Inilah Manfaat Bawang Putih Yang Mempunyai Manfaat Luar Biasa

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang selalu menjadi penyedap dan pelengkap rasa dalam banyak makanan, dan tak hanya sekedar untuk penyedap dengan aroma kuat saja. Ternyata, bawang putih juga dapat memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, bawang putih sebenarnya telah digunakan sejak zama sejarah kuno di Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi dan Cina.

Selain bermanfaat untuk bumbu makanan, bawang putih juga mempunyai kegunaan utama yaitu sebagai obat. Nutrisi pada bawang putih ini, dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan. Untuk itu, berikut ini manfaat bawang putih yang harus kalian ketahui :

1. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Berbagai gangguan yang dapat menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia rupanya bisa dicegah dengan mengkomsumsi bawang putih, penelitian terbaru dalam Journal of Neurochemistry membuktikan bahwa kandungan A-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Selain itu, unsur kimia pada bawang putih tersebut bertugas untuk mencegah penumpukkan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

2. Mengatasi Jerawat

Selain dapat membantu menjaga kesehat otak, bawang putih juga bermanfaat untuk mengatsi jerawat loh. Karena pada bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan mempunyai sifat antiradang, yang dapat mengatasi jerawat. Sehingga, khasiat bawang putih ini dapatb membantu melawan peradangan berkat bahan kimia alaminya yang bernama allicin. Kandungan allicin dalam bawang putih ini, mampu membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh penyebab jerawat.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat mengkomsumsi bawang putih secara mentah badalah kaya akan kandungan senyawa sulfar bioaktif, dan senyaa tersebut bisa mencegah pembentukkan sel kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau dapat membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan dapat menghambat penyebaran sel yang tidak sehat. Berbagai penelitian ilmiah di seluruh dunia juga telah membuktikan bahwa khasiat dari bawang putih mentah, dapat membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker seperti kanker panyudara, kanker pankreas, dan kanker paru-paru.

Baca:  Baby in The Brain

4. Dapat Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat lainnya dari bawang putih adalah dapat mengatasi rambut rontok, untuk cara penggunaannya anda hanya perlu mengkomsumsi bawang putih secara mentah. Alopecia atau kebotakan sendiri disebabkan oleh penyakit autoimun, dan jika mengkomsumsi bawang putih secara mentah bisa membantu anda untuk memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Selai itu juga, beberapa orang bahkan mengoleskan gel bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

5. Meredakan Infeksi, Radang Dan Pilek

Bawang putih mentah myang kaya kana allicin, dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang cukup umum. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih ini memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit. Sebuah studi dalam jurnal Advances in Therapy, telah membuktikan bahwa manfaat dari bawang putih yang dimakan secara mentah di musim flu bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan sekaligus dapat mencegah penyakit tersebut.

Nah, itulah manfaat dari bawang putih yang mempunyai segudang manfaat. Selain tiu, juga, mengkonsumsi bawang putih secara mentah bisa menyebabkan mulut beraroma bawang tak sedap. Meskipun dapat menimbulkan mulut beraroma tak sedap, tentunya manfaat dari bawang putih tersebut sudah tidak diragukan lagi yang mempunyai manfaat yang luar biasa.

The Author

shaleh

Seorang #Father #Teacher #Blogger #ContentWriter | Suka membaca | Bagian Guru Blogger Indonesia | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.