5 Langkah Mencegah Rambut Beruban

Rambut beruban sebenarnya adalah hal biasa dan memang itu sudah sewajarnya ketika usia semakin berumur namun bagaimana dengan orang-orang muda dengan usia rentang 20 tahun sampai 30 tahun sudah memiliki uban. Ada beberapa faktor kenapa usia muda sudah memiliki rambut yang beruban, salah satunya adalah stres.

Namun jangan terlalu kuatir, berikut 5 langkah mencegah rambut beruban di usia muda.

Tidur yang cukup

Tidur yang nyaman dan berkualitas akan membantu kesehatan, bukan hanya masalah rambut tapi juga badan. Tidur untuk orang dewasa berkisar diantara 6 sampai 8 jam. Kurang tidur bisa menjadi awal permasalahan bagi kesehatan. Selain terasa lemas dan tidak bertenaga, kurang tidur dapat membuat rambut secara perlahan memutih karena stres. Maka, waktu tidur yang cukup di malam hari sangat penting.

Meningkatkan sirkulasi darah

Untuk mencegah rambut beruban sejak dini adalah menjaga sirkulasi darah lancar di tubuh anda termasuk kepala. Salah satu cara untuk menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar adalah olahraga. Berolahragalah minimal 30 menit setiap hari agar tubuh tetap fit, selain itu usahakan selalu memijat kulit kepala selama 5 sampai 10 menit setiap harinya.

Minyak kelapa

Seperti disebutkan diatas, salah satu cara mencegah rambut beruban adalah dengan memijat kepala. Untuk memijat kepala, gunakan minyak kelapa secara teratur. Minyak kelapa terbukti bisa menjaga kelembapan rambut serta memperkaya rambut karena mengandung asam laurat dan antioksidan yang bisa mencegah perubahan warna rambut. Gunakan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hindari stres

Rambut memutih hanyalah salah satu dampak dari stres, ada banyak dampak lain ketika stres antara lain diabetes, stroke, jerawat, dan kerutan di wajah. Beban pikiran yang berat disertai stres dapat mempercepat proses penuaan dini termasuk memutihnya rambut. Cobalah luangkan waktu sejenak baik sendiri atau bersama teman/keluarga untuk melakukan hal-hal menyenangkan seperti nonton, liburan, olahraga, atau apapun yang bisa membuat anda tetap terasa bersemangat denga segar.

Baca:  Berbagai Produk K-Link untuk Detoks Tubuh

Hindari merokok

Salah satu penyebab rambut beruban adalah kebiasaan merokok. Rambut akan mengalami stres ketika terkena asap rokok. Berusahalah untuk mengurangi secara perlahan sehingga nantinya anda bisa benar-benar berhenti

Itulah 5 Langkah Mencegah Rambut Beruban yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.