Menambahkan Font Windows di Open Office

Sebenarnya ini bukanlah cerita baru dan hampir semua pengguna linux tahu bagaimana cara memasang fonts windows di open office namun karena saya adalah pengguna baru maka ini adalah hal terbaik yang pernah saya coba.

Saya menggunakan BlankOn 5 Nanggar (walaupun BlankOn 6 Ombilin udah keluar tapi saya belum berminat upgrade, nunggu versi resminya aja) dan karena banyak tugas saya mengharuskan bahwa fonts resmi untuk semua surat masuk dan surat keluar adalah  Arial maka ketika migrasi ke BlankOn, saya bingung sendiri. Kenapa, karena ketika migrasi dari Jendela ke Linux, saya sudah meneguhkan hati bahwa saya akan mendukung open source sepenuh hati, jadi tak ada dual boot dalam komputer saya.

Kesana kemari mencari bagaimana caranya menambah fonts windows ke open office dan rata-rata infonya hampir menggunakan perintah terminal dan memerlukan koneksi internet padahal saya termasuk fakir dalam hal koneksi internet.

Di tengah keputusasaan saya mengenai bagaimana cara menambah fonts windows ke open office, saya ingat bahwa saya pernah baca postingan di sebuah blog namun saya lupa alamatnya karena waktu itu hanya sekilas saja karena rasanya tulisannya tidak membahas masalah font jadi saya hanya sekedarnya saja membaca tanpa memikirkan bahwa ternyata itu berguna. (lupa juga secara jelas isinya cuma ingat beri tanda [titik] didepan folder yang direname maka akan bisa dibaca langsung oleh linux, *kira-kira begitu tulisannya*. Maaf bagi yang punya tulisan kalau saya salah]

Akhirnya, saya putuskan untuk mencobanya dan langkah yang pertama dilakukan ialah Mengkopi fonts windows dan menyimpannya di USB Drive [fonts windows biasanya terletak c :/windows/fonts] setelah dikopi di USB Drive pindahkan ke Komputer linux anda dan letakkan folder fonts windows tersebut di home/user/ [saya meletakkannya disana]. Setelah font windows itu diletakkan disana maka renamelah fonts tersebut dengan nama [titik]fonts atau .fonts.

Baca:  Maafkan Aku Teman...

Setelah semua itu selesai, keluarlah dan lihatlah fonts open office anda. Insya Allah udah ada fonts windows.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.