian dibilaskan ke rambut dan kulit kepala.

Daun Bunga Rosemary

Membantu melancarkan sirkulasi darah adalah salah satu manfaat dari daun bunga rosemary. Menyeduh beberapa helai daun bunga rosemary kemudian meminumnya bisa membantu mengatasi rambut rontok akibat kurangnya sirkulasi darah namun minum teh daun rosemary ini tidak dianjurkan bagi wanita hamil.

Daun Sage

Salah satu tanaman yang dipercaya dalam mengatasi rambut rontok, caranya adalah keringkan daun sage, kemudian ambil sekitar/sebanyak satu sendok makan, rebus bersama 1liter air mendidih, dinginkan, baru kemudian bilaskan pada rambut.

Bunga Chamomile

Gunakan sekitar 6-7 helai bunga chamomile yang sudah berwarna kekuningan, kemudian rendam di air hangat yang sudah mulai didinginkan selama 20 menit. Air rendamannya itu digunakan sebagai bilasan atau untuk mencuci rambut. Setelah menggunakan air tersebut, tidak perlu dibilas denga air lagi, bisa langsung dikeringkan dengan handuk.

Itulah beberapa jenis herbal alami yang bisa membantu mengatasi rambut rontok namun sekali lagi, herbal-herbal tersebut memang secara alami efektif untuk rambut rontok namun pemakaiannya terbatas terutama untuk ibu hamil. Pastikan untuk memilih penggunaan herbal hanya untuk permukaan luar saja seperti menjadi air bilasan keramas bukan yang diminum.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.