Makna Perjalanan Bersejarah Nabi Muhammad 27 Rajab dalam Kehidupan Modern

Isra mi ’raj merupakan perjalanan bersejarah yang dilakukan oleh nabi Muhammad untuk mendapatkan wahyu dari Allah SWT. Peristiwa ini diperingati pada tanggal 27 rajab. Dibalik dari perjalanan suci yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, ada banyak sejarah yang dapat Anda ketahui sekaligus ada makna isra mi ’raj yang dapat untuk Anda ketahui sebagai panutan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

isra miraj

Berikut ini makna dari perjalanan isra mi ‘raj yang dapat untuk Anda ketahui, khususnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut:

  1. Allah mengajarkan kepada umatnya untuk menjalankan ibadah salat 5 waktu dalam sehari. Dengan demikian, maka perjalanan nabi Muhammad dalam mendapatkan wahyu berharap agar umat islam selalu mengingat Allah dengan menjalankan salat 5 waktu dalam sehari.
  2. Isra’ memiliki arti sebagai perjalanan pada waktu malam hari dan memiliki arti sebagai pencarian. Hal ini berarti proses pencarian yang dapat melepaskan diri dari kegelapan dalam hidup. Sehingga umat muslim diharapkan untuk menghadapi kehidupannya yang gelap dengan selalu mengingat Allah.
  3. Peristiwa Miraj yang ada di dalam surat an-Najm memiliki istilah meninggi atau naik. Artinya umat manusia, khususnya umat muslim diharapkan untuk bisa naik perangkat, khususnya perihal spiritualitas maupun kecerdasan. Terutama dalam kecerdasan beragama.
  4. Melalui peristiwa perjalanan Nabi tersebut, manusia diharapkan untuk bisa meningkatkan derajat agar bisa mencapai suatu usaha terlebih dahulu. Sedangkan tanpa pencarian, maka seseorang tidak aka menemukan apa yang diharapkannya. Melalui pencarian inilah yang mana Allah akan meningkatkan dan membantu umatnya dalam mencapai apa yang diinginkannya.
  5. Dimana saja kita berada, kita selalu diharapkan untuk mengingat Allah dan selalu bersujud dengan sungguh-sungguh.

Itulah makna dari isra mi ‘raj yang harus diamalkan oleh manusia dalam menjalani hidupnya agar kehidupannya dapat berjalan dengan sebaik mungkin. Terlebih lagi perkembangan zaman yang ada untuk sekarang ini sering kali menjadi orang lebih mengejar dunia. Sedangkan perkembangan zaman yang tidak akan pernah ada habisnya yaitu dunia otomotif yang terus menerus menghadirkan mobil baru seperti New terios.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.