6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 7 Bulan Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Diantara pembaca sekalian, siapa yang saat ini tengah hamil atau mengandung? Apakah anda salah satu diantaranya? Saya sendiri, sudah pernah merasakan bagaimana rasanya hamil. Jadi, dalam artikel ini saya akan sedikit berbagi kisah tentang apa saja makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan yang dulu pernah saya konsumsi saat hamil. Ini hanya sekedar berbagi informasi kepada pembaca, syukur-sykur jika ada sesuatu bermanfaat yang bisa diambil.

makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan

Nah, langsung saja ya akan saya bahas makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan apa saja yang dulu pernah saya makan, mulai dari awal kehamilan sampai menjelang kelahiran.

 

1. Susu Kedelai

Ini berawal dari saran pak suami (Baca: paksu) yang sejak tahu saya hamil, sudah ribut soal bagaimana caranya supaya punya anak yang badannya putih. Iseng saya cari-cari info di internet perihal makanan yang bisa bikin bayi putih. Nah salah satunya adalah susu kedelai. Alhasil, pas dikasih tahu tentang ini, paksu jadi rajin beliin susu kedelai. Untunglah saya cukup suka dengan susu jenis ini, lumayan juga buat selingan di kala bosan dengan susu khusus ibu hamil. Menurut saya, jika memang ingin mengkonsumsi susu kedelai, akan lebih baik membeli susu kedelai segar dari pembuatnya langsung dibandingkan dengan susu kedelai kemasan karena dikhawatirkan adanya bahan pengawet. Ini cuma saran lho yaa…!

2. Mangga

Entah kenapa, diantara sekian jenis buah yang banyak mengandung vitamin C, saya lebih suka dengan mangga dibandingkan dengan buah lain. Padahal, saat saya hamil dulu, lagi ga musim mangga. Jadinya agak susah mencarinya, eh sekali ada yang jual harganya lumayan mahal. Tapi ga papa lah yaa…demi ibu hamil. Ngomong-ngomong soal manfaat mangga bagi ibu hamil, selain mengandung vitamin C yang tinggi, mangga juga bermanfaat untuk organ pencernaan dan juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil yang lagi sariawan. Mangga manis paling nikmat disantap langsung ataupun dibikin jus dingin yang segar.

3. Delima

Program bikin bayi putih masih berlanjut… setelah sukses membuat saya minum susu kedelai, paksu menyarankan untuk makan buah delima. Katanya sih buah delima juga bisa bikin bayi putih. Okelah…! tapi yang jadi masalah, di tempat saya jarang ada buah delima. Well, sempat bingung gimana caranya supaya bisa dapat buah delima. Tapi emang rejeki ibu hamil, pas paksu jalan-jalan ke supermarket, ada yang jual buah delima merah. Pulang ke rumah, udah bawa buah delima aja 2 biji. Iseng tanya harga delimanya berapa, pas dijawab ternyata lumayan mahal. Kalo ga salah, harga 2 biji buah delima merah 150 ribu. Isi buah delimanya banyak banget, sampai-sampai saya capek ngabisin setengah delima, bijinya kan lumayan tuh kecil-kecil. Rasanya enak, asem dan segar.

4. Kacang Almond

Salah satu jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang jadi favorit saya saat hamil hingga sekarang pas sudah jadi busui (Ibu menyusui). Yup, kacang almond! Memang ga sering sih makannya, cuma sempat beberapa kali, itupun dikasih tetangga yang baru datang dari umroh. Rasa kacang almond yang gurih, renyah dan sedikit agak manis membuat saya suka. Katanya nih, kacang almond juga bisa bikin bayi jadi cerdas, wah pas tahu tentang ini jadi makin sukalah saya sama si almond ini. Terlepas dari berbagai kabar yang belum tentu benar tentang manfaat kacang almond, yang pasti kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang tinggi sehingga bagus untuk meningkatkan antibodi dan juga kesehatan kulit.

5. Sari Kurma

Menjelang usia kehamilan 8 bulan, kadar HB dalam darah saya cukup rendah. Ibu bidan sempat memperingatkan agar menstabilkan HB saya. Saat itu kadar HB saya sekitar 9, padahal normalnya 12. Risiko jika HB rendah saat melahirkan adalah terjadinya pendarahan. Saya yang saat itu baru pertama kali hamil, jadi was-was. Masalahnya, saya udah eneg banget minum vitamin dan tablet tambah darah dari bidan. Akhirnya cari cara lain supaya bisa menaikkan HB, salah satunya dengan minum sari kurma dan madu vitamin. Syukurlah, selang 1 minggu setelah minum sari kurma dan vitamin madu, HB saya naik mendekati normal. Ini salah satu bukti nyata manfaat dari sari kurma. Bagi ibu hamil yang mau nyoba juga, saya sarankan untuk memilih sari kurma asli dengan kualitas terbaik.

6. Air Kelapa Muda

Dari usia kandungan 4 bulan hingga 9 bulan, air kelapa muda adalah salah satu minuman favorit saya. Lagi-lagi katanya nih, air kelapa muda bisa bikin bayi putih dan bersih. Sebenarnya, bukan karena ngebet punya anak yang kulitnya putih, makanya saya rajin minum air kelapa, tapi karna memang aslinya suka. Rasa air kelapa yang segar serta kandungan ionnya bisa menggantikan ion dalam tubuh ibu hamil, apalagi setelah beraktifitas dan tubuh jadi lelah. Pastinya nikmat sekali bisa minum es kelapa muda.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap