Komponen Panel Surya sebagai Penghemat Listrik

Untuk menghasilkan energy yang maksimal, tentunya membutuhkan komponen pendukung yang sepadan. Seperti halnya panel surya juga memerlukan komponen bahan baku berkualitas untuk menghasilkan energy yang maksimal. Sehingga ketika energy tersebut digunakan dalam seluruh sektor industry tidak mengalami permasalahan maupun hambatan.

panel surya
Photo taken in Adelaide, Australia

Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi https://sewatama.com/id/begini-solar-panel-menghasilkan-listrik/. Di sana dijelaskan jika terdapat komponen-komponen tertentu yang menjadi indikator keberhasilan sebuah panel surya dihasilkan. Indikator tersebut digunakan terkhusus untuk solar sistem yang menjadi bahan baku utama panel surya.

Photovoltaic Modul

Salah satu komponen pendukung untuk menghasilkan energy listrik berupa panel surya yaitu Photovoltaic Modul. Photovoltaic Modul atau modul surya yaitu perangkat semikonduktor untuk mengubah energy matahari menjadi energy listrik. Karena modul surya merupakan sebuah perangkat semikonduktor, sehingga penggunaannya pun harus tepat dan benar.

Ada dua jenis Photovoltaic Modul yang umum digunakan yakni jenis monokristalin dan pliktristalin. Efisiensi konversi rata-rata sekitar 10 hingga 12. Terdapat pula Hybrid Silicon PV Modul dengan sensitivitas lebih baik. Menurut Sewatama, semakin baik penggunaan modul surya maka dampaknya akan semakin bagus di era sektor industry yang menggunakannya.

Untuk membedakan antara bagus atau tidaknya modul surya yang ada adalah dengan menguji perkembangan dan fungsi utama. Jika fungsi utama pada tes perangkat sudah layak digunakan, maka langkah selanjutnya adalah menjaga dan merawat. Sehingga perangkat tersebut akan tahan lama dan tidak rusak dalam jangka waktu pendek.

Controller

Controller atau Solar Charge Controller yaitu alat control untuk mengatur tegangan dan arus yang berasal dari Photovoltaic Modul. Kedua perangkat ini saling berhubungan satu sama lain, sehingga direkomendasikan untuk melengkapi kegunaan yang ada. Controller juga berguna untuk mencegah penggunaan kerusakan battery melalui proses discharge.

Penggunaan controller membutuhkan teknik yang benar dan tepat. Satuan tegangan (Volt) dan kuat arus (Ampere). Dua hal tersebut merupakan kunci utama dari keberhasilan penggunaan Controller. Diharapkan bagi pengguna Controller untuk memperhatikan saat proses charging dari daya ke battery yang digunakan.

Langkah menghemat energi yang dilaksanakan oleh tiap manusia memang berbeda-beda. Terlebih pada sektor industry yang dilaksanakan oleh banyak manusia pada umumnya, diharapkan dapat menemukan keputusan yang tepat. Sewatama hadir dalam melayani permasalahan konsumennya. Jadi, pilih Sewatama sebagai solusi kelistrikan Anda.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.