Mengenal Anti Virus Lokal (PCMAV, SMADAV dan ARTAV)

Baiklah kita akan mencoba mengenal 3 anti virus lokal yang bagi sebagian orang lumayan sukses dalam membasmi virus.

Baiklah kita mulai saja dari PC MAV, dalam site resminya yang beralamat www.virusindonesia.com disana dijelaskan apa itu PC MAV, berikut kutipan yang saya ambil dari site tersebut :

PC Media Antivirus (PCMAV) merupakan satu-satunya antivirus di dunia yang mengandung formula dan teknologi khusus yang unik dan tangguh untuk mengatasi virus komputer yang menyebar luas di Indonesia, baik jenis lokal maupun mancanegara (asing), secara akurat dan tuntas hingga pulih 100%.

Berbeda dengan antivirus sejenis, setiap virus yang ada di database PCMAV masing-masing memiliki removal engine-nya sendiri, sehingga virus dapat dibasmi dan dibersihkan secara tuntas hingga ke “akar-akarnya” tanpa kompromi! Removal engine ini juga dirancang untuk bekerja secara hati-hati dan dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi, tujuannya agar sistem/file/dokumen penting Anda yang terserang virus dapat dipulihkan secara sempurna tanpa khawatir risiko kehilangan atau kerusakan pada file/sistem. Silahkan buktikan sendiri keampuhan removal engine PCMAV dengan antivirus yang biasa Anda gunakan.

Selain menggunakan engine antivirus-nya sendiri, PCMAV juga dapat menggunakan engine dari ClamAV sebagai plug-in untuk memperkuat hasil pendeteksian hingga 700.000 virus lebih. Tim engineer PCMAV pun secara meyakinkan berhasil menemukan dan mengembangkan sendiri berbagai teknologi antivirus baru nan-handal untuk mengatasi dan menjaga sistem Anda dari gangguan virus komputer.

Dikembangkan secara intensif oleh PC Media, majalah komputer terbesar dan terlaris di Indonesia, serta didukung luasnya jaringan distribusi Pinpoint Publications, PCMAV telah dipercaya oleh ratusan ribu komputer pembaca setia dan pecinta majalah PC Media di nusantara. Ini belum termasuk pengguna yang mempercayai PCMAV di luar pembaca PC Media yang bebas menggunakan PCMAV, yang kami duga jumlahnya mencapai jutaan komputer di Indonesia.

Jadi, mulai sekarang, percayakan selalu penanganan virus, worm maupun trojan yang menyerang komputer Anda hanya kepada PCMAV. Dapatkan versi terbarunya hanya di majalah PC Media edisi terbaru, terbit tiap bulan.

Dari sini kita tahu bahwa PC Media Anti Virus (PC MAV) adalah antivirus yang berasal dari sebuah majalah komputer. Dan antivirus ini sendiri hanya ada satu pilihan yaitu Free dan tidak ada yang Pro, yang artinya anti virus ini hanya punya versi gratis dan tak punya versi berbayar. Cocok dengan karakter yang masih suka gratisan, :D. Informasi lebih lanjut silakan klik link ini www.virusindonesia.com

Baca:  Young carers are sacrificing ambitions to look after

Selanjutnya kita bahas SMADAV. Dalam blog resminya di www.viruslokal.com dan disana dijelaskan apa itu SMADAV, berikut kutipannya :

SMADAV adalah Antivirus Lokal Indonesia yang memfokuskan proteksi dan pembersihan tuntas untuk virus-virus lokal yang menyebarluas di Indonesia. Pengguna Smadav (Smadaver) se-Indonesia diperkirakan sudah mencapai 800.000 komputer. Dan ada lebih dari 100.000 user yang terdaftar sebagai Smadaver di Facebook.

Smadav dibuat dengan tujuan untuk membersihkan dan melindungi komputer Anda dari virus-virus lokal yang banyak menyebar di Indonesia. Kalau Anda sering berinternet atau sering meng-install program-program baru, Anda tetap sangat disarankan untuk menggabungkan Smadav dengan Antivirus Impor (misalnya yang gratis adalah Avira, AVG, atau Avast, dan yang berbayar adalah Kasperksy, Norton, atau NOD32). Smadav bisa bekerjasama dengan hampir semua antivirus impor sehingga komputer Anda benar-benar terlindungi dari infeksi virus lokal maupun virus asing (global).

Berbeda dengan PC MAV, Smadav punya dua versi yaitu Smadav Free dan Smadav Pro. Sebagaimana sebuah produk, maka biasanya yang gratisan tentu banyak kekurangan daripada yang berbayar begitu juga smadav. Namun jangan berkecil hati karena smadav free sendiri sudah lumayan untuk mengatasi virus dan lebih baik lagi kalau digabungkan dengan antivirus asing sedangkan Smadav Pro sendiri punya kelebihan yaitu Update Otomatis Online, Scanning 10x Lebih Cepat, Exception List, Maximize/Resize, Mengganti Warna Tema, Bahasa Indonesia/Inggris, Password Admin, dan Izin Penggunaan Profit. Dan sebenarnya untuk mendapatkan smadav pro lumayan mudah, anda cukup memberikan donasi saja pada sang empunya smadav. Nilai donasi sendiri tak ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik link ini www.smadav.net atau www.viruslokal.com

Dan terakhir kita akan mengenal ARTAV. Jujur, saya baru kenal ini anti virus sejak baca sebuah berita online. Disana dijelaskan kalau ARTAV ternyata karya seorang anak sekolah yaitu Arrival Dwi Sentosa. Dalam blog resminya di www.artav-antivirus.com, tidak dijelaskan mengenai apa itu ARTAV namun yang jelas disana hanya ada semacam sebuah tulisan tersirat bahwa ARTAV punya dua versi seperti halnya SMADAV namun secara tidak langsung. Di Artav, ketika kita sudah melakukan donasi, maka kita sebagai donatur mempunyai hak untuk meminta 3 fitur tambahan selain fitur yang ada di versi gratisannya. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik link ini www.artav-antivirus.com

Baca:  Mewaspadai Ebola di Negara-Negara Terjangkit

Demikan perkenalan antivirus lokal yang katanya lumayan bagus untuk membasmi virus. namun sebelum saya mengakhiri ini tulisan, setelah saya baca kembali ternyata ketiga antivirus ini punya satu kesamaan yaitu punya akhiran AV :D. Dan sebelum ini benar-benar ditutup, saya bisa katakan saya belum pernah coba ketiga antivirus tersebut. 😀 tidak mau jalan di komputer saya.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.