Makhluk itu bernama Speedy

Internet sekarang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari, tidak peduli ia muda atau tua. Apalagi sekarang lagi boomingnya blog dan friendster. Banyak dari mereka mulai mengurangi jatah uang jajan hanya demi bermain internet. Bagi yang mampu mungkin bisa bermain internet di rumah namun bagi yang uangnya pas-pasan terpaksa main di warnet.
Untuk bermain internet diperlukan sebuah layanan broadband yang berkecepatan tinggi dan PT. Telkom telah merespon itu dengan meluncurkan sebuah produk layanan broadband pada akhir Juli 2004 yang diberi nama SPEEDY. Pada awal kemunculan, speedy dipersepsikan sebagai layanan akses internet kecepatan tinggi, karena ketersediaan bandwidth internasioanal yang masih longgar. Dengan semakin banyaknya pemakai speedy sehingga secara perlahan kecepatannya berkurang. Speedy akhirnya mendekati bentuk yang seutuhnya yang tepat sebagai akses internet rumahan dengan kecepatan puncak pada kondisi link kosong dan mencapai kecepatan standart saat pemakaian puncak bersama.
Demi meningkatkan pelayanannya, speedy memperkenalkan beberapa layanan mulai dari speedy personal, speedy profesional, speedy warnet dan speedy office dan ada layanan terbaru yaitu speedy personal dengan harga lumayan murah yaitu sekitar Rp.200.000.- dengan penggunaan hingga 1 GB perbulan. Saat ini layanan speedy telah mencakup 61 kota di Indonesia dengan pelanggan hingga akhir tahun 2007 mencapai angka sekitar 241.000.
Namun setiap sesuatu pasti ada kekurangan begitu juga dengan speedy. Begitu banyak forum dan blog yang “menghina” speedy dengan cacian karena sering putus dan lambatnya dalam browsing. Memang saya juga pernah merasakan itu ketika masih di kampus. Bagaimana menderitanya ketika lagi serius mengerjakan tugas di internet tiba-tiba jaringan putus. Namun itu hanya sesekali dan tidak mengganggu secara keseluruhan.
Namun harus disadari bahwa PT. Telkom telah berusaha untuk menanggulangi itu dengan berbagai cara diantaranya adalah dengan layanan akses Speedy dengan kecepatan hingga 1 Mbps. Selain meningkatkan kecepatan maksimum dari yang semula 384/64 Kbps menjadi 1024/128 Kbps. Pada tahun 2008 PT. Telkom juga akan menbangun 1,3 Juta Satuan Sambungan Layanan (SSL) speedy serta menganggarkan dana sekitar Rp. 800 miliar untuk pengembangan broadband speedy. Semoga dengan pemberian layanan tersebut akan mengurangi keluhan dari berbagai pihak yang menggunakan speedy. Semoga speedy terus memberikan pelayanan yang terbaik.
Tertanda :

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

7 Comments

Add a Comment
  1. Aku malah pindah dari speedy ke fast net.. gara2 dulu speedy suka error…

  2. jangan pina musti ja situ menang jua lo….

  3. sudah lama kah speedy jadi makhluk yang baik hati?

  4. wow… berarti semakin lancar dunk berselancar di dunia maya… aku juga pakai speedy nih

  5. Kantorku juga pake speedy.. en pernah down sampe 2 minggu lebih gak bisa dipakai… tp krn murah hehehe tetep setia deh sm speedy. Tp belakangan ini udah baik lagi en kecepatan downloadnya juga makin ok..

  6. “speedy” berarti “cepat”….kalo nantinya masih sering ngadat juga berarti harus diganti jadi “slowly” wakakakak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.