Menabung untuk Berqurban Bisa dengan Cara Mudah Berikut Ini!

Saat hari raya Idul Adha, sudah menjadi hal yang biasa bagi umat muslim di dunia untuk merayakannya. Adapun salah satu hal penting yang harus dilakukan saat hari raya Idul Adha adalah menyembelih hewan qurban dan dibagikan ke warga yang membutuhkan. Sapi dan kambing biasanya dijadikan hewan untuk berkurban. Untuk kambing, harga 1 ekornya rata-rata masih terjangkau di kisaran antara Rp 1 – 5 juta, tergantung dari beratnya. Sedangkan untuk hewan kurban berupa sapi bisa di atas harga Rp 10 jutaan ke atas.

Bagi Anda yang berencana ikut berkurban saat nanti hari raya Idul Adha, sebaiknya lakukan persiapan dana dari sekarang. Terutama jika Anda memiliki penghasilan yang pas-pasan. Anda bisa mulai menabung atau mengumpulkan dana dari sekarang agar saat hari kurban tiba, sudah bisa dibelikan hewan kurban yang Anda inginkan. Agar uang tabungan bisa terkumpul, berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda praktekkan, yaitu:

1. Buat rekening tabungan baru.

Cara ini bertujuan agar dana yang dikumpulkan tidak terambil untuk kebutuhan lain. Sehingga rekening baru ini nantinya memang fokus untuk menyimpan tabungan kurban saja. Dengan konsep tabungan qurban yang demikian, diharapkan dana cepat terkumpul.

2. Mencicil setiap bulan.

Anda bisa mencicil tabungan atau dana kurban dengan selalu menyisihkan sebagian dari pendapatan tiap bulannya. Pilih produk tabungan di bank yang mengharuskan menabung secara rutin, seperti produk iB multiguna dari Bank Syariah Bukopin. Dimana untuk produk tabungan ini ada fitur auto debet, sehingga cocok bagi Anda yang mengalami kesulitan menabung secara rutin.

3. Ikut arisan kurban.

Jika di tempat Anda ada yang mengadakan arisan kurban ataupun tabungan masjid untuk qurban mempermudah berkurban, tidak ada salahnya jika ini menjadi solusi.

Berkurban bisa menjadi salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Agar bisa berkurban, berbagai cara yang sudah dishare tadi semoga bisa membantu Anda dalam mengumpulkan tabungan untuk berkurban.

Author: shaleh
Seorang #Father #Teacher #Reader #ContentWriter | Bagian Dari Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.