5 Kerja Sampingan Online Yang Mudah dan Menghasilkan

Ketika dunia industri memasuki era 4.0 maka ada banyak perubahan dalam pelayanan, pekerjaan hingga pendapatan. Untuk menghadapi hal itu, banyak diantara kita yang menyikapi dengan berbagai pilihan mulai dari membuat perusahaan online, toko online, berbisnis online bahkan melakukan kerja sampingan online. Teknologi bisa dikatakan menjadi salah satu tumpuan dalam kemajuan era industri kini.

kerja sampingan online
Sumber: maxmanroe.com

Perusahan berlomba-lomba meningkatkan hasil industri dengan pembaruan teknologi. Perubahan dalam industri juga berdampak pada banyak hal salah satunya adalah lapangan kerja, ketika robot mulai digunakan dan sistem menjadi otomatis kebutuhan pekerja bisa dikatakan semakin berkurang.

Berkurangan kebutuhan pekerja bisa saja berdampak pada semakin berkurangnya juga pendapatan karena sistem yang otomatis. Salah satu cara menyikapi berkurangnya pendapatan adalah mencoba melakukan pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan memang tidak selalu identik dengan alasan karena penghasilan yang kurang namun bisa juga karena itu bagian dari investasi masa depan ketika pekerjaan utama sudah selesai.

Memulai Pekerjaan Sampingan

Sebelum memutuskan bahwa akan memulai sebuah pekerjaan sampingan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan diantaranya:

1. Waktu

Karena ini adalah pekerjaan sampingan maka pertimbangan waktu menjadi salah satu yang harus dan wajib dipertimbangkan, jangan sampai perkerjaan sampingan membuat anda kehilangan pekerjaan utama.

2. Keluarga

Bagi yang sudah bekeluarga, tentunya perlu dikomunikasikan tentang apa dan kenapa memilih untuk bekerja sampingan. Sebagaimana tentang waktu, memilih pekerjaan sampingan tentunya akan mengurangi waktu kebersamaan dengan keluarga.

3. Penghasilan

Walau penghasilan dari pekerjaan sampingan adalah relatif bagi setiap orang namun paling tidak, hasil yang didapatkan dari kerja keras sepadan dengan apa yang kita lakukan. Namun tentunya dibalik itu, besar kecil penghasilan wajib disyukuri.

5 Pekerjaan Sampingan Online Yang Layak Dicoba

Internet dan kouta bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer layaknya sandang, pangan, dan papan. Sering kali ada saja celotehan, tidak apa-apa belum makan asal internet lancar. Nah, berkat hal semacam itu maka ada banyak hal yang terjadi saat sibuk berselancar. Kata seorang teman buat apa seharian online kalau cuma sekadar update dan mengeluarkan uang, lebih baik online dan menghasilkan, pendapat semacam itu benar juga, kalau bisa menghasilkan dari sekadar online, kenapa tidak dicoba. Nah, berikut beberapa pekerjaan sampingan online yang layak dicoba:

1. Content Writer

Menulis atau sekarang katanya bisa diganti mengetik, tentunya semua bisa namun memang untuk beberapa hal, menulis ini perlu keahlian lain. Kalau kamu merasa punya bakat menulis plus tambahan pengetahuan soal SEO maka menjadi content writer lumayan menghasilkan. Apalagi sekarang banyak sekali blogger yang memerlukan bantuan untuk update blognya atau sekadar membantu mengerjakan job blogpost yang didapatkannya.

2. Ojek Online

Sebenarnya agak bingung juga apa ini termasuk pekerjaan sampingan online atau tidak karena secara fisik ini bekerja seperti biasa namun memanfaatkan aplikasi. Namun, terlepas dari itu, menjadi ojek online bisa menjadi salah satu sampingan yang lumayan menghasilkan, bahkan paman saya juga melakukan hal yang sama.

3. Toko Online

Melakukan bisnis online bisa dimulai dengan membuka toko online. Untuk bisnis ini anda bisa melakukan dalam dua cara, menjadi reseller atau dropship. Kalau menjadi reseller tentunya anda harus punya modal untuk membeli barang dari distributor dan kemudian menjualnya kembali sedangkan dropship, anda cukup menjadi perantara antara distributor dan konsumen, disana anda bisa menaruh harga sesuai keinginan, barang dikirimkan distributor ke konsumen namun menggunakan nama toko anda.

4. Admin Media Sosial

Pesat perkembangan media sosial berdampak pada mudahnya seseorang dalam mencari dan melakukan sesuatu. Dari hal itulah banyak perusahan mulai melakukan ekspansi ke media sosial untuk menawarkan maupun menjual produk mereka. Untuk melakukan hal itu diperlukan admin media sosial untuk mengelola akun-akun yang mereka miliki.

5. Jasa Penerjemah

Bagi teman-teman yang memiliki keahlian ganda dalam berbahasa terutama asing tentunya memberikan jasa penerjemah bisa menjadi solusi untuk pekerjaan sampingannya. Kebutuhan jasa penerjemah lumayan tinggi karena banyak perusahan asing yang melakukan investasi. Selain itu, ada juga beberapa yang memerlukan penerjemahan buku atau dokumen bahasa asing untuk keperluan pendidikan atau penelitian.

Itulah beberapa pekerjaan sampingan online yang bisa anda lakukan namun tetap perhatikan pekerjaan utama anda.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.