Inilah Cara Merawat Rice Cooker Agar Tahan Lama 2021

https://id.pinterest.com/pin/659495939188153498

Rice cooker adalah perangkat dapur yang umumnya digunakan untuk memasak nasi, walau ada beberapa yang juga bisa untuk memasak bahan makanan lainnya. Perangkat yang termasuk elektronik ini memerlukan cara perawatan seksama agar kualitas nasi yang dihasilkannya bagus dan terjaga. Oleh karena itu, perlu diketahui apa saja yang harus dilakukan untuk membersihkan dan menggunakannya.

Perawatan bukan hanya bisa membedakan cara cuci dan bilas yang benar saja. Tapi juga pemakaian rice cooker agar awet dan tidak mudah rusak. Hal-hal kecil seperti memeriksa wadah atau bagian bawahnya dapat membersihkan sisa-sisa nasi yang jatuh ke dalam wadah. Dengan merawat rice cooker dengan seksama, kamu akan bisa memakainya untuk waktu yang lebih lama. 

Mencuci Beras Tidak di Wadah Teflon

Rice cooker kini hadir dalam beberapa ukuran. Rice cooker besar ataupun kecil perlu dirawat dengan perlakuan yang sama. Salah satunya adalah dengan mencuci beras pada wadah terpisah dan bukan di dalam wadah rice cooker, khususnya yang berbahan teflon. Hal ini dapat membuat wadah tersebut jadi cepat rusak dan tidak awet.

Tuang beras yang sudah dicuci dan isi air sesuai dengan takarannya. Tidak mencuci beras dalam wadah teflon akan menjaga kualitas teflon dan memastikan nasi yang dimasak akan matang dan tahan lama.

Memasak Nasi Sesuai Batas Minimal Takaran

https://id.pinterest.com/pin/228557749829880449/

Kita memasak nasi pada rice cooker besar mempertimbangkan jumlah anggota keluarga atau akan ada tamu yang ikut makan bersama. Selain itu, kita juga bisa melihat takaran pada bagian dalam wadah yang menunjukkan ukuran air dan perbandingan ukuran beras. Lakukan hal ini juga untuk memelihara agar pemasak nasi milik kamu lebih awet.

Adanya batas minimal takaran pada wadah merupakan fitur tambahan yang sangat membantu. Bahkan, bagi kamu yang tidak pintar masak, setidaknya bisa memasak nasi dan tinggal membeli lauknya. Ikuti cara yang sudah tertera karena kebiasaan ini dapat memelihara rice cooker agar masa pakainya jadi jauh lebih lama. 

Jangan Gunakan Sendok Nasi Berbahan Besi

Wadah rice cooker umumnya terbuat dari teflon, nasi jadi cepat masak dan kualitasnya terjaga. Tapi, hal ini juga berarti kamu harus memperhatikan sendok nasi yang dipakai. Biasanya saat beli rice cooker ada tambahan sendok nasi berbahan plastik. Pakai saja sendok yang sudah disediakan yang merupakan paketan dengan rice cooker yang dibeli.

Kalau pun ingin membeli sendok nasi lain atau sendok bawaannya sudah hilang, Hindari pemakaian sendok nasi dari bahan lain seperti besi atau kayu yang bisa menggores wadah dan merusak kualitas hasil nasi yang dimasak di dalamnya. Hal ini sepertinya sangat sepele, namun sebenarnya sangat bermanfaat. 

Pastikan Luar Panci Teflon Kering

Perawatan wadah teflon juga berarti memperhatikan saat mencuci dan mengeringkannya. Ketika selesai mencuci dan membilas, keringkanlah wadah sampai benar-benar tidak ada bekas airnya. Cara ini bisa merawat wadah agar bisa memasak dan memanaskan nasi dengan sempurna.

Kalau akan memasak nasi, hindari memakai wadah teflon yang masih basah karena bisa menyebabkan rice cooker rusak atau bahkan menimbulkan konslet. Seperti yang kita semua ketahui air dan sambungan listrik sangat rentan terjadi arus aliran listrik pendek yang bisa merusak peralatan elektronik, termasuk cooker nasi. 

Cek Penampungan Uap Air Rice Cooker

Setiap proses pemasakan nasi akan meninggalkan uap pada penampungan di bagian belakang tiap rice cooker. Periksalah sesekali untuk memastikan air di dalamnya dibuang secara teratur. Air yang terperangkap di dalam wadah tersebut tidak akan meluap tapi kalau tidak dibuang bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini tentu akan mempengaruhi nasi yang dimasak dalamnya. Bila dibiarkan terus-menerus dan sering lupa. akhirnya bisa merusak rice cooker dan mempengaruhi hasil nasinya.

Cuci Panci Teflon Dengan Busa Halus

Cucilah panci teflon yang dipakai sebagai wadah memasak dengan busa yang halus. Hal ini untuk menjaga kualitas teflon agar tidak ter baret atau tergores. Lapisan teflon yang terkelupas tidak bisa direkatkan kembali. Lama-kelamaan nasi yang dimasak jadi lebih mudah basi dan akhirnya rusak dan tidak bisa dipakai sama sekali.

Jangan lupa untuk mengelap bagian rice cooker lainnya agar terjaga kebersihannya walau hanya mengusapnya saja. Bagian luar akan terlihat cerah dan terawat bila meluangkan waktu untuk membersihkannya dengan teratur.

Cabut Power Listrik Jika Nasi Tinggal Sedikit

Kalau nasi tinggal sedikit dalam rice cooker, sebaiknya cabut power listrik agar nasi tidak lebih cepat mengeras atau menguning. Panas berlebihan sedangkan nasi yang tersisa tinggal sedikit juga bukan hanya akan merusak nasi tapi juga wadahnya. Oleh karena itu, biasakan untuk melihat isi rice cooker dan mencabut power listriknya agar lebih awet.

Itulah beberapa tips merawat rice cooker yang bisa kamu lakukan dirumah. Secara umum elektronika memiliki masa pakai tertentu tergantung merek dan juga perawatan. Kalau kamu memperhatikan hal-hal yang sudah dibahas di atas dengan seksama, tentu rice cooker milikmu akan jadi jauh lebih awet.

Dapatkan rice cooker besar atau kecil hanya di Ladara. Kamu memiliki banyak pilihan dan bisa melihat serta membandingkan spesifikasinya. Pilih sesuai dengan kebutuhanmu, keluarga kecil atau anak kost lebih cocok dengan rice cooker ukuran kecil. Sedangkan keluarga besar akan lebih pas dengan rice cooker besar. Ayo kunjungi Ladara sekarang juga dan temukan rice cooker yang tepat untuk kamu dan keluarga.

Sumber:

rukita.co/stories/tips-merawat-rice-cooker/

selerasa.com/tips-merawat-rice-cooker-agar-awet-tahan-lama-dan-tidak-mudah-rusak

womantalk.com/news-update/articles/6-tips-agar-rice-cooker-anda-awet-dan-tahan-lama-y14r8

Author: shaleh
Seorang #Father #Teacher #Reader #ContentWriter | Bagian Dari Duta Baca Provinsi Kalimantan Selatan | Lulusan Universitas Negeri Lambung Mangkurat'08 & Universitas Negeri Surabaya'16. Lengkapnya hubungi saya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.