Memilah Pinjaman Online Aman dan Tepercaya

Pandemik tidak hanya menciptakan krisis kesehatan namun juga krisis ekonomi. Hal itu terjadi karena banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan, perusahaan yang berhenti beroperasi, serta aktivitas ekonomi lainnya yang melambat. Di tengah badai ekonomi ini, masalah keuangan dalam rumah tangga bisa menjadi salah satu faktor yang krusial dalam mempertahankannya.

sumber foto: tunaiku.com

Walaupun kita memiliki dana yang cukup untuk menghadapi krisis ini namun sering juga tiba-tiba ada pengeluaran diluar perhitungan dan bila tidak disikapi dengan baik akan membuat kita salah melangkah. Pengeluaran tiba-tiba itu kadangkala bisa membuat kita kebingungan bagaimana harus menyikapinya. Dana yang tersedia hanya cukup untuk ini dan itu, kalau digunakan maka bisa membuat kita semakin sulit. Ketika menghadapi situasi seperti itu, salah satu yang pasti terbersit adalah meminjam uang, baik kepada keluarga, kolega, atau bank namun meminjam kepada keluarga dan kolega tentu dirasa sulit karena sama-sama menghadapi krisis, meminjam di bank akan terbayang begitu banyak administrasi yang harus dilakukan. Salah satu alternatif adalah melakukan pinjaman online. Namun meminjam dana secara online memang perlu kehati-hatian, jangan sampai terjebak pada pinjaman online bodong yang ujung-ujungnya hanya membuat peminjam laksana buronan yang masuk daftar pencarian orang.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk meminjam online, diantaranya:

Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK

Sebelum melakukan peminjaman maka pastikan dahulu bahwa aplikasi tersebut terdaftar di OJK, hal ini tidak lain untuk melindungi konsumen sendiri dari hal-hal yang tidak diharapkan di kemudian hari. Untuk mengetahui legalitas aplikasi pinjaman online, konsumen dan masyarakat dapat menyampaikan permintaan informasi atau pengaduan kepada OJK melalui sarana yang meliputi :

  1. Surat Tertulis Surat tertulis tersebut ditujukan kepada :
    Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan
    Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen
    Menara Radius Prawiro, Lantai 2
    Komplek Perkantoran Bank Indonesia
    Jl. MH. Thamrin No. 2
    Jakarta Pusat 10350
  2. Telepon Telepon : 157
    Jam operasional : Senin – Jumat, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Kecuali Hari Libur)
  3. Email Permintaan informasi dan pengaduan dapat disampaikan melalui email dengan alamat : konsumen@ojk.go.id
  4. Form Pengaduan Online Konsumen atau masyarakat dapat mengirimkan pengaduan melalui form elektronik yang tersedia pada alamat
    http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan

Transparan

Selain terdaftar di OJK, ketransparanan juga menjadi salah satu rujukan. Baik itu transparan secara fisik maupun nonfisik. Secara fisik mulai dari alamat kantor dan karyawan sedangkan nonfisik mulai dari alamat website, email, nomor telepon yang bisa dihubungi. Selain itu transparan dalam informasi juga sangat penting seperti hak dan kewajiban konsumen agar konsumen terhindar dari hal yang tidak diharapkan di kemudian hari.

***

Sebenarnya selain dua hal diatas tentu masih banyak lagi hal yang harus ditelisik informasinya namun dua hal itu sudah cukup untuk meyakinkan diri tentang legal atau ilegalnya suatu aplikasi peminjaman online.

***

Dari sekian banyak peminjaman online tentunya kita harus bisa memilih dan memilah. Namun berdasarkan kriteria tersebut maka ada salah satu pinjaman online yang memenuhi hal itu, yaitu Tunaiku.

Tunaiku

Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991. Selain di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya.

Tunaiku juga menawarkan syarat dan pengajuan lebih mudah dibanding layanan KTA tradisional yang biasanya membutuhkan agunan serta banyak dokumen saat proses pengajuan KTA online maupun offline. Di Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan
tanpa kartu kredit, serta proses pengajuan KTA yang hanya bermodalkan KTP dan 10 menit waktu Anda untuk pengisian formulir.

Untuk fleksibilitas, Tunaiku juga cukup berbeda dengan fintech lain yang ada di Indonesia karena menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek.

***

Namun terlepas dari penjelasan di atas, tidak ada yang salah dengan meminjam secara online tapi kebijaksanaan konsumen tetaplah menjadi tolok ukur dalam menyikapi keuangan. Pilih dan pilahlah sesuai keperluan, jangan terburu-buru agar tidak merepotkan di kemudian hari.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.