8 Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 2 Bulan Yang Nikmat Dan Lezat

Makanan sehat untuk ibu hamil sangat diperlukan apalagi untuk usia kehamilan 2 bulan adalah masa yang cukup berat karena pada sebagian besar ibu hamil, ada yang mengalami morning sickness atau perasaan mual dan muntah. Efek dari rasa mual ini, sudah pasti membuat ibu hamil tidak nyaman dan juga membuat nafsu makan menurun. Maka, jangan heran jika pada trimester pertama kehamilan, berat badan ibu hamil ada yang turun.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Untuk menjaga kondisi ibu hamil agar tetap sehat dan kuat selama masa kehamilan, perlu dilakukan beberapa cara agar ibu hamil tetap bisa makan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengolah berbagai menu makanan sehat untuk ibu hamil muda terutama usia kandungan 2 bulan yang nikmat dan lezat. Nafsu makan ibu hamil perlu dibangkitkan ketika ia merasa malas makan akibat rasa mual dan ingin muntah. Berikut ini, ada beberapa menu makanan yang bisa dicoba. Tidak hanya sehat, dengan pengolahan dan komposisi bumbu yang tepat, cita rasa makanan ini bisa jadi lezat dan menggugah selera lho! Nah, buat ibu hamil yang lagi malas makan, yuk coba intip beberapa menu di bawah ini.

1. Salad

Makanan yang terdiri dari berbagai macam buah dan sayur ini, bisa jadi pengganti saat sedang malas makan nasi atau makanan berat lainnya. Cara membuat salad juga cukup mudah sehingga bisa dilakukan oleh anda yang sedang hamil. Untuk menambah cita rasa, biasanya potongan buah atau sayur disajikan bersama saus yang creamy. Saus salad bisa terdiri dari campuran susu full cream, yogurt dan mayonaise. Bagi yang suka keju, bisa menambahkan parutan keju pada saat hendak disantap. Salad ini bisa bertahan selama beberapa hari jika disimpan dalam kulkas, jika sewaktu-waktu ibu hamil ingin menikmatinya, tinggal ambil saja. Menu ini bisa jadi cemilan sekaligus makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan yang nikmat dan segar.

2. Sayur Bening

Salah satu menu masakan lainnya yang juga praktis namun nikmat disantap oleh ibu hamil muda adalah sayur bening. Sayur ini biasanya terdiri dari beberapa macam seperti labu, bayam, dau katuk, kacang panjang atau potongan jagung manis. Bumbu yang digunakan hanya berupa irisan bawang merah dan putih, sedikit garam serta gula. Meski terlihat sederhana, sayur ini sangat pas dinikmati bersama nasi hangat dan ikan goreng.

3. Gado-gado

Gado-gado yang merupakan kuliner khas Indonesia ini bisa jadi pilihan makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan lainnya lho! Irisan lontong beserta sayur-sayuran seperti kacang panjang, timun, touge, tempe dan tahu goreng yang diberi saus kacang, sangat menggugah selera. Patut dicoba jika ibu hamil sedang tidak nafsu makan, siapa tahu dengan melihat menu makanan gado-gado, nafsu makan ibu hamil bisa kembali. Menikmati gado-gado bersama kerupuk dan teh hangat, rasanya nikmat sekali!

4. Bubur Kacang Hijau

Saat cuaca dingin adalah waktu yang paling nikmat menyantap bubur kacang hijau hangat. Kacang hijau terbukti bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu manfaatnya adalah menambah trombosit dalam darah. Menu bubur kacang hijau yang manis, juga bisa jadi penambah tenaga ibu hamil yang sering merasa lemas dan kurang darah.

5. Susu+Sereal

Jika enggan makan nasi di pagi hari karena gejala morning sickness, bisa menggantinya dengan menu sarapan berupa sereal yang ditambah dengan susu segar. Sereal yang terbuat dari gandum utuh memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bagus bagi ibu hamil yang memiliki masalah susah BAB.  Penambahan susu pada menu, selain dapat menambah cita rasa, juga untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh selama masa kehamilan.

6. Capcay

Ingin menu masakan tumis-tumisan yang sehat? Coba saja buat menu capcay! Sediakan beberapa jenis sayur seperti wortel, brokoli, daun kol, jagung dan sawi, lalu tambahkan bumbu dan tumis hingga matang. Beragam jenis sayur-mayur dalam menu capcay tentunya sangat bagus untuk menambah vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil. Mau disantap langsung atau bersama nasi, capcay tetap nikmat.

7. Sayur Asam

Ibu hamil biasanya paling suka dengan makanan yang rasanya asam. Nah, ini ada salah satu jenis menu segar dan sehat yang bisa dipilih oleh ibu hamil yang doyan dengan makanan asam yaitu sayur asam. Rasa sayur asam yang gurih dengan campuran beberapa potong sayur seperti kol, wortel, kacang panjang, labu siam, daun melinjo dan jagung manis dijamin lezat disantap bersama nasi dan lauk ikan bakar.

8. Puding Buah

Jika ingin menikmati kue sebagai cemilan sehat, bisa memilih untuk menyantap pudding buah. Puding yang berasal dari bahan dasar rumput laut dan memiliki serat tinggi serta adanya campuran buah dalam pudding, dapat membuat pencernaan ibu hamil jadi lebih lancar. Buah dalam pudding juga pastinya jadi tambahan nutrisi dan vitamin yang baik untuk perkembangan janin.

Semoga informasi tentang menu makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan di atas, bisa jadi sumber inspirasi dalam menyajikan masakan sehat untuk ibu hamil. Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini hingga selesai. Salam!

Baca Tulisan Lainnya



The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2014 Powered by rumahshaleh - sitemap