Yuk, Bikin Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 5 Bulan Yang Praktis Dan Mudah!

Memasuki usia kehamilan 5 bulan, perut mulai membesar, sebagian kegiatan akan sulit dilakukan terutama bagi ibu hamil yang masih merasakan mual atau mudah lelah. Nah, untuk ibu hamil yang terbiasa melakukan berbagai kegiatan rumah tangga sendiri, sebaiknya jaga kesehatan dengan baik dengan tetap menjaga asupan makanan. Ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil 5 bulan yang mudah dan praktis, jika tidak ingin ribet. Berikut ini ada beberapa resep masakan yang bisa dicoba di rumah. Tidak hanya sehat, resep ini sengaja dipilih untuk ibu hamil karena cara penyajiannya yang praktis, dengan begitu, semoga memudahkan para ibu hamil yang ingin makan dengan mudah namun tetap sehat bagi tubuh.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 5 Bulan

1. Osengan Tahu Tempe

Makanan khas asal Indonesia ini memang bisa diolah menjadi beragam menu, salah satunya yaitu osengan. Cara membuat osengan tahu tempe memang terbilang praktis dan cepat, hanya perlu memotong kecil tempe dan tahu, tambahkan bumbu saat menumis, lalu sajikan. Bahan dasar tahu tempe yang berasal dari kacang kedelai ini, tidak hanya baik bagi ibu hamil tetapi juga mengenyangkan perut.

2. Sayur Bening

Jika di rumah terdapat sayuran seperti bayam, kacang panjang, labu dan jagung manis, maka bisa mengolahnya menjadi makanan sehat ibu hamil 5 bulan lainnya berupa sayur bening. Tidak sulit menyajikan sayur bening, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membesihkan sayuran dan memotongnya, lalu rebus bersama air, tambahkan bumbu seperti irisan bawang merah, bawang putih, gula dan garam secukupnya. Tunggu hingga mendidih, setelah itu sayur bening siap dihidangkan. Menu sayur bening cocok disajikan untuk makan pagi atau siang.

3. Perkedel Kentang

Ingin sajian yang mengenyangkan tapi cara membuatnya praktis? Coba deh buat perkedel kentang! Kukus terlebih dahulu kentang yang sudah dikupas dan dibersihkan, setelah empuk, hancurkan kentang dan tambahkan dengan irisan daun bawang, garam dan lada secukupnya. Lalu bentuk kentang, celupkan ke dalam kocokan telur lalu goreng hingga matang. Ibu hamil bisa menjadikan perkedel kentang ini sebagai cemilan sekaligus makanan sehat ibu hamil 5 bulan yang mudah dan nikmat.

4. Sayur Pecel

Menu sehat untuk ibu hamil yang patut dicoba dan sayang dilewatkan adalah sayur pecel. Untuk membuat sayur pecel ini dibutuhkan sayur-sayuran seperti timun, kacang panjang, toge, pucuk daun singkong atau pucuk ketela. Untuk saus pecelnya, siapkan kacang tanah yang sudah digoreng, bawang putih, gula dan garam, haluskan semua bahan dengan cara diulek. Jika suka pedas, bisa menambahkan sedikit cabe. Sayuran yang direbus dengan siraman saus kacang gurih nan pedas, benar-benar menjadi sajian nikmat bagi ibu hamil, terutama bagi mereka yang memang suka dengan menu pecel. Hanya dengan sedikit keahlian dan tenaga, ibu hamil sudah bisa menyajikannya sendiri di rumah, asalkan semua bahan tersedia. Sayur-sayuran dalam menu pecel, pastinya dapat menambah kebutuan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu dan juga janin selama masa kehamilan.

5. Sup

Satu lagi jenis menu masakan nikmat namun praktis, yaitu sup! Banyak penjual sayur yang menyediakan sayur sup dalam satu paket sehingga ibu hamil tidak perlu repot saat hendak mengolah sup. Sayur-sayuran seperti wortel, kentang, kol serta daun bawang sudah tersedia dalam satu kantong. Harganya cukup murah. Saat hendak memasaknya, tinggal membersihkan sayur dan memotongnya kecil, setelah itu masukkan ke dalam air rebusan dalam panci yang sudah mendidih, lalu tambahkan bumbu. Jika ingin lebih nikmat, bisa menambahkan irisan daging pada sup, bisa daging ayam atau irisan daging sapi yang dipotong kecil-kecil berbentuk dadu.

6.       Tumis Buncis

Jenis kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena banyak mengandung asam folat yang bermanfaat bagi pertumbuhan janin dan pencegahan bayi terlahir cacat. Oleh karena itu, memperbanyak asupan makanan dari jenis kacang sangatlah baik. Salah satu jenis makanan sehat ibu hamil 5 bulan yang bisa diolah dari bahan dasar kacang adalah tumis buncis. Cara pembuatan tumis buncis sangatlah mudah, pertama potong kecil buncis, lalu cuci dengan air bersih, panaskan sedikit minyak dalam wajan, lalu masukkan irisan bumbu berupa bawang merah dan putih, masukkan potongan buncis lalu oseng hingga merata dan matang. Agar semakin gurih, tambahkan gula, garam dan penyedap secukupnya. Jika tersedia sayuran lain seperti jagung manis, wortel dan pare, bisa jadi tambahan sayur pada tumis buncis. Pastikan untuk menggunakan minyak goreng yang baru, bukan yang bekas pakai, hal ini untuk menjaga kualitas dan kesehatan sajian makanan untuk ibu hamil.

Nah, itu tadi 6 menu makanan sehat ibu hamil 5 bulan yang bisa dipilih untuk anda coba buat di rumah. Selamat mencoba dan menikmati!

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap