5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 4 Bulan Yang Tidak Biasa Tapi Bagus Dikonsumsi

Waktu pertama kali melihat tanda dua garis pada test pack, rasanya campur aduk, antara tidak percaya sekaligus bahagia. Apakah para pembaca sekalian ada yang merasakan hal yang sama? Ya, bagi bunda yang sudah pernah hamil dan melahirkan, pasti tahu bagaimana rasanya. Masa kehamilan bisa dibilang momen yang tidak terlupakan seumur hidup. Berbagai hal dialami, mulai dari merasakan mual, nyeri pada beberapa anggota tubuh, perasaan lelah akibat harus menahan berat janin dalam perut dan masih banyak lagi pengorbanan seorang ibu ketika tengah mengandung.

makanan sehat ibu hamil 4 bulan

Biasanya, awal-awal kehamilan, banyak yang mengalami rasa mual. Hal ini memang wajar terjadi akibat dari proses pembentukan janin. Seiring waktu, rasa mual ini akan berkurang dan hilang. Saya sendiri, merasakan mual dan muntah hanya sampai usia kehamilan 4 bulan saja, setelah itu nafsu makan kembali normal seperti biasanya. Jika nafsu makan sudah mulai membaik, tidak ada salahnya jika ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil 4 bulan. Dari pengalaman pribadi, saya akan coba membagikan beberapa jenis makanan sehat yang tidak biasa karena jarang yang mengkonsumsinya secara rutin. Padahal, jenis makanan dan minuman berikut ini baik lho untuk ibu hamil.

1. Kurma

Buah yang satu ini biasanya paling sering dijumpai saat bulan Ramadhan. Ya, kurma merupakan jenis buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi rutin oleh ibu hamil. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari memakan kurma, beberapa diantaranya yaitu sebagai sumber energi, mengatasi sembelit, memenuhi kebutuhan asam folat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan tulang janin, mencegah anemia serta memudahkan persalinan. Jika sulit untuk mendapatkan buah kurma, anda bisa menggantinya dengan minum sari kurma asli.

2. Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu makanan sehat untuk ibu hamil 4 bulan yang juga unik dan bagus dimakan. Saya sendiri, sempat beberapa kali makan kacang almond saat tengah hamil. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat saya ketagihan. Harganya yang terbilang mahal dan cukup sulit ditemukan, membuat ibu hamil yang ingin mengkonsumsinya secara rutin cukup kesulitan ketika hendak membelinya. Adapun manfaat yang bisa diperoleh dengan memakan kacang almond ialah menstabilkan tekanan darah, melancarkan pencernaan, mampu menangkal radikal bebas, menambah asupan protein dalam tubuh dan juga menguatkan tulang.

3. Air Zamzam

Bagi umat muslim, pasti sudah tidak asing lagi dengan air zam-zam. Air yang berasal dari Mekkah ini merupakan jenis air terbaik yang ada di muka bumi. Beragam kandungan mineral alami dalam air zam-zam sangat baik diminum oleh ibu hamil ataupun yang sedang menyusui. Saat ibu hamil meminum air zam-zam, maka ia akan mendapatkan manfaat berupa lancarnya peredaran darah, berkurangnya racun dalam tubuh, hilangnya rasa letih, rahim menjadi lebih kuat serta terpenuhinya nutrisi dan mineral dalam tubuh. Selain itu, keistimewaan air zam-zam juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan air zam-zam adalah air yang senantiasa didoakan oleh banyak orang seperti para jamaah yang datang ke Mekkah untuk menunaikan ibadah Umroh dan Haji. Jika tidak memungkinkan minum air zam-zam secara rutin, maka setidaknya minumlah sekali semasa kehamilan sambil berdoa hal-hal yang baik ketika hendak meminumnya.

4. Buah Delima

Pada mulanya, suami yang menyarankan untuk makan buah delima saat saya sedang hamil. Katanya sih buah delima bisa bikin kulit bayi jadi putih. Ah masa iya?! Entah apakah ini benar atau tidak, yang pasti buah delima yang kaya akan antioksidan ini bagus dikonsumsi ibu hamil karena mampu mencegah radikal bebas sehingga ibu hamil tidak gampang sakit. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah delima disinyalir lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain seperti anggur dan blueberry. Hanya dengan mengkonsumsi satu buah delima setiap hari, ini sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

5. Minyak Zaitun

Berbeda jauh dengan minyak goreng yang banyak mengandung lemak, minyak zaitun justru sebaliknya. Minyak ini memang terkenal akan beragam khasiatnya, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Pada ibu hamil, minyak zaitun dapat memberikan manfaat berupa kemudahan persalinan, meningkatkan sistem imun, mengurangi efek buruk dari peregangan di kulit akibat hamil dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Untuk minyak zaitun yang aman diminum, pilih minyak zaitun dengan kualitas terbaik atau grade A, selain itu pilih juga yang berasal dari biji zaitun asli tanpa tambahan bahan lain seperti zat kimia. Jadi, saat ingin membeli minyak zaitun yang aman diminum ibu hamil, pastikan terlebih dahulu kualitas dan keasliannya.

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap