Melindungi Bisnis Secara Efektif Dengan Broker Asuransi

Selain fokus pada target bisnis, perusahaan juga perlu memperhatikan risiko yang dihadapi dan berpotensi dapat mengganggu upaya dalam pencapaian target bisnis perusahaan. Selain itu, risiko juga bisa mengganggu jalannya bisnis yang berdampak pada menurunnya kepercayaan publik dan pelanggan pada perusahaan dan berujung pada kebangkrutan.

Salah satu contoh kasus yang terjadi adalah bangkrutnya Seven Eleven di Indonesia. Meski sempat menjadi salah satu waralaba paling ramai di Indonesia, Seven Eleven terpaksa tutup pada tahun 2017 silam. Kesalahan strategi bisnis ditambah risiko persaingan usaha yang ketat membuat Seven Eleven gagal di Indonesia. Hal inilah yang membuat perlindungan terhadap bisnis sangat diperlukan dan asuransi bisa menjadi salah satu opsi untuk melindungi bisnis perusahaan.

Manfaat Asuransi Bisnis

Hingga saat ini, penetrasi asuransi di Indonesia masih tergolong rendah. Pada tahun 2016 silam, rasio penetrasi asuransi di Indonesia hanya mencapai 2,8% terhadap total GDP Indonesia. Rasio tersebut jauh dibawah Malaysia (4%) dan Singapura (7%).

Tidak hanya di tingkat individu, di tingkat perusahaan pun belum banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan asuransi untuk melindungi bisnisnya. Padahal, asuransi sempat menyelamatkan beberapa perusahaan dunia seperti Goldman Sachs, JP Morgan dan Mitsubishi UFJ dari krisis Subprime Mortgage tahun 2008 silam.

Peran broker asuransi dalam melindungi bisnis

Asuransi bisnis bisa memberikan manfaat yang besar dalam melindungi bisnis perusahaan dari risiko kerugian secara finansial. Namun, membeli asuransi bisnis juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan mengingat Anda perlu melakukan serangkaian analisa atau bisa disebut proses manajemen risiko terlebih dahulu untuk menentukan produk asuransi bisnis yang tepat sebagai salah satu cara.

Broker asuransi merupakan korporasi yang hadir dan berperan dalam membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan paket asuransi yang sesuai kebutuhan. Broker asuransi akan berperan menjadi konsultan yang melakukan proses manajemen risiko bisnis berupa identifikasi risiko, penilaian risiko hingga memberikan rekomendasi paket asuransi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Proses inilah yang akan sangat membantu perusahaan Anda dan menjadi nilai plus jika membeli produk asuransi dari broker asuransi.

Baca:  Sebelum Meminjam Uang Untuk Modal Usaha, Perhatikan Hal Berikut

Perbandingan antara broker dan agen asuransi

Baik agen asuransi maupun broker asuransi tentu memberikan pelayanan terbaik kepada perusahaan Anda untuk menemukan produk asuransi terbaik.

Agen asuransi merupakan pihak yang menawarkan asuransi kepada perusahaan. Biasanya, agen asuransi berafiliasi dengan perusahaan asuransi tertentu dan menawarkan produk asuransi dari perusahaan tersebut. Selain itu, agen asuransi juga tidak melakukan serangkaian proses penilaian risiko terlebih dahulu seperti halnya broker asuransi. Dari segi kemudahan, broker asuransi dapat memberikan nilai unggul dibandingkan agen asuransi karena proses pencarian paket asuransi akan dilakukan oleh pihak broker dan disesuaikan oleh risiko yang telah dianalisa sebelumnya. Di sisi lain, broker juga memberikan varian produk asuransi yang lebih beragam dibanding agen asuransi. Sehingga, Anda bisa memilih produk asuransi bisnis terbaik untuk melindungi bisnis yang dijalankan perusahaan.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.