7 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Agar Tetap Kuat Dan Mudah Sakit

Menjalani masa kehamilan pertama adalah momen yang tidak terlupakan bagi saya. Bagaimana tidak?! Pada masa ini, berbagai hal unik dan tidak biasa saya alami seperti perasaan mual, ingin muntah, tidak bisa mencium aroma tajam, perasaan yang lebih sensitif, emosi yang tidak stabil dan sebagainya. Namun, dari semua hal yang terjadi, masalah sulit makan karena faktor mual adalah yang paling mengganggu. Masa dimana seharusnya banyak diisi dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda justru sebaliknya, jangankan untuk bisa makan enak, untuk minum air putih saja tidak bisa.

makanan sehat untuk ibu hamil muda

Untunglah mual dan muntah yang memang lumrah terjadi pada awal kehamilan hanya berjalan sekitar 2 bulan saja. Memasuki usia kehamilan 4 bulan, nafsu makan kembali normal bahkan meningkat, mual dan muntah juga semakin berkurang. Untuk menjaga perkembangan janin dalam perut agar tetap sehat dan normal, saya memilih untuk memaksimalkannya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda yang bisa membantu perkembangan janin:

1.       Susu

Untuk kebutuhan kalsium dalam tubuh dan juga pada janin, saya tidak lupa untuk mengkonsumsi susu selama masa kehamilan. Untunglah saat ini sudah banyak susu khusus ibu hamil yang bisa didapatkan dengan mudah di toko atau supermarket sehingga ibu hamil tidak perlu repot lagi ketika hendak membeli. Terkadang, sebagai selingan, saya mengkonsumsi susu kedelai. Tidak hanya kalsium, pada susu juga terdapat kandungan lain yang tidak kalah baik untuk tubuh, seperti vitamin, zat besi, magnesium dan lainnya.

2.       Kurma

Salah satu buah terbaik yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil muda adalah kurma. Mengapa kurma? selain karena kandungan gulanya yang dapat berperan sebagai tambahan energi, kurma juga mengandung banyak zat yang sangat baik bagi perkembangan janin, sebut saja asam folat yang bermanfaat untuk mencegah bayi terlahir cacat. Bagi ibu hamil yang mengalami sembelit atau susah BAB, kurma juga dapat membantu mengatasi masalah ini karena kandungan seratnya yang tinggi. Rutin mengkonsumsi buah kurma 2-3 biji sehari pastinya akan memberikan dampak positif bagi ibu hamil dan juga janin. Jika kesulitan mendapatkan buah kurma, anda bisa membeli sari kurma siap minum yang banyak dijual dipasaran saat ini.

3.       Sayur Dan Buah

Sayur dan buah-buahan sudah pasti termasuk dalam kategori makanan sehat untuk ibu hamil muda yang tidak boleh dilupakan. Namun, perlu diperhatikan saat memilih sayur dan buah yang hendak dimakan, sebaiknya pilih yang segar, bersih dan bebas dari pestisida. Ada banyak jenis menu olahan sayur yang bisa dibuat untuk meningkatkan nafsu makan ibu hamil. Untuk buah, selain langsung disantap, biasanya saya sering mengolahnya dalam bentuk jus atau salad agar tidak cepat bosan dan sebagai variasi. Kandungan mineral, vitamin dan air pada buah akan menjaga kondisi ibu hamil tetap fit dan kuat selama masa kehamilan.

4.       Ikan

Untuk kebutuhan protein hewani, saya memilih untuk mengkonsumsi ikan. Dari beberapa sumber, jenis ikan salmon disebut-sebut bagus untuk ibu hamil dan masuk dalam makanan sehat untuk ibu hamil muda karena selain mengandung protein, juga tinggi omega-3 yang sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Jenis ikan salmon memang agak sulit ditemukan, namun jika beruntung dan bisa mencicipi ikan salmon saat hamil, tidak ada salahnya untuk mencoba. Siapa tahu anaknya kelak jadi pintar, betul tidak?!

5.       Nasi, Gandum Dan Ubi

Agar ibu hamil tetap kuat dan tidak mudah lemas, pastinya harus menjaga asupan makanan. Untuk mengatasi rasa lapar dan memenuhi energi dalam tubuh, penuhi kebutuhan karbohidrat dengan makanan seperti nasi, gandum dan ubi. Mengkonsumsi nasi tentu sudah biasa, apalagi untuk sebagian besar orang Indonesia. Jika merasa bosan dengan nasi, bisa menggantinya dengan panganan berbahan dasar gandum seperti sereal. Bisa juga mengkonsumsi ubi disela-sela jam lapar, jenis ubi madu atau ubi ungu cukup nikmat dan sehat dimakan oleh ibu hamil.

6.       Madu

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda, saya melengkapi kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh dengan minum madu. Siapa sih yang tidak kenal dengan khasiat madu? Madu yang manis rasanya ini, tidak hanya nikmat diminum tetapi juga efektif dalam pencegahan dan penyembuhan berbagai penyakit. Madu yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat berperan sebagai bahan penambah tenaga dan juga meningkatkan antibodi agar tidak mudah sakit.

7.       Telur

Makanan yang mengandung protein tidak harus berasal dari daging-dagingan, tetapi juga bisa terdapat dalam telur. Jika ingin mendapatkan asupan protein yang tinggi dari telur, bisa memilih untuk mengkonsumsi telur puyuh, meski bentuknya kecil, tapi jangan salah! Telur puyuh terbukti memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap