Manfaat Lampu LED pada Sepeda Motor

Teknologi LED atau Light Emitting Diode akhir-akhir ini mulai banyak diaplikasikan oleh produsen sepeda motor pada bagian lampu utama. Lampu LED sendiri dipilih karena mempunyai banyak keunggulan dibandingkan bohlam halogen konvensional.

Lampu LED sendiri merupakan diode pancaran cahaya yang tersusun menjadi sebuah lampu. Jenis lampu ini terbuat dari bahan semikonduktor yang masih satu keluarga dengan dioda.

lampu led sepeda motor yamaha
sumber: yamaha-motor.co.id

Penggunaan Lampu LED juga diterapkan di beberapa varian terbaru pabrikan Yamaha, termasuk Yamaha Freego. Tentu ada banyak hal yang mendasari alasan digunakannya lampu jenis ini. Berikut ini akan dijelaskan beberapa keunggulan Lampu LED ketika digunakan pada bagian lampu utama sepeda motor.

Lebih Awet atau Tahan Lama

Lampu utama merupakan salah satu komponen sparepart sepeda motor yang biasanya sering rusak dan perlu penggantian. Untuk dapat meningkatkan daya tahan dan keawetan dari komponen ini, maka pabrikan motor bergeser ke jenis LED. Ketahanan lampu ini disebabkan karena pemakaian daya yang kecil sehingga dapat memperpanjang usia pakai lampu.

Selain itu juga, faktor penyebab lampu LED bisa lebih awet dan tahan lama adalah dalam hal pengontrolan suhu. Lampu tidak akan mengalami overheat meskipun dihidupkan dalam durasi lama.

Tahan Guncangan

Lampu LED merupakan komponen elektronik solid state, sehingga membuatnya tahan terhadap guncangan. Dimensi juga cukup kecil sehingga praktis dari sisi penempatan karena tidak memerlukan ruangan yang besar.

Intensitas Cahaya Lebih Terang

Kelebihan lampu LED pada motor selanjutnya adalah intensitas cahaya yang lebih terang jika dibandingkan dengan lampu bohlam konvensional maupun lampu halogen. Selain itu, lampu LED mempunyai daya penyinaran yang lebih panjang. Pancarannya juga stabil karena tidak mengikuti putaran mesin dan bisa dinyalakan sejak motor diputar kunci kontaknya ke posisi “ON”.

Baca:  Mengenal Virus Penyebab Radang tenggorokan

Lebih Fokus

Selain lebih terang, sinar cahaya yang dipancarkan oleh lampu LED lebih fokus. Hal ini menjadi salah satu poin penting dalam berkendara roda dua, terutama saat malam hari.

Objek yang Disinari Berwarna Lebih Realistis

Karena sinar LED berwarna terang dan netral, warna yang dipancarkan seperti sinar matahari pada siang hari. Jadi jika terkena suatu objek, maka warna yang dihasilkan akan realistis seperti warna sebenarnya. Hal ini sangat berbeda dengan bohlam konvensional yang warnanya lebih ke warna filamen kekuning-kuningan.

Lebih Efisien

Salah satu yang menjadi dasar diciptakan lampu LED pada motor adalah berkaitan dengan efisiensi daya yang digunakan. Efisiensi lampu LED bisa dibilang lebih tinggi karena membutuhkan daya yang kecil dari segi konsumsi listrik yang dibutuhkan.

Dengan tingkat efisiensi daya yang tinggi, membuat lampu LED lebih hemat daya serta tidak memberikan beban daya dari aki maupun sistem kelistrikan motor. Keunggulan lampu LED semakin terasa ketika diberlakukan aturan penggunaan lampu pada sepeda motor pada saat ini harus dinyalakan sepanjang berkendara.

Hemat dan Tidak Membutuhkan Maintenance

Karena usia pakainya yang lebih panjang dibandingkan sistem awet dibandingkan dengan lampu bohlam biasa pada motor, maka lampu LED menjadi sangat hemat karena tidak sering membutuhkan penggantian. Ongkos perawatan pada bagian komponen lampu pun bisa menjadi efisien.

Menggunakan lampu LED juga menjadikan tampilan motor menjadi terlihat stylish serta keren seperti motor Yamaha Freego. Meskipun tidak memerlukan perawatan yang rumit, sebaiknya pengecekan tetap dilakukan saat servis rutin untuk memastikan kinerjanya. Dengan demikian, penggunaan lampu LED tidak hanya memberikan kesan estetika saja tetapi juga fungsi dan kualitas penerangan juga menjadi sangat baik. Simak juga motor varian yamaha dengan kualitas lampu LED terbaik disini.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.